Selasa, 26 Mei 2020 02:36

Puluhan Iphone 11 Bakal Dimusnahkan Bea Cukai Juanda, Ini Penyebabnya

Kamis, 10 Oktober 2019 17:37 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Catur Andy
Puluhan Iphone 11 Bakal Dimusnahkan Bea Cukai Juanda, Ini Penyebabnya
Petugas Bea Cukai Juanda menunjukkan barang-barang yang bakal dimusnahkan, termasuk puluhan Iphone 11.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 84 handphone (Hp) merk Apple Iphone 11 terancam bakal dimusnahkan petugas Bea Cukai Juanda. Puluhan Hp edisi terbaru dari pabrikan asal Amerika yang belum terbit di Indonesia itu merupakan hasil penyitaan dari sejumlah penumpang yang masuk melalui Bandara Internasional Juanda.

Kakanwil DJBC Jatim I, Muhammad Purwantoro menceritakan, pasca rilis hp seri terbaru di Singapura (20/9) lalu, banyak warga Indonesia yang tergiur memilikinya. Tidak sedikit warga Indonesia yang pulang dari luar negeri membawa hp seri terbaru itu. Padahal, di Indonesia sendiri hp tersebut belum resmi diluncurkan.

Oleh karena itu, sesuai ketentuan, petugas bea cukai akan menyita warga yang membawa hp lebih dari dua unit. "Hal ini sesuai Permendag No 38/M-DAG/PER/8/2013 tentang ketentuan impor telepon seluler, komputer genggam, dan komputer tablet," terangnya.

Dalam dua minggu terakhir, ada 5 penindakan yang berhasil dilakukan petugas bea cukai Juanda. Pertama pada Selasa (24/9) lalu, 36 unit hp merk Apple Iphone 11 diamankan petugas. Barang itu dibawa empat penumpang menggunakan koper.

Kemudian hari Minggu (29/9), 11 unit Hp merk Apple 11 kembali disita dari seorang penumpang. Lalu hari Rabu (2/10), 9 unit Hp edisi terbaru itu juga dibawa oleh seorang penumpang.

Empat hari kemudian, yaitu Minggu (6/10), petugas juga mengamankan 19 unit Hp dari tangan dua orang penumpang. Baru yang terakhir pada Senin (7/10), 9 unit Hp juga berhasil diamankan dari dua penumpang.

"Total ada 84 unit yang sempat diamankan, tapi sebagian sudah dibayar pajak impornya sesuai ketentuan. Jadi bisa dimiliki. Dengan berat hati, barang yang disita juga bisa kita musnahkan," imbuhnya.

Purwantoro juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak terburu-buru membeli barang yang memang belum beredar di Indonesia. (cat/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Sabtu, 23 Mei 2020 23:28 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*21. Unzhur kayfa fadhdhalnaa ba’dhahum ‘alaa ba’dhin walal-aakhiratu akbaru darajaatin wa-akbaru tafdhiilaanPerhatikanlah bagaimana Kami melebihkan sebagian mereka atas sebagian (yang lain). Dan kehidupan ...
Rabu, 13 Mei 2020 11:23 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <&...