Jumat, 18 Oktober 2019 16:53

​Tiap Bulan 10 Orang Masuk Islam di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya

Jumat, 04 Oktober 2019 16:07 WIB
Editor: Tim
​Tiap Bulan 10 Orang Masuk Islam di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya
Qiqi Cahyanti saat berikrar membaca syahadat dan masuk Islam di depan Dr M Sudjak, Ketua Badan Pengelola Masjid Al-Akbar Surabaya (MAS), Jumat (4/10/2019). foto: BANGSAONLINE.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Masjid Al-Akbar Surabaya (MAS) menjadi salah satu tempat favorit bagi para non muslim yang mau masuk Islam, disamping Masjid Agung Ampel dan Masjid Al-Falah Surabaya. Pantauan BANGSAONLINE.com, setiap usai salat Jumat di MAS ini selalu ada orang yang bersyahadat masuk Islam. Hari ini, Jumat (4/10/2019) Qiqi Cahyanti berikrar membaca syahadat dan masuk Islam. Wanita cantik berkulit putih ini mengucapkan syahadat di depan Dr. M Sudjak, Ketua Badan Pengelola Masjid Al-Akbar Surabaya (MAS). Kebetulan M Sudjak hari ini menjadi khotib di masjid nasional yang pengelolaannya di bawah Gubernur Jawa Timur tersebut.

(Qiqi menjelaskan kenapa ia masuk Islam. foto: BANGSAONLINE.com) 

Seperti para muallaf yang lain, Qiqi masuk Islam di depan mihrab (tempat pengimaman dan khutbah). Sebelum menuntun membaca syahadat M Sudjak sempat bertanya kepada Qiqi. Apa motivasi Qiqi masuk Islam. Qiqi menjawab atas kesadaran sendiri. Ia mengaku bahwa sewaktu kecil pernah dibabtis. Tapi ia mengaku tenteram setelah masuk Islam.

M Sudjak bertanya lagi. “Apa selama ini sudah pernah belajar baca syahadat dan ikut salat?,” tanya M Sudjak kepada Qiqi. Qiqi mengaku pernah belajar mengucapkan kalimat syahadat dan ikut salat.

M Sudjak kemudian mempersilakan Qiqi mengucapkan dua kalimat syahadat. Qiqi lancar mengucapkan dua kalimat syahadat. Tapi ketika Sudjak minta Qiqi menerjemahkan syahadat ia diam tak bisa. M Sudjak lalu menuntun penerjemaah dua kalimat syahadat Qiqi. Akhirnya Qiqi bisa dan lancar baca syahadat dan artinya sampai tiga kali dengan disaksikan teman-temannya sebagai saksi.

(Qiqi menandatangani surat pernyataan bahwa ia sudah masuk Islam atas kesadaran sendiri dan tanpa paksaan dari siapapun. foto: BANGSAONLINE.com)

Seperti umumnya orang masuk Islam, Qiqi juga mengaku adem setelah masuk Islam. “Saya merasa adem dan tenteram setelah masuk Islam,” kata Qiqi sembari bercerita bahwa keluarganya sebenarnya banyak yang muslim. Qiqi lalu menandatangani surat administrasi pernyataan bahwa ia sudah masuk Islam atas kesadaran sendiri di M Sudjak dan para saksinya.

Abdul Kholiq, Staf Bagian Dakwah dan Ibadah Masjid Al-Akbar Surabaya kepada BANGSAONLINE.com menuturkan bahwa di Masjid Al-Akbar Surabaya ini selalu ada orang yang masuk Islam seusai salat Jumat. “Kadang dua, tiga, empat (orang). Hari ini kebetulan hanya satu (orang). Rata-rara tiap bulan ya 10 oranglah yang masuk Islam,” kata Kholiq usai menyiapkan peralatan proses masuk Islamnya Qiqi.

Mereka, tutur Kholiq, datang atas inisiatif sendiri. “Kita nggak mempengaruhi,” kata Kholiq. Menurut dia, siapapun yang datang masuk Islam akan diterima dengan baik.

Apa ada syaratnya? “Nggak ada. Ya ngisi blanko. Tapi syarat secara syariah ya ada, misalnya harus mukallaf dan sebagainya,” tuturnya. (tim)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...