Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 di Malang: Bersatu Kita Maju

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 di Malang: Bersatu Kita Maju

MALANG, BANGSAONLINE.com - Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-91 tahun 2019 digelar Pemkab Malang dipimpin Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, M.M. di halaman Pendopo Agung Kabupaten Malang, Senin (28/10).

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 91 ini bertema "Bersatu Kita Maju”. Sebagaimana dijelaskan dalam sambutan resmi Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia yang dibacakan Bupati Malang, tema ini untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda.

"Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa," katanya.

Berkaitan dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi yang bisa memberikan jaminan kecepatan informasi, hal ini memungkinkan para pemuda untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing. Namun di sisi lain, perkembangan ini mempunyai dampak negatif. Yakni beredarnya informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme perlu diantisipasi.

Menurutnya, pemuda yang memiliki karakter tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas. Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional.

Tema HSP kali ini diperuntukkan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemuda Indonesia bisa lebih maju. Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia. Generasi muda saat ini diharapkan memiliki pola pikir yang serba cepat, serba instan, lintas batas, cenderung individualistic dan gramatik.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO