Minggu, 17 November 2019 12:50

Mahasiswa S2 Unesa Gelar Festival PAUD di Pamekasan, Anak-anak Dapat Sosialisasi Mitigasi Bencana

Kamis, 07 November 2019 04:23 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yeyen
Mahasiswa S2 Unesa Gelar Festival PAUD di Pamekasan, Anak-anak Dapat Sosialisasi Mitigasi Bencana
Yuni Lailatul Fitriyah Raja'e saat bertukar cinderamata dengan Universitas Unesa Surabaya.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, mahasiswi S2 Pendidikan Dasar Konsentrasi PAUD Unesa Surabaya menggelar Festival PAUD 2019 di Mandhapa Agung Ronggosukowati, Pamekasan, Rabu (06/11/19).

Acara yang dibuka secara langsung oleh Bunda PAUD Kabupaten Pamekasan, Naila Baddrut Tamam tersebut dihadiri kepala OPD terkait. Acara yang bekerja sama dengan Forum Relawan Penanggulangan Bencana (FRPB) Kabupaten Pamekasan ini menghadirkan narasumber Dr. Hendratno, M.Hum. dan Dr. Yoyok Yermiandhoko, M.Pd.

"Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian kami kepada masyarakat dalam bentuk seminar workshop dan lomba-lomba dengan tema 'Menyiapkan Guru Hebat untuk Generasi Berbakat'," ujar Nur Rahma sebagai ketua pelaksana kegiatan.

Nur Rahma mengaku sengaja memilih Kabupaten Pamekasan sebagai lokasi acara, karena iklim literasinya masih rendah. "Kemudian juga yang menjadi latar belakang kami di sini bahwa ada enam ton sampah di pesisir pantai Tlanakan. Jadi kami dengan seminar ini ingin masyarakat mencintai bumi, dengan cara berbijak berplastik. Jadi nanti kita juga akan mensosialisasikan penggunan minim plastik. Minum botol minum yang sekali pakai, jadi para peserta membawa tumbler masing masing," ajaknya.

Menurut Rahma, dalam acara itu nantinya juga akan ada sosialisasi mitigasi bencana kepada anak-anak usia dini. "Kami melihat anak usia dini rawan trauma ketika ada bencana, seperti melihat tingginya angka kebakaran di kabupaten Pamekasan. Jadi kami ingin anak-anak itu tanggap bencana dan siaga ketika ada bencana kebakaran, sehingga mereka juga tidak trauma," ungkap Rahma.

Turut hadir dalam acara itu Ibu Wakil Bupati Pamekasan Yuni Lailatul Fitriyah Raja'e. Ia sangat mengapresiasi kegiatan ini untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan usia dini. Apalagi, menjadi guru PAUD harus ekstra sabar dalam mengajar para anak usia dini.

"Para guru harus trampil, cerdas dan kreatif secara emosional dan cerdas secara spritual. Hal ini memang membutuhkan guru yang kreatif, terampil, dan cerdas untuk mendidik generasi yang hebat," tuturnya.

Seminar dan workshop ini dilaksanakan selama dua hari, hingga Kamis (7/11). Para anak-anak usia dini juga akan diajak melihat simulasi penanggulangan kebakaran. (yen/rev)

Badai Kembali Terjang Ngawi, Panggung dan Tenda untuk Lomba Panahan di Alun-alun Porak Poranda
Sabtu, 09 November 2019 00:05 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Hujan disertai angin kencang kembali memporak-porandakan Kabupaten Ngawi, Jumat (8/11) sore. Kali ini badai angin menerjang wilayah alun-alun dan sekitarnya, yang kebetulan sedang digelar lomba panahan....
Jumat, 15 November 2019 23:45 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Wisata Budaya Taneyan Lanjhang yang terletak di Dusun Buddagan I Desa Larangan Luar Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan semakin diminati wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Taneyan Lanjhang merupakan rum...
Rabu, 06 November 2019 12:44 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Para elit NU struktural tak bisa menyembunyikan kekecewaannya ketika Presiden Joko Widodo mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju pada 23 Oktober 2019 lalu. Kekecewaan itu dieskpresikan secara terbuka oleh Wakil Ketua PB...
Minggu, 17 November 2019 01:29 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*71. Yawma nad’uu kulla unaasin bi-imaamihim faman uutiya kitaabahu biyamiinihi faulaa-ika yaqrauuna kitaabahum walaa yuzhlamuuna fatiilaan.(Ingatlah), pada hari (ketika) Kami panggil setiap umat dengan pemimpi...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...