Senin, 17 Februari 2020 14:10

​Penuhi Kebutuhan PT Global Way, Disnaker Madiun Latih 200 Calon Naker

Selasa, 15 Oktober 2019 23:02 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Hendro Utomo
​Penuhi Kebutuhan PT Global Way, Disnaker Madiun Latih 200 Calon Naker
Bupati Madiun, Ahmad Dawami saat membuka pelatihan menjahit.

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Madiun menyiapkan tenaga kerja siap pakai untuk menindaklanjuti laporan kebutuhan tenaga kerja menjahit sepatu di PT Global Way Indonesia. Penyiapan tenaga kerja itu diwujudkan dengan penyelenggaraan pelatihan menjahit bagi calon-calon tenaga kerja sesuai dengan kualifikasi dan standar yang dibutuhkan.

Pelatihan berlangsung selama 20 hari (15 Oktober – 5 Nopember 2019) bertempat di aula Disnaker Kabupaten Madiun dengan instruktur bersertifikat dari Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo).

Dalam sambutannya, Bupati Madiun Ahmad Dawami menyampaikan bahwa para pekerja harus membawa nama baik Kabupaten Madiun serta harus meningkatkan kualitas dalam bekerja.

"Banyak yang ingin bekerja diperusahaan ini, sehingga harus mencintai pekerjaan, apapun pekerjaan itu. Agar iklim investasi di Kabupaten Madiun baik, kita ciptakan pekerja- pekerja yang baik, semangat dengan mencintai pekerjaannya. Pekerjaan yang baik adalah pekerjaan yang istikomah, dan jangan lupa beribadah," ucapnya.

Lebih lanjut dia katakan, sesuai visi Kabupaten Madiun yaitu, meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Madiun, ini adalah langkah Pemkab Madiun untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Madiun.

Bupati juga berpesan kepada para investor untuk mengutamakan para pekerja masyarakat asli Madiun.

"Jangan sampai setelah bekerja nanti merusak nama perusahaan. Manfaatkan yang sudah kita dapat sekarang ini, dan setelahnya anda diterima disin i jangan sampai ada yang sombong. Disampaikan dengan baik kepada teman atau rekannya yang belum diterima di PT. Global Way Indonesia," pungkasnya.

Kepala Disnaker Kabupaten Madiun, Ir. Wijanto Djoko Poernomo mengatakan, sampai akhir Desember nanti pihaknya akan memberikan pelatihan kepada 200 calon tenaga kerja secara bertahap. Pelatihan angkatan pertama dilaksanakan dari 15 Oktober s/d 5 Nopember 2019 diikuti 50 peserta, angkatan selanjutnya 8 Nopember dan 11 Nopember 2019 masing-masing 50 peserta.

Pada pembukaan pelatihan, Selasa (15/10/2019) Wijanto Djoko Poernomo menyebutkan, sebenarnya ada 350 pencari kerja yang mendaftar, namun PT Global Way Indonesia produsen sepatu untuk ekspor itu hanya membutuhkan 300 karyawan.

“Kemudian yang langsung di Global Way itu 300 orang. Kemudian dari Global Way sudah sepakat dengan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Madiun akan diambil secara bertahap, menyesuaikan dengan kondisi perusahaan Global Way,” katanya.

Menurutnya, kegiatan ini upaya mengurangi pengangguran dan kemiskinan di Kabupaten Madiun. Sesuai data Badan Pusat Statistik, jumlah pengangguran di Kabupaten Madiun mencapai 3,84 persen atau sekitar 14.500 orang. Sejumlah peserta pelatihan itu nantinya akan mendapatkan sertifikasi dan langsung bekerja di PT Global Way Indonesia.

Menurut Ketua Aprisindo Jawa Timur, Ali Mas’ud, dan jika setelah bekerja di perusahaan sepatu selama beberapa tahun, sejumlah dari mereka bisa menjadi supervisor atau bahkan manajer.

“Kalau nanti SDM ini setahun dua tahun bekerja di pabrik, akan kita tingkatkan menjadi calon-calon supervisor. Jadi kabag pabrik, jadi mandor pabrik. Jadi SDM-nya dari orang Madiun untuk orang Madiun," kata Ali Mas’ud. (hen/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 29 Januari 2020 22:31 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Mendengar kata Gunung Kelud, orang pasti membayangkan kedahsyatan letusannya. Sekali meletus, abu Gunung Kelud bisa menghentikan operasional beberapa bandara. Bahkan, bandara di Yogya pun harus berhenti beroperasi ketika Gu...
Kamis, 13 Februari 2020 12:49 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanTebar pesona! Itulah yang kini gencar dilakukan para calon wali kota Surabaya. Senyum mereka bertebaran di mana-mana. Di media sosial. Di baliho. Di media massa. Bahkan di selempitan koran.Bukan hanya senyum. Juga janji-janji. S...
Senin, 10 Februari 2020 11:55 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALTidak sama an...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...