Tim Walang Kadung, Garda Terdepan Pemadam Kebakaran di Surabaya, Bisa Masuk ke Gang-gang Sempit

Tim Walang Kadung, Garda Terdepan Pemadam Kebakaran di Surabaya, Bisa Masuk ke Gang-gang Sempit Tim Walang Kadung Dinas PMK Surabaya siap padamkan kabakaran di gang-gang sempit.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tim Walang Kadung Dinas Pemadam Kebakaran (PMK) Kota selalu menjadi garda terdepan dalam pemadaman kebakaran yang terjadi di Kota . Pasalnya, tim yang menggunakan sepeda motor itu bisa lebih lincah ketika berada di jalan dan bisa masuk ke gang-gang sempit di perkampungan padat penduduk.

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pemadam Kebakaran (PMK) Kota , Irvan Widyanto menjelaskan penamaan Walang Kadung itu diambil dari filosofi hewan walang yang bergerak cepat dan lincah, sehingga cocok dengan kendaraan PMK ini yang lincah dan bisa masuk ke gang-gang.

Awalnya, Walang Kadung ini hanya memiliki 2 unit sepeda motor khusus. Namun, setelah terlihat hasil dan efektivitasnya dalam memadamkan kebakaran, ditambahkan lagi 3 unit.

“Sekarang kami sudah punya 5 unit. Ke depannya memang berharap semua pos ada unit ini,” kata Irvan ditemui di sela-sela memantau jajarannya latihan di kantor PMK, Kamis (3/10/2019).

Menurut Irvan, kendaraan gagah dominasi warna merah itu dibuat khusus dari Jepang dengan kapasitas mesin kawasaki 250 cc. Dilengkapi pula dengan high pressure portable system, yaitu panjang selang 15 meter, tangki air plus foam 2 buah kapasitas 25 liter per buah, tabung propelent 2 buah kapasitas 6 liter dengan kemampuan tekan 300 bar, dan kemampuan semprot jet 15 meter. “Jadi, memang dilengkapi peralatan khusus,” kata dia.

Selain itu, para rider juga menggunakan helm yang didesain khusus dan terkoneksi dengan alat komunikasi HT (handy talky), sehingga petugas yang mengendarai motor Walang Kadung itu sudah siap dengan seragam safety pemadam.

“Dengan alat ini, maka para pengemudi ini bisa fokus berkendara sembari melakukan koordinasi melalui alat komunikasi dari helmnya itu,” tegasnya.

Bahkan, Walang Kadung ini juga dilengkapi sirine yang sama persis dengan mobil PMK. Harapannya, masyarakat dapat mengambil posisi ke pinggir apabila mendengar suara sirine ini, sehingga tim ini lebih cepat sampai ke lokasi kebakaran.

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO