Rabu, 15 Juli 2020 05:48

Pemkab Madiun Dukung Wisata Papringan Kalikerto

Minggu, 22 September 2019 22:01 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Hendro Utomo
Pemkab Madiun Dukung Wisata Papringan Kalikerto
Kabid Pengembangan Wisata Dinas Pariwisata Madiun Isbani, Kades Singgahan Irvan Jamroni dan Kepala Bapeda Kabupaten Madiun Edy Bintardjo saat launching wisata Papringan Kalikerto.

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Madiun memiliki banyak desa wisata yang tersebar di berbagai wilayah dengan keunikan dan daya tarik masing-masing. Salah satunya destinasi wisata yang baru dilaunching dengan nama Wahana Wisata dan Pasar Papringan Kalikerto di Desa Singgahan, Minggu (22/9).

Kabid Pengembangan Wisata Dinas Pariwisata Madiun Isbani menyatakan, Wisata Papringan Kalikerto sangat berpotensi sebab memiliki gabungan destinasi wisata alam, agro, dan budaya.

"Yang jelas ini destinasi yang sangat berpotensi sebab berbeda dengan destinasi yang sudah ada. Karena ini gabungan budaya, Agrowisata dan Alam dalam hal ini memanfaatkan menyusuri sungai yang indah dengan perahu," urai Isbani.

Di tempat yang sama, bupati Madiun yang diwakili Kepala Bapeda Kabupaten Madiun Edy Bintardjo menguraikan dukungan dari pemerintah daerah bisa berupa anggaran untuk mendukung wisata desa cuma syaratnya harus dipenuhi yaitu dengan membuat SK Bupati tentang destinasi wisata.

"Wisata tidak boleh statis harus berkembang sebab kita mengharapkan wisatawan kembali lagi berarti harus ada inovasi ada hal yang terbarukan. Dan pemda bisa menganggarkan cuma harus di-SK-kan dulu. Kalau sudah di-SK-kan uang pemda bisa masuk," urai Edy.

Sementara itu Kepala Desa Singgahan Irvan Jamroni optimis dengan wahana wisata barunya bisa berkembang sebab ide dan gagasan berasal dari masyarakat sehingga akan didukung oleh warga.

"Ide wisata Papringan Kalikerto dari warga, tumbuhnya dari warga, sehingga pemerintah desa akan memberi dukungan penuh dalam bentuk apapun, kita akan mendorong, menyandingkan program desa, Pemda dengan program pokdarwis untuk kebutuhan wahana," tegasnya.

Irvan menambahkan bahwa launching wisata Kalikerto sebagai pondasi untuk mengawali destinasi wisata baru di desanya.

"Destinasi wisata kita menyuguhkan agrowisata, kuliner dengan krupuk lempeng singgahan yang sudah terkenal dan kuliner yang lainnya serta alamnya. Kita ada susur sungai kurang lebih 1 Km menikmati pemandangan alam yang Indah dan kita jamin keselamatannya," pungkas Irvan. (hen/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Jumat, 10 Juli 2020 21:04 WIB
Oleh: Ibnu Rusydi Sahara*“Sampean dari Surabaya?” Teman saya kerap menerima pertanyaan itu, manakala turun dari bus antarkota yang membawanya dari Surabaya di beberapa kota di Jawa Timur. Yang bertanya tukang ojek. Yang biasa mangkal di sep...
Senin, 13 Juli 2020 23:23 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 13 Juli 2020 22:40 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...