Senin, 01 Juni 2020 08:25

​Seru, Hanif Dhakiri-Ahmad Dhani Calon Wali Kota Surabaya, Cak Firman Sindir Politikus PKB

Senin, 04 November 2019 20:53 WIB
Editor: MMA
​Seru, Hanif Dhakiri-Ahmad Dhani Calon Wali Kota Surabaya, Cak Firman Sindir Politikus PKB
Hanif Dhakiri (kanan) bersama Firman Syah Ali (kiri). foto: Istimewa/ BANGSAONLINE.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dua nama populer disebut-sebut sebagai calon wali kota Surabaya. Mereka adalah Hanif Dhakiri, mantan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) RI dan Ahmad Dhani, musisi kondang asal Surabaya. Munculnya dua figur itu telah membuat belantika politik Surabaya semarak.

Mencuatnya nama Hanif Dhakiri sebagai bakal calon wali kota Surabaya disuarakan Mahfudz, ketua Garda Bangsa Kota Surabaya. “Hanif Dhakiri adalah salah satu kader muda PKB yang pantas mimpin kota Surabaya mendatang,” kata Mahfud, politikus PKB Surabaya, Senin (4/11/2019).

Hanif Dhakiri kini memang pengurus DPP PKB. Aktivis PMII kelahiran Semarang Jawa Tengah 47 tahun itu juga pernah jadi anggota DPR RI dari Dapil Jawa Tengah. Ia memang asli Semarang.

Mahfudz yang anggota DPRD Kota Surabaya itu mengatakan, pengalaman Hanif Dhakiri sebagai Menaker menjadi nilai plus bagi kemajuan kota Surabaya. “Saya yakin dukungan milenial kepada Hanif Dhakiri akan massif,” klaim Mahfud dikutip Antara.

Namun Firman Syah Ali, yang juga bakal calon wali kota Surabaya, justeru menyindir secara halus manuver Mahfudz. Cak Firman, panggilan Firman Syah Ali, menjuluki Mahfudz sebagai politikus PKB “kreatif” karena Sekretaris Komisi B DPRD Surabaya itu tak bisa dipegang alias gampang berubah dalam mencalonkan seseorang sebagai wali kota Surabaya.

"Mahfudz itu politisi kreatif. Pada 31 Agustus lalu press realease dukung Cak Musyafak Rouf jadi Wali Kota Surabaya, hari ini press realease dukung Mas Hanif Dhakiri jadi Wali Kota Surabaya, bisa jadi besok lusa press realease dukung Moch Isa Anshori jadi Wali Kota Surabaya," kata Cak Firman kepada BANGSAONLINE.com, Senin (4/11/2019).

Ketika ditanya siapa itu Moch Isa Anshori? "Wakil Sekretaris PKB Surabaya, teman akrab saya ha..ha...ha....," jawab Cak Firman.

Cak Firman yang bendahara umum IKA PMII Jatim itu mengaku pernah berkomunikasi dengan Ketua DPC PKB Surabaya, Musyafak Rouf soal pencalonan dirinya sebagai Wali Kota Surabaya.

Selain Hanif Dhakiri, Ahmad Dhani juga santer disebut sebagai calon walikota Surabaya. Ahmad Dhani yang kini dipenjara bahkan dikabarkan sudah mengirim utusan untuk mengambil formulir calon wali kota Surabaya.

Ketua DPC Gerindra Surabaya BF Sutadi membenarkan utusan Ahmad Dhani mengambil formulir. Tapi hingga kini belum dikembalikan. “Formulir belum dikembalikan. Jadi belum tahu yang bersangkutan mau wali kota atau wakil wali kota," kata Sutadi.

Menurut dia, batas pengembalian formulir itu adalah 15 November 2019. "Kami tunggu sampai tanggal 15 November, batas pengembalian formulir, bakal calon juga harus mengumpulkan syarat-syarat, dan esai tentang programnya," kata Sutadi dikutip CNN.

Namun Lieus Sungkharisma yang mengaku sebagai juru bicara Ahmad Dhani membantah. “Beredar seolah-olah Ahmad Dhani mau jadi calon Wali Kota Surabaya. Tadi, dia katakan tidak pernah ada niatan dan tidak pernah menyuruh siapa pun untuk menjadi calon wali kota Surabaya. Beliau sedang fokus menjalani hukuman,” kata Lieus di Rutan Cipinang Jakarta Timur, Senin (4/11/2019).

Menurut Lieus, Ahmad Dhani tak pernah menyuruh orang untuk mengambil formulir calon wali kota Surabaya. “Dia langsung minta saya untuk menjelaskan kepada wartawan bahwa itu tidak benar. Tapi bukannya takut atau tidak dapat dukungan. Cuman kan nggak sehat juga kalau beredar di luar sepertinya dia punya ambisi seperti itu,” katanya.

Ahmad Dhani sekarang sedang menjalani hukuman penjara. Ia divonis 18 bulan akibat ujaran kebencian saat pilpres lalu. Namun setelah melalui proses persidangan ia harus menjalani hukuman selama satu tahun. Ia diperkirakan bebas pada Desember 2019.

Ahmad Dhani pernah menjadi calon wakil bupati Bekasi Jawa Barat mendampingi Sa’duddin sebagai calon bupati. Ia saat itu diusung PKS, Gerindra dan Demokrat. Namun kalah. Ia dapat 309.410 suara atau 26,13 persen.

Pada pileg 2019 lalu Ahmad Dhani juga menjadi caleg DPR RI dari Gerindra dapil Surabaya Sidoarjo. Meski ia tak kampanye, karena sedang dipenjara, tapi ia dapat suara lumayan: 40.148 suara. Tampaknya selain karena ia public figure, juga karena ia asli Surabaya. (tim)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Minggu, 31 Mei 2020 18:02 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 13 Mei 2020 11:23 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <&...