Selasa, 25 Februari 2020 03:23

Tambah Ragam Batik Khas Sidoarjo, Pemkab Gelar Lomba Desain Batik Haji

Senin, 14 Oktober 2019 22:55 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Mustain
Tambah Ragam Batik Khas Sidoarjo, Pemkab Gelar Lomba Desain Batik Haji
Kabag Kesra Zainul Arifin menunjukkan brosur lomba Desain Batik Jemaah Haji, Senin (14/10). foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pemkab Sidoarjo melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) menggelar lomba Desain Batik Jemaah Haji. Lomba berhadiah total Rp 22,5 Juta itu, salah satu tujuannya untuk menambah ragam khas batik tulis khas Kabupaten Sidoarjo.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Pemkab Sidoarjo, Zainul Arifin menjelaskan, selama ini pemkab Sidoarjo memberikan bantuan busana batik untuk para jemaah haji asal Kabupaten Sidoarjo.

Nah, mulai tahun 2020 nanti, pemkab berharap busana batik tersebut lebih bagus dan tampak berciri khas Sidoarjo. Selain itu, batik tersebut bisa menjadi kenang-kenangan yang berarti bagi para jemaah haji asal Kabupaten Sidoarjo.

"Lewat lomba ini, kami mengundang mulai warga, mahasiswa yang kuliah di perguruan tinggi di Sidoarjo hingga perajin batik Sidoarjo untuk ikut menyumbangkan ide desain batik tulis untuk jemaah haji Sidoarjo," beber Zainul Arifin, Senin (14/10).

Lomba ini juga diharapkan ikut melestarikan dan menambah ragam corak batik tulis khas Sidoarjo. Selain itu juga diharapkan menjadi wadah promosi batik tulis dari Kabupaten Sidoarjo.

Lomba Desain Batik Jemaah Haji ini mulai dibuka pada 9 Oktober 2019. Sedangkan batas akhir pengumpulan karya, paling lambat 29 November 2019 mendatang.

Karya berupa kain batik panjang dua meter dan lebar bebas, dikirim langsung ke sekretariat lomba di Kantor Bagian Kesra Pemkab Sidoarjo, Jalan Gubernur Suryo No 1, Sidoarjo.

Karya desain ini dilengkapi deskripsi berisi judul karya atau nama motif, konsep dan penjelasan tentang warna dan motif. Karya desain batik ini, diwajibkan menggunakan teknik batik tulis, bukan batik cap atau batik kombinasi.

Zainul Arifin menyatakan, setiap peserta bisa mengirimkan hasil karyanya maksimal dua karya desain batik. Karya yang masuk akan diseleksi oleh tim juri hingga menjadi tiga karya nominasi.

Panitia lomba menyediakan total hadiah uang tunai sebesar Rp 22,5 Juta untuk para pemenang lomba. Yakni juara pertama hadiahnya uang Rp 10 Juta, juara dua Rp 7,5 Juta dan juara tiga Rp 5 Juta. (sta/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 21 Februari 2020 20:10 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Tuban mempunyai wisata edukasi baru berupa Taman Kelinci. Suasana Taman Kelinci yang terletak di tepi jalan Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban ini begitu adem, asri, dan sejuk, karena jauh dar...
Senin, 24 Februari 2020 14:06 WIB
Oleh : Firman Syah Ali*Pertama Kali saya berjumpa Habib Ahmad Bin Ismail Alaydrus pada tahun 2016 lalu di Majelis Ratib beliau di Kawasan Tapos Bogor. Waktu itu saya hadir Maulid Akbar diajak oleh kakak ipar beliau, Habib Usman Arsal Alhabsyi Jakarta...
Kamis, 20 Februari 2020 11:01 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALAyat kaji 80 ...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...