Minggu, 27 September 2020 13:12

Soal TPA Lowokdoro, Wali Kota Malang Berencana Sidak

Selasa, 29 Oktober 2019 23:03 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Iwan Irawan
Soal TPA Lowokdoro, Wali Kota Malang Berencana Sidak
Kondisi TPA Lowokdoro.

KOTA MALANG, BANGSAONLINE.com - Pemkot Malang akhirnya berencana melakukan sidak ke TPA Lowokdoro. Hal ini disampaikan Wali Kota Malang Sutiaji, usai menyerahkan penghargaan lomba kampung bersinar, di Hotel Savana Malang, Selasa (29/10).

"Namanya sidak, ya dirahasiakan waktunya. Agar kita tahu persis di lapangan seperti apa faktanya. Setelah sidak baru akan ada langkah-langkah yang kita ambil," ujar Sutiaji.

Sutiaji juga mengaku sudah menginstruksikan kepada Dinas Lingkungan Hidup Kota (DLH) agar melakukan pengecekan petugas sampah yang kerap membuang ke TPA Lowokdoro. Sebab, seharusnya TPA tersebut sudah tidak difungsikan lagi sejak ditutup beberapa tahun lalu.

“DLH saya perintahkan untuk koordinasi dengan pihak terkait,” tegas pria berkacamata ini.

Kepala DLH Kota Malang Rinawati menegaskan jika TPA Lowokdoro sudah ditutup sejak tahun 1994 silam. Namun meski sudah ditutup, masyarakat tetap banyak yang membuang sampah di sana. “Tahu sendiri kan namanya masyarakat, kurang memiliki kepedulian dan kesadaran yang cukup,” cetusnya.

Sejatinya sudah ditempatkan seorang penjaga di sana. “Tapi kami yakin gak mampu menghalau sedemikian banyaknya masyarakat yang membuang sampah di sana,” jelas Rinawati.

Terkait tindak lanjut, Rinawati mengatakan DLH akan melakukan pemadatan (urukan) tanah di TPA Lowokdoro. “Namun hal itu baru bisa dikerjakan menunggu anggaran tahun 2020 selesai di dewan,” kata Rinawati.

Di sisi lain, pemerhati lingkungan sekaligus Bambang Irianto menyarankan Pemkot Malang melakukan peningkatan pemilahan sampah sebelum masuk ke TPA Lowokdoro. Langkah ini dilakukan agar sampah-sampah itu bisa dimanfaatkan menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis.

“Sampah bisa dijadikan kompos. Di samping itu, meminimalisir sampah tidak bermanfaat berada di TPA. Kami juga berharap Pemkot Malang melakukan upaya pengawasan ekstra, agar warga tidak lagi membuang sampah di tempat tersebut,” ujar Bambang yang peraih medali internasional tentang lingkungan ini. (iwa/thu/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Minggu, 27 September 2020 12:13 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Minggu, 27 September 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...