Kemenag Gelar Pembinaan Bagi KBIH se-Kabupaten Tuban

Kemenag Gelar Pembinaan Bagi KBIH se-Kabupaten Tuban Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Tuban, Umi Kulsum saat membuka kegiatan.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban menggelar pembinaan untuk Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) bertempat di aula Kemenag setempat, Ahad (29/9).

Hal itu dilakukan mengingat KBIH merupakan lembaga sosial keagamaan yang bermitra dengan pemerintah dan telah mendapatkan izin untuk melaksanakan bimbingan kepada jamaah haji sebelum keberangkatan ke tanah suci, selama perjalanan, dan saat berada di Arab Saudi.

"Keberadaan KBIH ini diharapkan mampu memberikan peningkatan pengetahuan jemaah haji, sampai dengan kepulangan ke tanah air," ujar Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah , Umi Kulsum.

Sesuai UU Nomor 13 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji, dijelaskan bahwa masyarakat baik secara perseorangan maupun dengan membentuk kelompok bimbingan dapat memberikan bimbingan ibadah haji.

"Alhamdulillah, jumlah KBIH di Tuban yang aktif ada sebanyak 12 dan semua kompak menjalin kerja sama dengan Kemenag," imbuhnya.

Sementara itu, Kasubag TU , Achmad Badrus Sholeh menegaskan, keberadaan KBIH sangatlah strategis, sehingga perlu persiapan yang baik dalam pelaksanaannya.

"Pelaksanaan manasik oleh KBIH harus senantiasa menaati pedoman operasional kelompok bimbingan manasik haji. Tujuannya agar jamaah dapat melaksanakan ibadah hajinya dengan baik dan tercapai cita-citanya mendapat haji mabrur," harap Badrus.

Kegiatan itu diikuti sekitar 70 peserta dari perwakilan KBIH masing-masing se-Kabupaten Tuban dengan narasumber Kasi Pembinaan Haji dan Umrah bidang PHU Kanwil Kemenag Provinsi Jatim, Machsun Zain, dan tamu undangan lainnya. (gun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO