Minggu, 17 November 2019 04:00

Duduki Peringkat ke-13, Ngawi Jadi Pusat Peringatan Hari Aksara Internasional

Kamis, 07 November 2019 20:30 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Zainal Abidin
Duduki Peringkat ke-13, Ngawi Jadi Pusat Peringatan Hari Aksara Internasional
Asisten I Pemprov Jatim Himawan Estu Bagio yang mewakili Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat membuka acara Peringatan Hari Aksara Internasional 2019 dengan menggunting pita.

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Peringatan Hari Aksara Internasional 2019 di wilayah Jawa Timur dipusatkan di Kabupaten Ngawi, tepatnya di Alun-alun Merdeka.

Acara yang digelar selama dua hari mulai hari Rabu (6/11) hingga Kamis (7/11) digelar secara meriah dan dibuka secara resmi oleh Asisten I Pemprov Jatim Himawan Estu Bagio yang mewakili Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Dalam sambutannya, Himawan Estu Bagio menjelaskan bahwa pengentasan buta aksara harus dilakukan secara terpadu oleh berbagai stakeholder, karena bukan hanya menjadi beban Dinas Pendidikan. 

Kenyataannya, Kabupaten Ngawi yang menduduki peringkat ke-13 di Jatim ini berbanding terbalik dengan kabupaten tetangga (Madiun) yang merupakan peringkat terkecil dalam pemberantasan buta aksara.

"Kabupaten Madiun berhasil mencatatkan diri sebagai daerah dengan angka buta aksara terkecil se-Jatim," jelas Himawan.

Sedangkan angka buta huruf untuk wilayah Kabupaten Ngawi didominasi bukan usia pelajar, melainkan usia dewasa dan lanjut.

Kendati menduduki peringkat ke-13, Bupati Ngawi Budi Sulistyono mengatakan bahwa Ngawi masih dalam tingkat yang aman dalam buta huruf.

"Ngawi masih dalam zona hijau buta aksara. Dalam waktu dekat relawan akan diterjunkan untuk pengentasan buta aksara dengan tehnik pembelajaran berjenjang," terang Bupati Ngawi Budi Sulistyono.

Dengan digelarnya agenda peringatan hari aksara internasional di Kabupaten Ngawi dapat menjadi motivasi dalam meningkatkan pemberantasan buta huruf. Hal tersebut dengan akan dilibatkannya para relawan untuk terjun dalam pemberantasan buta huruf. (nal/ian)

Badai Kembali Terjang Ngawi, Panggung dan Tenda untuk Lomba Panahan di Alun-alun Porak Poranda
Sabtu, 09 November 2019 00:05 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Hujan disertai angin kencang kembali memporak-porandakan Kabupaten Ngawi, Jumat (8/11) sore. Kali ini badai angin menerjang wilayah alun-alun dan sekitarnya, yang kebetulan sedang digelar lomba panahan....
Jumat, 15 November 2019 23:45 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Wisata Budaya Taneyan Lanjhang yang terletak di Dusun Buddagan I Desa Larangan Luar Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan semakin diminati wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Taneyan Lanjhang merupakan rum...
Rabu, 06 November 2019 12:44 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Para elit NU struktural tak bisa menyembunyikan kekecewaannya ketika Presiden Joko Widodo mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju pada 23 Oktober 2019 lalu. Kekecewaan itu dieskpresikan secara terbuka oleh Wakil Ketua PB...
Minggu, 17 November 2019 01:29 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*71. Yawma nad’uu kulla unaasin bi-imaamihim faman uutiya kitaabahu biyamiinihi faulaa-ika yaqrauuna kitaabahum walaa yuzhlamuuna fatiilaan.(Ingatlah), pada hari (ketika) Kami panggil setiap umat dengan pemimpi...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...