Pengusaha Jepang Ajak Kadin Malang Aktif Ekspor Ikan Tuna

Pengusaha Jepang Ajak Kadin Malang Aktif Ekspor Ikan Tuna Pengurus Kadin saat diskusi dengan pengusaha asal Jepang.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Malang kembali menerima tamu pengusaha dari di Rumah Makan Ocean Garden Kota Malang, Selasa (29/10) malam. 

Hal ini untuk menjawab kunjungan para pengusaha muda yang tergabung dalam wadah Kadin Kabupaten Malang ke negeri pada bulan September 2019 lalu, guna menindaklanjuti kerja sama antara Kadin Kab Malang dengan pengusaha dari .

Pengusaha dari , Suyoto dan Shoikin ini bergabung dengan IJB (Indonesia Japan Business) merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang lama menetap di dan sukses menjadi pengusaha.

Selain untuk membalas kunjungan Kadin, Suyoto dan Shoikin mengaku juga tertarik akan potensi Malang karena sangat potensial untuk pengembangan usaha di bidang ekspor hasil laut, khususnya ikan tuna. 

"Ikan Tuna dari pantai selatan Kabupaten Malang ini memang sudah sangat dikenal di dan tergolong ikan jenis tuna terbaik bagi warga negara jepang," ujarnya.

Dalam paparannya, mereka mengajak para pengusaha di Kabupaten Malang untuk berperan aktif dalam bidang ekspor ikan tuna ke . Karena di sendiri sampai saat ini masih sangat-sangat kekurangan akan kebutuhan ikan tuna. Sehingga hal ini merupakan pasar potensial bagi para nelayan di Kabupaten Malang.

"Ya, merupakan pasar yang potensial bagi pengembangan hasil laut, khususnya ikan tuna. Karena sampai saat ini di jepang sendiri masih kekurangan akan kebutuhan ikan tuna, bahkan hingga ribuan ton setiap bulannya," papar Suyoto.

Untuk itu, ia akan berupaya semaksimal mungkin agar para pengusaha yang tergabung dalam Kadin ini dapat meningkatkan kesejahteraan para nelayan atas hasil tangkapan ikannya, untuk dikemas sesuai standar ekspor ke negara .

“Saya tidak segan-segan untuk mengajak para buyer atau investor dari untuk mengunjungi Kabupaten Malang guna memberikan pendampingan atau pembinaan terhadap para nelayan, agar hasil tangkapan ikannya dapat menjadi komiditi ekspor ke . Karena untuk ikan tuna yang dapat diekspor harus memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh negara tujuan,” imbuhnya.

Ketua Kadin Kabupaten Malang H. Makhrus Sholeh, menyambut baik dan mengapresiasi hal-hal yang telah dipaparkan tamu dari tersebut. Untuk itu pihaknya menindaklanjuti dengan segera mengadakan rapat internal menunjuk para wakilnya yang membidangi hal itu guna menindaklanjutinya. (thu/ian) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO