Puluhan Warga Pamekasan Terdampak Kerusuhan Wamena Masih di Posko Pengungsian Jayapura

Puluhan Warga Pamekasan Terdampak Kerusuhan Wamena Masih di Posko Pengungsian Jayapura Warga Pamekasan yang ada di posko pengungsian Lanut Silas Papare Jayapura belum mendapat kepastian kapan bisa pulang.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Puluhan warga Kabupaten turut terdampak kerusuhan Wamena, Papua. Saat ini mereka telah diungsikan ke posko pengungsian Lanut Silas Papare Jayapura menunggu untuk dipulangkan.

Menurut kabar yang beredar, ada puluhan warga Kabupaten yang sudah lima hari ini mengungsi di posko Lanud Silas Papare Jayapura dan tidak bisa pulang. Hingga saat ini baru ada seorang warga yang sudah dipulangkan dari pengungsian.

Hal itu diungkapkan oleh Apri, Humas Komunitas Kacong Jayapura yang sekaligus merupakan anggota TNI AD asal yang bertugas di sana. Apri mengatakan, ada sejumlah warga yang sempat mengungsi selama lima hari di Posko Pengungsian Lanud Silas Papare Jayapura. Salah satunya atas nama, Syarifudin (39) warga Desa Penagguan, Kecamatan Proppo, Kabupaten .

"Di Posko Lanud ini warga Madura atas nama Syarifudin sempat mengungsi selama lima hari, tapi sekarang beliau sudah pulang ikut pesawat Hercules keberangkatan tadi pagi," kata Apri saat dihubungi melalui telepon seluler, Kamis (03/09/19).

Apri memastikan, keadaan Syarifuddin baik-baik saja. Namun saat dibawa ke Posko Lanud Silas Papare Jayapura, ia tidak membawa apa-apa dalam keadaan tangan kosong. "Kondisi pertama saat saya ketemu dengan Syarifudin itu gak mengalami luka-luka yang berat atau cedera, cuma pulang kosongan ke sini," ujarnya.

"Kebetulan saya tanya-tanya kok sama-sama warga , lalu saya tanya, katanya beliau orang Proppo . Makanya saya share info di FB untuk mendapat tindak lanjuti dari pemerintah setempat," sambung dia.

Apri menginformasikan masih ada puluhan warga yang tinggal di pengungsian dan menunggu dipulangkan. "Kalau angka pastinya saya belum tahu, tapi dari 800 warga Madura yang ada di posko pengungsian Lanud Silas Papare Jayapura masih ada warga dari Kabupaten ," tandasnya.

Di sisi lain, Dinas Sosial Kabupaten mengaku belum menerima data terkait warganya yang terdampak kerusuhan di Wamena, Provinsi Papua.

"Kabar yang sampai kepada kami hanya melalui mulut ke mulut dan melalui via telepon. Memang ada katanya warga yang mau pulang dari Wamena karena terdampak kerusuhan itu," kata Sekretaris Dinas Sosial , Ivan Hidayat saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (3/9/19).

Ivan Hidayat menambahkan, sampai detik ini pihaknya masih menunggu data pasti dari Dinsos Pemprov Jatim, terkait warga yang kemungkinan terdampak korban kerusuhan di Wamena. "Kalau nanti ada akan kami kabari ke media. Tunggu saja informasinya," pungkasnya. (err/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Haul Akbar di Masjid Nurul Huda Pamekasan, Satukan Generasi dan Santri Kiai Mattawi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO