Pangkoarmada II Bersama Gubernur Jatim Bagikan Air Bersih di Pulau Sapudi

Pangkoarmada II Bersama Gubernur Jatim Bagikan Air Bersih di Pulau Sapudi Panglima Koarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa membagikan secara simbolis bantuan air bersih kepada masyarakat Pulau Sapudi.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Panglima Koarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa membagikan secara simbolis bantuan air bersih kepada masyarakat Pulau Sapudi dan sekitarnya, di Kecamatan Gayam, Kabupaten , Madura, Selasa (5/11).

Dalam kunjungan kerja tersebut terlihat hadir mendampingi antara lain Komandan Lantamal V Laksma TNI Tedjo Sukmono, Ketua DPRD Jatim, sekda Prov Jatim, dan kepala BPBD Jatim.

bersama gubernur Jatim membagikan air melalui selang yang dialirkan kedalam kolam buatan, yang selanjutnya diberikan kepada perwakilan warga dalam bentuk kemasan jerigen berisi 25 liter air bersih.

Tercatat sekitar 3.000 hingga 5.000 jerigen air telah disiapkan untuk membantu masyarakat di Pulau Sapudi, Pulau Giligenting, dan Pulau Kangean yang mengalami krisis air bersih, karena keringnya sumber mata air akibat kemarau panjang.

Bantuan tersebut dibawa dan disalurkan oleh kapal perang TNI AL KRI Teluk Ende-517 dari jajaran Satuan Amfibi Koarmada II bersama dengan Satgas Penanggulangan Bencana Kekeringan di yang terdiri dari gabungan prajurit Koarmada II, Lantamal V dan Lanal Batuporon, 1 SST Yonmarhanlan, BPBD Jatim, Tagana, dan Satpol PP.

"Melihat kondisi masyarakat Pulau Sapudi dan sekitarnya kesulitan air bersih akibat kemarau panjang, maka Bapak Kasal memerintahkan saya selaku Panglima Koarmada II untuk mendukung Pemprov Jatim dengan menggerakkan kapal perang TNI AL, KRI Teluk Ende-517 yang memuat 530 ton air bersih, 2 tug boat dan 1 tongkang dengan 250 ton air tawar," jelas Heru.

Sementara pada bagian lain Gubernur Jatim mengatakan jika kebutuhan air bersih saat bencana kekeringan sering kali terjadi. "Artinya ini adalah PR kita, oleh karena itu kita membutuhkan strong partnership. Untuk bisa menjangkau kepulauan ini Pemprov Jatim mendapatkan support yang luar biasa dari , Laksda TNI Heru Kusmanto dan Danlantamal V Laksma TNI Tedjo Sukmono," kata Khofifah di depan tokoh masyarakat dan warga Kecamatan Gayam.

Khofifah melanjutkan bahwa hal tersebut mengandung jika kebersamaan ini menjadi sesuatu yang sangat penting. "Jadi sinergitas antara seluruh elemen di Jatim menjadi hal yang sangat penting," jelas gubernur perempuan pertama di Jatim tersebut. (dev/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '​Koarmada II Gelar Vaksinasi Massal 20 ribu Dosis di Nganjuk':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO