Ribuan Relawan Ambil Bagian dalam Kegiatan WCDI di Pantai Tlanakan Pamekasan

Ribuan Relawan Ambil Bagian dalam Kegiatan WCDI di Pantai Tlanakan Pamekasan Ribuan relawan termasuk rekan-rekan Forum Wartawan Pamekasan ikut andil dalam WCDI membersihkan sampah yang ada di bibir pantai Tlanakan Pamekasan.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Ribuan relawan dari 50 komunitas dan instansi termasuk TNI - Polri di Pamekasan mengikuti World Clean Up Day Indonesia (WCDI) melakukan bersih-bersih sampah di bibir Pantai Tlanakan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Sabtu (21/9/19) pagi.

Kegiatan bersih-bersih pantai yang digelar serentak di 158 negara di dunia dalam momentum Gerakan Bersih Sampah Dunia dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Pamekasan Raja'e. Turut hadir dalam kegiatan itu Forkopimda Kabupaten Pamekasan. Juga tak ketinggalan Forum Wartawan Pamekasan (FWP) ikut ambil bagian dalam bersih-bersih pantai kali ini.

Ribuan relawan tampak membawa tempat untuk sampah yang akan dipungut di bibir pantai. Bahkan Wakil Bupati Raja'e dan Forkopimda berjibaku ikut memunngut sampah di bibir pantai yang memang banyak sampah yang menyangkut di akar pohon-pohon mangrove.

Ketua Kelompok Peduli Mangrove Madura (KPMM), Endang Tri Wahyurini mengatakan, dalam giat bersih-bersih sampah di pesisir Pantai Tlanakan kali ini tidak kurang 1.500 relawan yang ikut partisipasi demi kebersihan pantai. Mereka berasal dari 50 komunitas pendukung dan juga dari pemerintah daerah termasuk TNI-Polri, juga para murid-murid sekolah. Mereka berbaur membersihkan sampah yang ada di pinggir pantai termasuk yang banyak menyangkut di pohon mangrove.

"Kami tidak hanya melakukan bersih-bersih sampah tapi juga melakukan penanaman bibit mangrove di bibir Pantai Tlanakan," tuturnya bersemangat.

Endang berharap setelah aksi bersih-bersih sampah tersebut selesai, tidak ada lagi masyarakat yang membuang sampah sembarangan di pesisir Pantai Tlanakan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pamekasan, Amin Jabir mengatakan, dalam kegiatan WCDI Pamekasan kali ini pihaknya juga mencanangkan gerakan bersih sampah. "Jadi kami melakukan upaya Gerakan bersih sampah ini untuk mendorong kesadaran publik di sini agar mereka peduli terhadap kebersihan lingkungan," katanya.

Amin Jabir berharap setelah Pantai Tlanakan Pamekasan yang sudah dibersihkan akan tercipta lingkungan sehat. Serta kehidupan biota laut lebih terjaga dan tidak terkontaminasi oleh tumpukan sampah.

"Kegiatan bersih-bersih sampah harus terus digalakkan. Karena mewujudkan lingkungan bersih dimulai dari kesadaran diri sendiri," pungkasnya. (yen/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO