Ketua Gerindra Ambil Formulir Pendaftaran Bacabup Gresik Lewat DPD Golkar

Ketua Gerindra Ambil Formulir Pendaftaran Bacabup Gresik Lewat DPD Golkar Asluchul Alif diterima Ahmad Nurhamim saat ambil formulir pendaftaran cabup di DPD Golkar. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Ketua DPC , Asluchul Alif mengambil formulir pendaftaran bakal calon bupati (bacabup) di DPD , Jalan Panglima Sudirman, Gresik, Sabtu (9/11).

Alif didampingi Sekretaris DPC Gerindra Asikin Harianto, Anggota Fraksi Gerindra Markasim Halim Widianto, Kamjawiyono, bersama sejumlah pengurus Golkar. Alif diterima langsung oleh Ketua DPD Golkar Gresik Ahmad Nurhamim, didampingi Sekretaris Atek Riduan, Bendahara Erry Sucahyo bersama sejumlah pengurus lain. Sebelumnya, Alif juga telah mendaftar bacabup lewat DPD PDIP Jawa Timur.

Nurhamim menyatakan, Alif merupakan orang ketiga yang mengambil formulir dari pihak eksternal (non kader). Sebelumnya, pengusaha Tri Putro Utomo yang juga bendahara DPD Nasdem dan Kepala Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Agus Mualif, juga mendaftar bacabup.

"Sejak dibuka tanggal 3 November sudah ada empat orang yang mendaftar penjaringan bacabup dan bacawabup yang dibuka DPD . Satu orang dari internal, yakni pengurus MKGR Suprihasto, dan tiga dari non kader," ujar Nurhamim kepada BANGSAONLINE.com, Sabtu (9/11).

Menurut Nurhamim, para bacalon bupati maupun wakil bupati yang mendaftar ke Golkar akan menjalani sejumlah tahapan setelah menyerahkan berkas pendaftaran. Di antaranya, mereka akan memaparkan visi misinya di hadapan ratusan pengurus dan kader Golkar, uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test), dan tahapan lain sebelum nama-nama dikirim ke DPP melalui DPD.

"Pendaftaran baru akan ditutup 15 November. Kami memberikan peluang sama bagi kader maupun masyarakat umum (non kader) untuk mendaftar," pungkasnya.

Sementara Asluchul Alif mengaku serius mendaftar calon bupati lewat DPD . Langkah ini dilakukan karena kursi Gerindra tak cukup untuk mengusung calon sendiri. Gerindra hanya memiliki 8 kursi di parlemen, dari 10 kursi yang dipersyaratkan.

"Untuk itu, saya berharap mendapatkan rekom dari Partai Golkar," harap dia.

Alif mengaku siap mengikuti aturan yang telah digariskan Partai Golkar dalam penjaringan bacabup dan bacawabup. (hud/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO