Ratusan Bacalon Kades Ikuti Tes Narkoba di BNN

Ratusan Bacalon Kades Ikuti Tes Narkoba di BNN Calon Kepala Desa yang akan berkontestasi pada Pilkades Serentak 2019 di Sampang saat akan menjalani tes urine di kantor BNNP Jatim, Surabaya, Kamis (3/10).

SAMPANG, BANGSAONLINE.com - Salah satu persyaratan untuk lolos seleksi calon kepala desa sesuai dengan Perda dan Perbup Pilkades adalah wajib mengikuti tes narkoba, yang dilaksanakan di Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Timur.

Hal ini seperti yang dilakukan ratusan Bakal Calon (Bacalon) Kepala Desa se-Kabupaten Sampang, Kamis (3/10). Mereka hadir untuk mengikuti tes pemeriksaan narkoba di kantor BNNP Jawa Timur Jl.Sukomanunggal Surabaya.

Para bacalon tersebut terdiri dari 38 desa yang pada 21 November mendatang akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Sampang.

Pantauan media ini, tidak semua orang yang hadir diizinkan untuk masuk area steril tersebut, kecuali para bacalon dan pendamping yang sudah mendapatkan undangan dari panitia pelaksana.

Asik, salah satu pendukung bacakades yang ikut hadir ke BNN dari Desa Apaan Kecamatan Pengarengan mengatakan, dirinya hanya bisa mengantar di depan pintu. Sebab, hanya para peserta dan yang membawa undangan yang bisa masuk.

“Tidak apa mas, tidak masuk. Yang penting calon kita sampai di sini, dan bisa mengikuti tes narkoba, " ucapnya.

Untuk sekadar diketahui, para bakal calon itu mengikuti tes untuk mengetahui bahwa dirinya benar-benar tidak pernah mengonsumsi barang haram yang sangat dilarang di Republik Indonesia itu.

Selanjutnya hasil pemeriksaan yang dikeluarkan oleh BNNP tersebut, akan menjadi persyaratan kelengkapan wajib yang menentukan lolos tidaknya bacalon dalam kelengkapan administrasi yang selanjutnya akan ditetapkan sebagai calon. (hri/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO