Jumat, 15 November 2019 13:00

Kemenag Gelar Pembinaan Bagi KBIH se-Kabupaten Tuban

Minggu, 29 September 2019 21:13 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Gunawan Wihandono
Kemenag Gelar Pembinaan Bagi KBIH se-Kabupaten Tuban
Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Tuban, Umi Kulsum saat membuka kegiatan.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban menggelar pembinaan untuk Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) bertempat di aula Kemenag setempat, Ahad (29/9).

Hal itu dilakukan mengingat KBIH merupakan lembaga sosial keagamaan yang bermitra dengan pemerintah dan telah mendapatkan izin untuk melaksanakan bimbingan kepada jamaah haji sebelum keberangkatan ke tanah suci, selama perjalanan, dan saat berada di Arab Saudi.

"Keberadaan KBIH ini diharapkan mampu memberikan peningkatan pengetahuan jemaah haji, sampai dengan kepulangan ke tanah air," ujar Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Tuban, Umi Kulsum.

Sesuai UU Nomor 13 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji, dijelaskan bahwa masyarakat baik secara perseorangan maupun dengan membentuk kelompok bimbingan dapat memberikan bimbingan ibadah haji.

"Alhamdulillah, jumlah KBIH di Tuban yang aktif ada sebanyak 12 dan semua kompak menjalin kerja sama dengan Kemenag," imbuhnya.

Sementara itu, Kasubag TU Kemenag Tuban, Achmad Badrus Sholeh menegaskan, keberadaan KBIH sangatlah strategis, sehingga perlu persiapan yang baik dalam pelaksanaannya.

"Pelaksanaan manasik oleh KBIH harus senantiasa menaati pedoman operasional kelompok bimbingan manasik haji. Tujuannya agar jamaah dapat melaksanakan ibadah hajinya dengan baik dan tercapai cita-citanya mendapat haji mabrur," harap Badrus.

Kegiatan itu diikuti sekitar 70 peserta dari perwakilan KBIH masing-masing se-Kabupaten Tuban dengan narasumber Kasi Pembinaan Haji dan Umrah bidang PHU Kanwil Kemenag Provinsi Jatim, Machsun Zain, dan tamu undangan lainnya. (gun/rev)

Badai Kembali Terjang Ngawi, Panggung dan Tenda untuk Lomba Panahan di Alun-alun Porak Poranda
Sabtu, 09 November 2019 00:05 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Hujan disertai angin kencang kembali memporak-porandakan Kabupaten Ngawi, Jumat (8/11) sore. Kali ini badai angin menerjang wilayah alun-alun dan sekitarnya, yang kebetulan sedang digelar lomba panahan....
Selasa, 05 November 2019 19:40 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Taman Mozaik yang berada di Jalan Wiyung Praja Surabaya ini menambah rentetan panjang destinasi wisata taman aktif di Surabaya. Lahan yang sebelumnya rawa-rawa itu disulap Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menjadi taman y...
Rabu, 06 November 2019 12:44 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Para elit NU struktural tak bisa menyembunyikan kekecewaannya ketika Presiden Joko Widodo mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju pada 23 Oktober 2019 lalu. Kekecewaan itu dieskpresikan secara terbuka oleh Wakil Ketua PB...
Kamis, 14 November 2019 13:45 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan anak ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...