Minggu, 15 Desember 2019 20:04

Tak Miliki Izin Edar, Pemilik Karaoke Rasa Sayang di Mayjen Sungkono Diamankan Polisi

Rabu, 23 Oktober 2019 00:57 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Anatasia Novarina
Tak Miliki Izin Edar, Pemilik Karaoke Rasa Sayang di Mayjen Sungkono Diamankan Polisi

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - IK, warga Surabaya pemilik Rasa Sayang outlet Veranza/Broadway Bar-Karaoke-Lounge Jl. Mayjend Sungkono 180 Surabaya diamankan Polisi.

Pasalnya, ia nekat menyediakan lagu-lagu di rumah karaokenya tanpa memiliki izin lisensi atau izin edar dari produser dan pencipta lagu. Ia juga diduga tidak membayar royalti kepada Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN).

Hal ini disampaikan Kabidhumas Polda Jatim Kombes Pol F. Barung Mangera S.I.K, didampingi oleh Dirkrimsus Polda jatim Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan, S.I.K dan Wadirkrimsus Polda Jatim AKBP Arman Asmara S.I.K. Konferensi pers ini juga dihadiri oleh artis Anang Hermansyah dan Adi Adrian dari LMKN bidang Kolektif dan Royalty, di depan halaman gedung Mahameru Polda Jatim, Selasa (22/10).

"Polda Jatim pertama kali mengungkap dan merilis di depan rekan-rekan sekalian. Kita mencoba mengangkat hak cipta ini sebagai bentuk pertanggungjawaban penegakan hukum yang nanti disampaikan penyidik dan sudah dua kali disomasi tapi tidak dihiraukan sama mereka," ungkap Barung.

Barung menjelaskan bahwa kasus ini bermula sejak 2016 lalu, di mana ada beberapa lagu koleksi rumah karaoke Rasa Sayang yang royaltinya tidak dibayarkan kepada LMKN melalui Koordinator Pelaksana Penarikan, Penghimpunan, dan Pendistribusian Royalti (KP3R).

"Hingga LMKN pun melayangkan somasi kepada pihak ‘Rasa Sayang’ sebanyak dua kali. pada tanggal 9 Oktober 2018, kasus pelanggaran hak cipta ini dilaporkan ke Polda Jatim," jelasnya.

Dirreskrimsus Polda Jatim, Kombes Pol Yusep Gunawan menuturkan, royalti lagu yang dipakai Rasa Sayang, semestinya dibayar kepada LMKN. Hal ini sesuai dalam Undang-Undang nomor 28 tahun 2014 tentang hak cipta. Di mana dalam Undang-Undang itu juga diamanatkan kepada LMKN untuk menarik dan mendistribusikan royalti hak cipta dan hak terkait di Indonesia.

“Pengelola rumah karaoke ini tidak melaksanakan kewajibannya kepada pihak-pihak yang berhak atas royalti,” tuturnya.

Oleh karena adanya laporan itu, Polda Jatim pun menindaklanjuti hingga sang pengelola rumah karaoke yang berada di bilangan Jalan Mayjen Sungkono, Surabaya itu, dijadikan tersangka.

Yusep juga menyebut, ada empat perkara pelanggaran hak cipta yang ditangani Polda Jatim. Satu di antaranya segera memasuki tahap dua, atau pelimpahan berkas perkara ke kejaksaan. Menurutnya, hal tersebut bukti jajaran kepolisian serius menangani kasus pelanggaran hak cipta.

“Ini bukti Polda Jatim serius dalam menegakkan undang-undang terkait perlindungan hak cipta nomor 28 tahun 2014. Artinya kita sungguh-sungguh dalam penegakan hukum ini,” lanjutnya.

Ditambahkan Kanit I HAKI Subdit Indagsi, Kompol Dodon Priyambodo, bahwa IK juga disangkakan melakukan pembajakan lagu dalam usahanya. Ia menjelaskan, koleksi lagu yang ada pada rumah karaoke Rasa Sayang selama ini digandakan. Yakni, menggandakan karya ciptakan menggunakan server, lalu disebarkan ke ruang-ruang karaoke.

“Sehingga bisa diakses publik, dan dipergunakan para pengusaha ini untuk komersial untuk mencari keuntungan,” ucapnya.

IK diduga melanggar Pasal 117 Ayat (2) Undang Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta dengan ancaman pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp 1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah) dan Ayat (3) Undang Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta dengan ancaman pidana penjara paling lama 10 (sepuluh) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp 4.000.000.000,00 (empat miliar rupiah).

Di tempat terpisah, Kapolda Jatim dengan stakeholder hak cipta dan pengusaha karaoke wilayah Jawa Timur yang diwakili oleh Dirkrimsus Polda Jatim menggelar ramah tamah di gedung Mahameru Mapolda Jatim. (ana/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Sabtu, 14 Desember 2019 23:59 WIB
KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Crystal Universe, akan menjadi andalan di Milenial Glow Garden (MGG), salah satu wahana baru Jatim Park 3 yang di-launcing pada Sabtu (14/12). Betapa tidak, di ruangan ini pengunjung akan dipikat dengan keindahan 5.433 l...
Sabtu, 14 Desember 2019 13:01 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Mengerikan! Itulah gambaran sikap saling serang atau saling bully antar penganut agama di media sosial (medsos). Tanpa risih dan tedeng aling-aling mereka saling serang dengan memakai kata-kata kasar, sadis, dan kejam. Mere...
Sabtu, 30 November 2019 20:10 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*76. Wa-in kaaduu layastafizzuunaka mina al-ardhi liyukhrijuuka minhaa wa-idzan laa yalbatsuuna khilaafaka illaa qaliilaan.Dan sungguh, mereka hampir membuatmu (Muhammad) gelisah di negeri (Mekah) karena engkau h...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...