Wabup Gresik Berangkatkan 75 Kafilah MTQ ke Tuban

Wabup Gresik Berangkatkan 75 Kafilah MTQ ke Tuban Wabup Moh. Qosim saat memberangkatkan kafilah MTQ. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Wakil Bupati Gresik, Mohammad Qosim memberangkatkan 75 kafilah Kabupaten Gresik Untuk mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-28 Provinsi Jawa Timur di Hotel Pesona Gresik, Jumat (25/10). Mereka akan mengikuti MTQ di Gelanggang Olahraga Kabupaten Tuban.

MTQ rencananya akan dibuka oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Sabtu (26/10).

Dari seluruh peserta berjumlah 1.327 kafilah se Jawa Timur akan mengikuti pawai ta’aruf, di antaranya 75 kafilah dari Gresik. Mereka terdiri dari 50 orang peserta, 8 orang pembina, 9 orang official dan 8 orang pendamping dalam penyelenggaraan MTQ tersebut.

MTQ kali ini, 7 cabang yang akan diikuti oleh Kabupaten Gresik, yakni 15 kafilah mengikuti tilawah Al Quran, 10 kafilah mengikuti hifdhul Quran, 6 kafilah mengikuti tafsir Al Quran, 6 kafilah mengikuti fahmul Quran, 3 kafilah mengikuti syarhul Quran, 8 kafilah mengikuti khath Al Quran dan 2 kafilah mengikuti makalah Al Quran.

Wabup berharap para kafilah MTQ mewakili Kabupaten Gresik dapat memberikan hasil terbaik. "Kami minta seluruh kafilah beserta seluruh official yang tergabung dalam delegasi Kabupaten Gresik dapat membawa nama baik Gresik sebagai kota santri dan kota wali. Jadilah teladan masyarakat dalam menjadikan Al Qur’an sebagai pedoman hidup sehari-hari," katanya.

Menurut Wabup, Al Quran merupakan kunci luar biasa untuk kesuksesan masyarakat. "Kami juga harus menerapkan nilai yang ada di alquran dalam kehidupan sehari-hari," jelasnya.

Untuk kesuksesan itu, lanjut Wabup, perlu berikhtiar dengan niat dan komitmen dengan sungguh-sungguh. "Insya Allah kita dapat mencapai tujuan kita. Saya berharap para kafilah ini selalu menjaga stamina, dengan keseimbangan antara istirahat dan makan. Selain itu, mereka juga tetap berlatih. Dengan menjaga kondisi kesehatan agar tetap prima saat berlomba serta latihan yang baik, maka gelar juara pasti akan diraih," sambungnya.

Sementara Kepala Bagian Kesejahteraan masyarakat didampingi Plt Kabag Humas dan Protokol Satriyo Utomo mengaku optimis Gresik bisa meraih kembali juara umum. 

"Kami juga berharap MTQ kali ini bisa lebih memperbaiki prestasi. Pada ajang MTQ sebelumnya kafilah Gresik berhasil meraih juara umum," katanya. "Kita sudah tiga kali meraih juara umum pada MTQ sebelumnya. Saya berharap tahun ini pun demikian. Buktikan bahwa Gresik bisa lebih baik," sambungnya. (hud/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO