Rabu, 11 Desember 2019 15:13

Pangkoarmada II Bersama Gubernur Jatim Bagikan Air Bersih di Pulau Sapudi

Selasa, 05 November 2019 19:14 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Devi Fitri
Pangkoarmada II Bersama Gubernur Jatim Bagikan Air Bersih di Pulau Sapudi
Panglima Koarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa membagikan secara simbolis bantuan air bersih kepada masyarakat Pulau Sapudi.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Panglima Koarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa membagikan secara simbolis bantuan air bersih kepada masyarakat Pulau Sapudi dan sekitarnya, di Kecamatan Gayam, Kabupaten Sumenep, Madura, Selasa (5/11).

Dalam kunjungan kerja tersebut terlihat hadir mendampingi antara lain Komandan Lantamal V Laksma TNI Tedjo Sukmono, Ketua DPRD Jatim, sekda Prov Jatim, dan kepala BPBD Jatim.

Pangkoarmada II bersama gubernur Jatim membagikan air melalui selang yang dialirkan kedalam kolam buatan, yang selanjutnya diberikan kepada perwakilan warga dalam bentuk kemasan jerigen berisi 25 liter air bersih.

Tercatat sekitar 3.000 hingga 5.000 jerigen air telah disiapkan untuk membantu masyarakat di Pulau Sapudi, Pulau Giligenting, dan Pulau Kangean yang mengalami krisis air bersih, karena keringnya sumber mata air akibat kemarau panjang.

Bantuan tersebut dibawa dan disalurkan oleh kapal perang TNI AL KRI Teluk Ende-517 dari jajaran Satuan Amfibi Koarmada II bersama dengan Satgas Penanggulangan Bencana Kekeringan di Sumenep yang terdiri dari gabungan prajurit Koarmada II, Lantamal V dan Lanal Batuporon, 1 SST Yonmarhanlan, BPBD Jatim, Tagana, dan Satpol PP.

"Melihat kondisi masyarakat Pulau Sapudi dan sekitarnya kesulitan air bersih akibat kemarau panjang, maka Bapak Kasal memerintahkan saya selaku Panglima Koarmada II untuk mendukung Pemprov Jatim dengan menggerakkan kapal perang TNI AL, KRI Teluk Ende-517 yang memuat 530 ton air bersih, 2 tug boat dan 1 tongkang dengan 250 ton air tawar," jelas Heru.

Sementara pada bagian lain Gubernur Jatim mengatakan jika kebutuhan air bersih saat bencana kekeringan sering kali terjadi. "Artinya ini adalah PR kita, oleh karena itu kita membutuhkan strong partnership. Untuk bisa menjangkau kepulauan ini Pemprov Jatim mendapatkan support yang luar biasa dari Pangkoarmada II, Laksda TNI Heru Kusmanto dan Danlantamal V Laksma TNI Tedjo Sukmono," kata Khofifah di depan tokoh masyarakat dan warga Kecamatan Gayam.

Khofifah melanjutkan bahwa hal tersebut mengandung jika kebersamaan ini menjadi sesuatu yang sangat penting. "Jadi sinergitas antara seluruh elemen di Jatim menjadi hal yang sangat penting," jelas gubernur perempuan pertama di Jatim tersebut. (dev/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 09 Desember 2019 06:11 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Untuk menyambut peringatan hari jadi Banyuwangi (Harjaba) ke-248 pada 18 Desember 2019, Kabupaten yang berjuluk The Sunrise of Java ini menggelar parade seni budaya Kuwung dengan tema "Gumelare Bumi Blambangan" Sab...
Senin, 09 Desember 2019 23:53 WIB
Oleh: Sila Basuki, S.H., M.B.A. Tren kemenangan seorang calon independen dalam pilkada Kota Surabaya akan sangat mungkin terjadi, mengingat di beberapa kota lain juga bisa terjadi. Berkat Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008, tentang p...
Sabtu, 30 November 2019 20:10 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*76. Wa-in kaaduu layastafizzuunaka mina al-ardhi liyukhrijuuka minhaa wa-idzan laa yalbatsuuna khilaafaka illaa qaliilaan.Dan sungguh, mereka hampir membuatmu (Muhammad) gelisah di negeri (Mekah) karena engkau h...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...