Sabtu, 04 April 2020 17:43

LPPM Unigoro Ikut Sejahterakan Petani Sekitar Migas Blok Cepu

Kamis, 26 September 2019 17:43 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Eky Nurhadi
LPPM Unigoro Ikut Sejahterakan Petani Sekitar Migas Blok Cepu
Laily Agustina Rachmawati, Ketua LPPM Unigoro.

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Para petani di wilayah ring 1 proyek Migas Lapangan Banyu Urip di Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, merasakan betul pendampingan yang dilakukan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bojonegoro (Unigoro).

Ketua LPPM Unigoro Laily Agustina Rachmawati mengatakan, pendampingan yang dilakukan timnya kepada masyarakat Gayam sudah dilakukan sejak tiga bulan terakhir. Tujuannya, untuk mengembangan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan petani.

"Sekolah lapang ini merupakan kerja sama LPPM Unigoro dengan ExxonMobil sebagai bentuk komitmen meningkatkan kesejahteraan petani di sekitar lokasi eksplorasi migas," kata Laily pada acara Diseminasi Sekolah Lapang di Bojonegoro, Kamis (26/9/19).

Kata dia, LPPM Unigoro sangat merespons para petani yang terkena dampak industrialisasi migas. Bahkan, tak sedikit para petani yang mengeluhkan seringnya terjadi gagal panen.

"Padahal gagal panen bukan karena efek migas saja, tetapi banyak penyebab lainnya. Misalnya pengolahan tanah tidak tepat, pupuk yang tidak seimbang, dan lainnya. Jadi setelah kita lakukan pendampingan dan berikan pengetahuan, para petani di sekitar Gayam ada peningkatan produktivitas panenannya," ungkapnya.

Wilayah yang didampingi LKPP Unigoro antara lain, Desa Bonorejo, Brabowan, Gayam, dan Mojodelik. Empat desa tersebut merupakan desa ring 1 proyek migas raksasa Blok Cepu.

Selain pendampingan kepada petani, LPPM Unigoro juga melakukan pendampingan kepada para petani muda di Bojonegoro. Sebab, kata dia, berdasarkan data yang didapat, jumlah petani muda di Kota Ledre terus menurun.

"60,2 persen petani di Bojonegoro didominasi usia 54 tahun, sisanya adalah petani muda. Nah, sebagai bentuk regenerasi, maka kami mendorong para taruna tani ikut bertani," ucapnya menambahkan. (nur/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...