Gubenur Tinjau Kebakaran Pasar Ngunut Tulungagung dan Siapkan BK Provinsi

Gubenur Tinjau Kebakaran Pasar Ngunut Tulungagung dan Siapkan BK Provinsi

TULUNGAGUNG, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa secara cepat melakukan peninjauan langsung kejadian kebakaran yang terjadi di Pasar Ngunut Tulungagung, Sabtu (9/11) dini hari. Langkah cepat ini segera diambilnya usai mendapatkan kabar atas terjadinya kebakaran di pasar Ngunut pada Jumat malam pukul 22.00 WIB, saat ia baru mendarat di bandara Internasional Juanda.

Berdasarkan informasi yang diterima, kebakaran yang dimulai sejak pukul 17.20 WIB saat menjelang magrib pada hari Jumat tersebut telah membakar habis hampir keseluruhan pasar. Terdapat sekitar kurang lebih 500 kios yang berada di pasar tersebut rata dengan tanah. Dan yang tersisa hanya beberapa bangunan yang berada di sisi luar atau di depan pasar.

Didampingi Sekdaprov Heru Tjahjono, Bupati Tulungagung Maryoto Birowo, Kapolres Tulungagung AKBP Eva Guna Pandia, serta Dandim Tulungagung Letkol Inf Wildan Bahtiar, Khofifah yang baru saja tiba dari Jakarta langsung meluncur meninjau langsung kondisi pasar yang mengalami kebakaran.

Khofifah menginstruksikan kepada Pemkab Tulungagung untuk segera mengambil langkah cepat dalam mengatasinya. Utamanya pasar penampungan sementara sambil mendata pedagang yang menjadi korban kebakaran khususnya bagi kios-kios yang habis terbakar.

"Para penjual butuh opsi untuk berjualan kembali. Jangka panjangnya, pasar ini butuh pembangunan kembali, bisa lewat mekanisme sharing anggaran. Jadi APBD Tulungagung disiapkan dan Bantuan Keuangan (BK) juga disiapkan," kata Khofifah di lokasi.

Paginya, usai memberangkatkan Gowes HUT Prov Jawa Timur yang ke-74, Gubernur Khofifah juga melakukan serangkaian bakti sosial. Di antaranya adalah peletakan batu pertama program bedah rumah menjadi rumah tinggal layak huni (rutilahu) di Kelurahan Kutoanyar, Kecamatan Tulungagung, Kabupaten Tulungagung.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO