Senin, 21 Oktober 2019 00:28

Puluhan Iphone 11 Bakal Dimusnahkan Bea Cukai Juanda, Ini Penyebabnya

Kamis, 10 Oktober 2019 17:37 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Catur Andy
Puluhan Iphone 11 Bakal Dimusnahkan Bea Cukai Juanda, Ini Penyebabnya
Petugas Bea Cukai Juanda menunjukkan barang-barang yang bakal dimusnahkan, termasuk puluhan Iphone 11.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 84 handphone (Hp) merk Apple Iphone 11 terancam bakal dimusnahkan petugas Bea Cukai Juanda. Puluhan Hp edisi terbaru dari pabrikan asal Amerika yang belum terbit di Indonesia itu merupakan hasil penyitaan dari sejumlah penumpang yang masuk melalui Bandara Internasional Juanda.

Kakanwil DJBC Jatim I, Muhammad Purwantoro menceritakan, pasca rilis hp seri terbaru di Singapura (20/9) lalu, banyak warga Indonesia yang tergiur memilikinya. Tidak sedikit warga Indonesia yang pulang dari luar negeri membawa hp seri terbaru itu. Padahal, di Indonesia sendiri hp tersebut belum resmi diluncurkan.

Oleh karena itu, sesuai ketentuan, petugas bea cukai akan menyita warga yang membawa hp lebih dari dua unit. "Hal ini sesuai Permendag No 38/M-DAG/PER/8/2013 tentang ketentuan impor telepon seluler, komputer genggam, dan komputer tablet," terangnya.

Dalam dua minggu terakhir, ada 5 penindakan yang berhasil dilakukan petugas bea cukai Juanda. Pertama pada Selasa (24/9) lalu, 36 unit hp merk Apple Iphone 11 diamankan petugas. Barang itu dibawa empat penumpang menggunakan koper.

Kemudian hari Minggu (29/9), 11 unit Hp merk Apple 11 kembali disita dari seorang penumpang. Lalu hari Rabu (2/10), 9 unit Hp edisi terbaru itu juga dibawa oleh seorang penumpang.

Empat hari kemudian, yaitu Minggu (6/10), petugas juga mengamankan 19 unit Hp dari tangan dua orang penumpang. Baru yang terakhir pada Senin (7/10), 9 unit Hp juga berhasil diamankan dari dua penumpang.

"Total ada 84 unit yang sempat diamankan, tapi sebagian sudah dibayar pajak impornya sesuai ketentuan. Jadi bisa dimiliki. Dengan berat hati, barang yang disita juga bisa kita musnahkan," imbuhnya.

Purwantoro juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak terburu-buru membeli barang yang memang belum beredar di Indonesia. (cat/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...