Senin, 21 Oktober 2019 00:38

Gubernur Jatim Terima PP KEK, agar Segera Kembangkan Ekonomi Digital

Rabu, 09 Oktober 2019 10:21 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Tuhu Priono
Gubernur Jatim Terima PP KEK, agar Segera Kembangkan Ekonomi Digital
Foto bersama usai penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Dirut PT Intelegensia Graha Tama David Santoso, dan Eksekutif Vice President Telkom Regional V Jatim Bali Nusra Suparwiyanto, juga Dirut PLN serta Dirut Perum Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Menteri Pariwisata Republik Indonesia (Menpar RI), Arif Yahya menyerahkan Peraturan Presiden (PP) No 68 tahun 2019 tentang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, di Museum Singhasari Kecamatan Singosari Kabupaten Malang pada Selasa (8/10) sore.

Gubernur Jawa Timur menyampaikan ucapan terima kasih kepada Menteri Pariwisata RI yang telah hadir di Jawa Timur dalam memberi dukungan, guna percepatan realisasi KEK Singhasari ini. “Salah satu prioritas utama kita adalah untuk pengembangan pariwisata berbasis digital, khususnya di Jawa Timur dan di Indonesia pada umumnya,” tuturnya.

Sementara itu, Menpar RI Arif Yahya dalam sambutannya menjelaskan PP 68 tahun 2019 bertujuan merealisasikan KEK sebagai pengembangan ekonomi digital, sekaligus peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“KEK yang diterapkan di Jawa Timur ini, nantinya akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi berbasis digital secara nasional,” bebernya.

Di sela-sela penyerahan PP 68/2019, juga dilakukan penandatangan MoU tentang dukungan penerapan ekonomi digital. Jalinan kerja sama tersebut dilakukan antara PT Intelegensia Graha Tama, sebagai pengelola area KEK Singhasari, dengan Telkom Indonesia selaku penyedia peralatan pendukung ekonomi digital. Selain itu, juga PLN yang menjalin kerja sama dengan Perum Tirta Kanjuruhan dalam pengelolaan air bersih.

Penandatanganan kerja sama itu dilakukan Dirut PT Intelegensia Graha Tama, David Santoso dengan Eksekutif Vice President Telkom Regional V Jatim Bali Nusra Suparwiyanto juga Dirut PLN serta Dirut Perum Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang.

"Akses serta jaringan internet akan tersedia, seiring kerja sama dengan Telkom ini, karena salah satu faktor pengembangan KEK Singhasari adalah ketersediaan Internet," ujar David Santoso.

Menurutnya, hal ini untuk mendukung program Ekonomi Digital yang akan diterapkan di KEK Singhasari. Selain itu, sekaligus mendukung Industri 4.0 yang memanfaatkan digitalisasi. "Berbicara digitalisasi, tentunya tidak lepas dengan akses internet yang prima, guna mendukung program ekonomi digital tersebut," ucapnya.

"Selain itu kami juga memiliki program Singhasari Digital World yang akan membuka potensi KEK Singhasari kian dikenal di dunia," tuturnya.

Selain bekerja sama dengan Telkom, kata David, pihaknya juga bekerja sama dengan berbagai pihak guna mendukung kesuksesan program ini. "Kami juga bekerja sama dengan IBM untuk mengembangkan IT di area KEK Singhasari, karena nantinya semua perdagangan, industri, dan pariwisata berbasis digital dan IT,” pungkasnya. (thu/dur)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...