Minggu, 12 Juli 2020 17:27

Kemenag Gelar Pembinaan Bagi KBIH se-Kabupaten Tuban

Minggu, 29 September 2019 21:13 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Gunawan Wihandono
Kemenag Gelar Pembinaan Bagi KBIH se-Kabupaten Tuban
Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Tuban, Umi Kulsum saat membuka kegiatan.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban menggelar pembinaan untuk Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) bertempat di aula Kemenag setempat, Ahad (29/9).

Hal itu dilakukan mengingat KBIH merupakan lembaga sosial keagamaan yang bermitra dengan pemerintah dan telah mendapatkan izin untuk melaksanakan bimbingan kepada jamaah haji sebelum keberangkatan ke tanah suci, selama perjalanan, dan saat berada di Arab Saudi.

"Keberadaan KBIH ini diharapkan mampu memberikan peningkatan pengetahuan jemaah haji, sampai dengan kepulangan ke tanah air," ujar Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Tuban, Umi Kulsum.

Sesuai UU Nomor 13 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji, dijelaskan bahwa masyarakat baik secara perseorangan maupun dengan membentuk kelompok bimbingan dapat memberikan bimbingan ibadah haji.

"Alhamdulillah, jumlah KBIH di Tuban yang aktif ada sebanyak 12 dan semua kompak menjalin kerja sama dengan Kemenag," imbuhnya.

Sementara itu, Kasubag TU Kemenag Tuban, Achmad Badrus Sholeh menegaskan, keberadaan KBIH sangatlah strategis, sehingga perlu persiapan yang baik dalam pelaksanaannya.

"Pelaksanaan manasik oleh KBIH harus senantiasa menaati pedoman operasional kelompok bimbingan manasik haji. Tujuannya agar jamaah dapat melaksanakan ibadah hajinya dengan baik dan tercapai cita-citanya mendapat haji mabrur," harap Badrus.

Kegiatan itu diikuti sekitar 70 peserta dari perwakilan KBIH masing-masing se-Kabupaten Tuban dengan narasumber Kasi Pembinaan Haji dan Umrah bidang PHU Kanwil Kemenag Provinsi Jatim, Machsun Zain, dan tamu undangan lainnya. (gun/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Jumat, 10 Juli 2020 21:04 WIB
Oleh: Ibnu Rusydi Sahara*“Sampean dari Surabaya?” Teman saya kerap menerima pertanyaan itu, manakala turun dari bus antarkota yang membawanya dari Surabaya di beberapa kota di Jawa Timur. Yang bertanya tukang ojek. Yang biasa mangkal di sep...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Sabtu, 11 Juli 2020 01:28 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...