Wujudkan Zero Accident, BLP Kota Pasuruan Gelar Bimtek SMKK

Wujudkan Zero Accident, BLP Kota Pasuruan Gelar Bimtek SMKK Sekretaris Daerah Kota Pasuruan Drs. H. Bahrul Ulum, M.M. saat membuka Bimtek SMKK.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Bagian Layanan Pengadaan (BLP) Sekretariat Daerah (Setda) Kota Pasuruan bekerja sama dengan Balai Jasa Kontruksi Wilayah IV Surabaya menyelenggarakan Bimbingan Teknis Sistem Manajemen Keselamatan Kontruksi (SMKK) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan. Bimtek ini digelar selama 4 hari mulai hari Senin (7/10) hingga Kamis (10/10) mendatang.

Bimbingan teknis tersebut dilaksanakan di Hotel Tychi Malang dan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kota Pasuruan Drs. H. Bahrul Ulum, M.M. Hadir dalam kegiatan tersebut Asisten 2 Sekretariat Daerah Kota Pasuruan, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan, narasumber dari Dirjen Bina Kontruksi Kementrian PUPR, narasumber dari AZKY, Direktur Balai Jasa Kontrusksi Wilayah IV Surabaya atau yang mewakili, dan para peserta bimbingan teknis.

Sekdakot Pasuruan, Bahrul Ulum mengatakan Bimtek SMKK bagi aparatur sipil negara khususnya bagi pengelola pengadaan barang/jasa kontruksi sangat penting dilaksanakan dalam rangka menghasilkan petugas K3 yang kompeten dan profesional dalam bidang sistem manajemen keselamatan kontruksi. Menurutnya, tujuan bimtek ini untuk menyukseskan program Pemerintah, khususnya bidang infrastruktur.

Untuk itu, ia berharap pada seluruh peserta agar mengikuti kegiatan dengan serius dan sungguh-sungguh.

"Semoga dengan selesainya kegiatan Bimtek Sistem Manajemen Keselamatan Kontruksi, akan menghasilkan petugas–petugas K3 yang profesional dan mampu memastikan penerapan sistem manajemen keselamatan kontruksi yang berkeselamatan dengan kecelakaan nihil (zero accident)," katanya.

Sementara itu, Kepala BLP Setda Kota Pasuruan Nyoman Swasti, S.T.T.P., M.M. mengatakan tujuan dari kegiatan Bimtek SMKK adalah meningkatkan pemahaman mengenai manajemen keselamatan dan kesehatan kerja kontruksi bagi para ASN. Selain itu, menunjang kualitas pekerjaan konstruksi di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan.

Adapun narasumber bimtek berasal dari beberapa instansi. Yakni Asosiasi Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja Kontruksi Indonesia (A2K4), Balai Jasa Kontruksi wilayah IV Surabaya, dan BPJS Ketenagakerjaan.

Sedangkan peserta bimtek berjumlah 40 (empat puluh) orang terdiri dari Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Pejabat Pengadaan Barang / Jasa, Anggota Kelompok Kerja Pemilihan dan Tim Teknis Bidang Konstruksi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan. (ard/par)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO