Kamis, 20 Februari 2020 20:20

Duduki Peringkat ke-13, Ngawi Jadi Pusat Peringatan Hari Aksara Internasional

Kamis, 07 November 2019 20:30 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Zainal Abidin
Duduki Peringkat ke-13, Ngawi Jadi Pusat Peringatan Hari Aksara Internasional
Asisten I Pemprov Jatim Himawan Estu Bagio yang mewakili Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat membuka acara Peringatan Hari Aksara Internasional 2019 dengan menggunting pita.

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Peringatan Hari Aksara Internasional 2019 di wilayah Jawa Timur dipusatkan di Kabupaten Ngawi, tepatnya di Alun-alun Merdeka.

Acara yang digelar selama dua hari mulai hari Rabu (6/11) hingga Kamis (7/11) digelar secara meriah dan dibuka secara resmi oleh Asisten I Pemprov Jatim Himawan Estu Bagio yang mewakili Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Dalam sambutannya, Himawan Estu Bagio menjelaskan bahwa pengentasan buta aksara harus dilakukan secara terpadu oleh berbagai stakeholder, karena bukan hanya menjadi beban Dinas Pendidikan. 

Kenyataannya, Kabupaten Ngawi yang menduduki peringkat ke-13 di Jatim ini berbanding terbalik dengan kabupaten tetangga (Madiun) yang merupakan peringkat terkecil dalam pemberantasan buta aksara.

"Kabupaten Madiun berhasil mencatatkan diri sebagai daerah dengan angka buta aksara terkecil se-Jatim," jelas Himawan.

Sedangkan angka buta huruf untuk wilayah Kabupaten Ngawi didominasi bukan usia pelajar, melainkan usia dewasa dan lanjut.

Kendati menduduki peringkat ke-13, Bupati Ngawi Budi Sulistyono mengatakan bahwa Ngawi masih dalam tingkat yang aman dalam buta huruf.

"Ngawi masih dalam zona hijau buta aksara. Dalam waktu dekat relawan akan diterjunkan untuk pengentasan buta aksara dengan tehnik pembelajaran berjenjang," terang Bupati Ngawi Budi Sulistyono.

Dengan digelarnya agenda peringatan hari aksara internasional di Kabupaten Ngawi dapat menjadi motivasi dalam meningkatkan pemberantasan buta huruf. Hal tersebut dengan akan dilibatkannya para relawan untuk terjun dalam pemberantasan buta huruf. (nal/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 29 Januari 2020 22:31 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Mendengar kata Gunung Kelud, orang pasti membayangkan kedahsyatan letusannya. Sekali meletus, abu Gunung Kelud bisa menghentikan operasional beberapa bandara. Bahkan, bandara di Yogya pun harus berhenti beroperasi ketika Gu...
Senin, 17 Februari 2020 20:01 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanGus Sholah. Panggilan yang enak didengar. Sekaligus menyejukkan. Siapa pun yang pernah bertemu, berbincang – apalagi akrab. Pasti terkesan: santun, tawaddlu’, sederhana, egaliter dan moderat. Moderat sesungguhnya. Bukan ...
Kamis, 20 Februari 2020 11:01 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALAyat kaji 80 ...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...