Jumat, 15 November 2019 11:38

Tambah Ragam Batik Khas Sidoarjo, Pemkab Gelar Lomba Desain Batik Haji

Senin, 14 Oktober 2019 22:55 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Mustain
Tambah Ragam Batik Khas Sidoarjo, Pemkab Gelar Lomba Desain Batik Haji
Kabag Kesra Zainul Arifin menunjukkan brosur lomba Desain Batik Jemaah Haji, Senin (14/10). foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pemkab Sidoarjo melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) menggelar lomba Desain Batik Jemaah Haji. Lomba berhadiah total Rp 22,5 Juta itu, salah satu tujuannya untuk menambah ragam khas batik tulis khas Kabupaten Sidoarjo.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Pemkab Sidoarjo, Zainul Arifin menjelaskan, selama ini pemkab Sidoarjo memberikan bantuan busana batik untuk para jemaah haji asal Kabupaten Sidoarjo.

Nah, mulai tahun 2020 nanti, pemkab berharap busana batik tersebut lebih bagus dan tampak berciri khas Sidoarjo. Selain itu, batik tersebut bisa menjadi kenang-kenangan yang berarti bagi para jemaah haji asal Kabupaten Sidoarjo.

"Lewat lomba ini, kami mengundang mulai warga, mahasiswa yang kuliah di perguruan tinggi di Sidoarjo hingga perajin batik Sidoarjo untuk ikut menyumbangkan ide desain batik tulis untuk jemaah haji Sidoarjo," beber Zainul Arifin, Senin (14/10).

Lomba ini juga diharapkan ikut melestarikan dan menambah ragam corak batik tulis khas Sidoarjo. Selain itu juga diharapkan menjadi wadah promosi batik tulis dari Kabupaten Sidoarjo.

Lomba Desain Batik Jemaah Haji ini mulai dibuka pada 9 Oktober 2019. Sedangkan batas akhir pengumpulan karya, paling lambat 29 November 2019 mendatang.

Karya berupa kain batik panjang dua meter dan lebar bebas, dikirim langsung ke sekretariat lomba di Kantor Bagian Kesra Pemkab Sidoarjo, Jalan Gubernur Suryo No 1, Sidoarjo.

Karya desain ini dilengkapi deskripsi berisi judul karya atau nama motif, konsep dan penjelasan tentang warna dan motif. Karya desain batik ini, diwajibkan menggunakan teknik batik tulis, bukan batik cap atau batik kombinasi.

Zainul Arifin menyatakan, setiap peserta bisa mengirimkan hasil karyanya maksimal dua karya desain batik. Karya yang masuk akan diseleksi oleh tim juri hingga menjadi tiga karya nominasi.

Panitia lomba menyediakan total hadiah uang tunai sebesar Rp 22,5 Juta untuk para pemenang lomba. Yakni juara pertama hadiahnya uang Rp 10 Juta, juara dua Rp 7,5 Juta dan juara tiga Rp 5 Juta. (sta/ian)

Badai Kembali Terjang Ngawi, Panggung dan Tenda untuk Lomba Panahan di Alun-alun Porak Poranda
Sabtu, 09 November 2019 00:05 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Hujan disertai angin kencang kembali memporak-porandakan Kabupaten Ngawi, Jumat (8/11) sore. Kali ini badai angin menerjang wilayah alun-alun dan sekitarnya, yang kebetulan sedang digelar lomba panahan....
Selasa, 05 November 2019 19:40 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Taman Mozaik yang berada di Jalan Wiyung Praja Surabaya ini menambah rentetan panjang destinasi wisata taman aktif di Surabaya. Lahan yang sebelumnya rawa-rawa itu disulap Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menjadi taman y...
Rabu, 06 November 2019 12:44 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Para elit NU struktural tak bisa menyembunyikan kekecewaannya ketika Presiden Joko Widodo mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju pada 23 Oktober 2019 lalu. Kekecewaan itu dieskpresikan secara terbuka oleh Wakil Ketua PB...
Kamis, 14 November 2019 13:45 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan anak ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...