Sabtu, 16 November 2019 03:03

Gubenur Tinjau Kebakaran Pasar Ngunut Tulungagung dan Siapkan BK Provinsi

Sabtu, 09 November 2019 18:39 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: .
Gubenur Tinjau Kebakaran Pasar Ngunut Tulungagung dan Siapkan BK Provinsi

TULUNGAGUNG, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa secara cepat melakukan peninjauan langsung kejadian kebakaran yang terjadi di Pasar Ngunut Tulungagung, Sabtu (9/11) dini hari. Langkah cepat ini segera diambilnya usai mendapatkan kabar atas terjadinya kebakaran di pasar Ngunut pada Jumat malam pukul 22.00 WIB, saat ia baru mendarat di bandara Internasional Juanda.

Berdasarkan informasi yang diterima, kebakaran yang dimulai sejak pukul 17.20 WIB saat menjelang magrib pada hari Jumat tersebut telah membakar habis hampir keseluruhan pasar. Terdapat sekitar kurang lebih 500 kios yang berada di pasar tersebut rata dengan tanah. Dan yang tersisa hanya beberapa bangunan yang berada di sisi luar atau di depan pasar.

Didampingi Sekdaprov Heru Tjahjono, Bupati Tulungagung Maryoto Birowo, Kapolres Tulungagung AKBP Eva Guna Pandia, serta Dandim Tulungagung Letkol Inf Wildan Bahtiar, Khofifah yang baru saja tiba dari Jakarta langsung meluncur meninjau langsung kondisi pasar yang mengalami kebakaran.

Khofifah menginstruksikan kepada Pemkab Tulungagung untuk segera mengambil langkah cepat dalam mengatasinya. Utamanya pasar penampungan sementara sambil mendata pedagang yang menjadi korban kebakaran khususnya bagi kios-kios yang habis terbakar.

"Para penjual butuh opsi untuk berjualan kembali. Jangka panjangnya, pasar ini butuh pembangunan kembali, bisa lewat mekanisme sharing anggaran. Jadi APBD Tulungagung disiapkan dan Bantuan Keuangan (BK) juga disiapkan," kata Khofifah di lokasi.

Paginya, usai memberangkatkan Gowes HUT Prov Jawa Timur yang ke-74, Gubernur Khofifah juga melakukan serangkaian bakti sosial. Di antaranya adalah peletakan batu pertama program bedah rumah menjadi rumah tinggal layak huni (rutilahu) di Kelurahan Kutoanyar, Kecamatan Tulungagung, Kabupaten Tulungagung.

Program bedah rumah menjadi rumah tunggal layak huni iini merupakan titik ke 74 di Tulungagung yang adalah program kerja sama dengan Kodam V Brawijaya bersama Pemprov Jawa Timur tahun 2019.

"Membangun sinergi harus terus dilakukan dan dikuatkan. Karena sinergi ini akan menjadikan konsolidasi program yang lebih kuat. Kebersamaan seperti ini sangat efektif dan harus dibangun secara kontinyu," kata Khofifah.

Tidak hanya itu, Khofifah juga memimpin Bhakti Sosial berupa Pengobatan Gratis peneriksaan matayang kemudian dilanjutkan dengan pemberian bantuan sembako kepada 100 orang lansia dhuafa.

Khofifah menegaskan sapaan dengan memberikan perhatian sosial sengaja dilakukan dalam rangka membangun kesalehan sosial bersama. Mulai dengan pembangunan rutilahu, santunan pada anak yatim dan lansia hingga pengobatan gratis pemeriksaan mata.

"Secara khusus untuk pengobatan mata, kita sebenarnya punya target yang lumayan besar.Yaitu di tahun 2023 mendatang Jawa Timur bisa bebas katarak. Karena indeks kebutaan kita jauh di atas rrata-rata nasional, yaitu 4,3 persen. Maka pemprov bersama Komatda kini tengah menyisir supaya target di tahun 2023 bisa tercapai," pungkas Khofifah. (hms/ns)

Badai Kembali Terjang Ngawi, Panggung dan Tenda untuk Lomba Panahan di Alun-alun Porak Poranda
Sabtu, 09 November 2019 00:05 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Hujan disertai angin kencang kembali memporak-porandakan Kabupaten Ngawi, Jumat (8/11) sore. Kali ini badai angin menerjang wilayah alun-alun dan sekitarnya, yang kebetulan sedang digelar lomba panahan....
Jumat, 15 November 2019 23:45 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Wisata Budaya Taneyan Lanjhang yang terletak di Dusun Buddagan I Desa Larangan Luar Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan semakin diminati wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Taneyan Lanjhang merupakan rum...
Rabu, 06 November 2019 12:44 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Para elit NU struktural tak bisa menyembunyikan kekecewaannya ketika Presiden Joko Widodo mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju pada 23 Oktober 2019 lalu. Kekecewaan itu dieskpresikan secara terbuka oleh Wakil Ketua PB...
Kamis, 14 November 2019 13:45 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan anak ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...