Mampu Penuhi Aspek Performance & Governance, Pemkab Mojokerto Raih Anugerah Pandu Negeri (APN) 2019

Mampu Penuhi Aspek Performance & Governance, Pemkab Mojokerto Raih Anugerah Pandu Negeri (APN) 2019 Wakil Bupati Mojokerto memaparkan Inovasi Gemar Bertasbih Puskesmas Bangsal di Jakarta.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten Mojokerto meraih Anugerah Pandu Negeri (APN) tahun 2019 kategori silver, dari Indonesian Institute Public Governance (IIPG). Penghargaan tersebut diterimakan pada Saiman selaku Kepala Bidang Anggaran BPKAD bersama Satrio Wahyu Utomo Kabid Sosial Budaya Bappeda Kabupaten Mojokerto, mewakili Wakil Bupati Mojokerto Pungkasiadi, Jumat (25/10) di Hotel Bidakara Jakarta.

APN award 2019 diserahkan Ketua Indonesian Institute Public Governance (IIPG) Sigit Pramono, dengan disaksikan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2009-2014 Boediono, selaku Ketua Dewan Penasehat IIPG.

Total ada 63 Kabupaten, Kota dan Provinsi se-Indonesia yang mendapatkan penghargaaan ini. Kategori silver sendiri diberikan pada daerah yang memenuhi 2 kriteria penilaian, yakni aspek performance sebanyak 60% dan aspek governance sebanyak 40 persen.

Aspek performance meliputi pertumbuhan ekonomi, pengembangan manusia, serta hasil terobosan alias inovasi. Sedangkan aspek governance lebih pada tata kelola keuangan, tata kelola pemerintahan, dan anti korupsi.

Beberapa indikator yang juga menjadi penilaian, diantaranya tata kelola keuangan yang istimewa selama dua tahun terakhir. Hal tersebut diukur dari Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) dengan Opini WTP dari BPK serta penetapan Perda APBD tepat waktu.

APN secara lengkap merupakan penghargaan tahunan yang dilaksanakan oleh IIPG bagi pemerintah provinsi, kabupaten dan kota terbaik serta pemimpin yang inovatif. Mereka yang mendapat penghargaan, dinilai berhasil melakukan terobosan dalam peningkatan pertumbuhan sosio-ekonomi melalui reformasi tata kelola yang amanah.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO