Selasa, 15 Juni 2021 05:06

Ini Dia 5 Negara dengan Pendidikan Anak Terbaik Dunia

Minggu, 29 September 2019 00:48 WIB
Editor: Redaksi
Ini Dia 5 Negara dengan Pendidikan Anak Terbaik Dunia
Ilustrasi. foto: net/finansialku

BANGSAONLINE.com - Pendidikan yang dimiliki setiap orang merupakan faktor penting untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas tinggi. Sehingga tidak heran bila negara maju dipenuhi dengan SDM yang cerdas. Hal ini karena negara maju tersebut memiliki sistem pendidikan terbaik yang diberikan kepada warganya sejak masih duduk di sekolah dasar.

5 Negara dengan Pendidikan Anak Terbaik di Dunia 

Berikut adalah penjelasan mengenai beberapa negara yang memiliki pendidikan anak terbaik dunia (referensi dari Duwitmu).

Jepang

Negara Jepang menduduki posisi kedua yang dinobatkan sebagai negara yang memiliki pendidikan terbaik. Ketika anak sedang menjalani pendidikan dasar, tiga tahun pertama akan diajarkan mengenai pendidikan karakter. Sehingga tidak heran bila masyarakat Jepang terkenal dengan kesopanan, etos kerja, dan juga kecerdasannya. Bahkan Jepang memiliki pendapatan Domestik Bruto hingga 5,96 triliun USD. Pencapaian ini tidak lepas dari SDM yang berkualitas.

BACA JUGA : 

Cegah Virus India, Inggris, dan Afsel, Khofifah Isolasi 3.636 Pekerja Migran, 33 Orang Positif

Hari Pendidikan Nasional, KPI Mengadakan iFEST dan Launching Kuanta

Soal Pendidikan di Masa Pandemi, Litbang Kemendikbud Ajak Seluruh Aktor Pendidikan Berkolaborasi

​Tantangan Pendidikan, Digitalisasi dan Ancaman 51, 8 % Potensi Pekerjaan Hilang

Hong Kong

Negara Hong Kong merupakan negara yang menerapkan standar pendidikan terbaik bagi warga negaranya. Negara tersebut menerapkan sistem pendidikan sama dengan Negara Inggris. Hal ini tentu didukung dengan para pengajar yang berkualitas juga. Bahkan Pemerintah Hong Kong rela mengeluarkan anggaran tinggi untuk menunjang kebutuhan pendidikan warganya.

Uniknya, sistem pendidikan di Hong Kong menerapkan pendidikan berbasis dunia kerja dan juga fakta yang akan terjadi. Hal ini dilakukan agar para siswa dapat terbiasa dengan kondisi pekerjaan yang akan terjadi ketika mereka sudah memasuki dunia kerja. Sehingga tidak heran bila warga Hong Kong memiliki Sumber Daya Manusia yang berkualitas.

Korea Selatan

Negara Korea Selatan memiliki standar pendidikan tinggi. Hal ini dilakukan untuk menghasilkan anak bangsa yang berkualitas tinggi. Bahkan, mereka wajib belajar di sekolah dengan waktu lama. Bagi siswa SD dan SMP harus belajar mulai dari jam 07.30 hingga 16.30. Kemudian bagi siswa SMA waktu belajar dilakukan mulai jam 08.00 hingga 22.00. Lamanya waktu belajar bagi siswa SMA tersebut dilakukan agar dapat kuliah di perguruan tinggi.

Para pelajar Negara Korea Selatan harus sekolah selama 7 hari kerja dengan waktu belajar yang sudah ditentukan. Adanya standar pendidikan anak tersebut, telah terbukti menghasilkan anak-anak yang memiliki edukasi tinggi yaitu 99,2% untuk penduduk laki laki serta 96,6% untuk penduduk perempuan.

Singapura

Negara Singapura terkenal dengan standar pendidikan, kualitas pengajar, serta infrastruktur yang diakui dunia. Hal ini karena dalam negara tersebut selalu fokus terhadap peningkatan kualitas pendidikan dasar. Ketika di kelas, semua murid diwajibkan untuk mencari dan memecahkan permasalahan yang diberikan oleh pengajar. Dari situlah murid tersebut banyak diskusi dan juga berpikir keras untuk menemukan jawaban yang tepat.

Adanya standar pendidikan yang diberlakukan membuat Singapura menempati posisi ke-5 sebagai negara yang memiliki pendidikan terbaik di dunia. Sehingga tidak heran bila sistem pendidikan layaknya sudah tertanam dalam jiwa masyarakat Singapura sendiri.

Finlandia

Pada Negara Finlandia memiliki sistem pendidikan yang terbilang santai, namun berkualitas. Hal ini dibuktikan dengan sistem belajar di negara tersebut hanya 4 hingga 5 jam saja. Tidak seperti di negara lainnya yang membutuhkan waktu belajar hingga berjam jam. Alasan waktu belajar yang sebentar tersebut dimaksud memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengetahui ilmu yang ada di luar sekolah.

Hampir semua sekolah menyandang status negeri serta dibiayai oleh pajak. Hal ini dilakukan agar semua warganya dapat menuntut ilmu tanpa memikirkan biaya sekolah. Sehingga seluruh masyarakat Finlandia memiliki pendidikan terbaik ketika masih anak-anak.

Itulah penjelasan mengenai beberapa negara yang memiliki pendidikan anak terbaik dunia. Anda dapat membiayai sekolah anak anda di salah satu negara tersebut agar mendapatkan pendidikan terbaik sejak dini. Selamat mencoba.

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Senin, 14 Juni 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Membentak dan memarahi ternyata tak selalu jelek. Kadang justru bisa mengubah sejarah. Atau mencipta sejarah.Inilah yang terjadi antara Chairul Saleh dan Mochtar Kusumaatmadja. Saat perjuangan kemerdekaan RI. Ta...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...