Selasa, 15 Oktober 2019 19:34

​Resmikan Balai Desa, Bupati Irsyad Minta Kades Transparan Kelola Anggaran

Rabu, 18 September 2019 18:23 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Ahmad Fuad
​Resmikan Balai Desa, Bupati Irsyad Minta Kades Transparan Kelola Anggaran
Dari kiri: Hj. Lulis Irsyad, Bupati H. M. Irsyad Yusuf, Kades Cak Mun, dan Wabup Gus Mujib.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Bupati Kabupaten Pasuruan H. M. Irsyad Yusuf serta Wakil Bupati Pasuruan KH Mujib Imron meresmikan Balai Desa Martopuro, Purwosari.

Dalam sambutanya, Irsyad berpesan kepada kepala desa supaya transparan dalam mengelola anggaran. "Supaya tidak timbul pertanyaan dari warganya," terang dia di lokasi peresmian, Rabu (18/9).

Bupati juga menyarankan supaya di depan kantor terpampang semacam banner keterangan pengelolaan anggaran, sehingga masyarakat mengetahui anggaran miliaran rupiah tersebut digunakan untuk apa saja.

"Banner pengelolaan anggaran itu seharusnya dipampang di depan halaman balai desa, biar gak tanya lagi masyarakat digawe opo (dibuat apa) anggaran 1 miliar koma sekian itu. Jadi jangan hanya banner pengumuman kegiatan ae yang dipajang," sambut bupati dengan nada bercanda.

Sebelum bupati sambutan, Kepala Desa H. Muntoha atau akrab dipanggil Cak Mun menguraikan bahwa pembangunan balai desa dan kantor ini berjalan sejak tiga tahun lalu. "Dari sumber dana yang berbeda," jelas Kades.

Muntoha menjelaskan bahwa pembangunan kantor desa dan balai desa itu diawali sejak 2016. Menurutnya, di tengah pelaksanaan pembangunan tersebut, banyak warga yang mempertanyakan. "Dana miliaran rupiah itu diperuntukkan apa saja, kok gak selesai kantornya?" ucapnya menirukan warga.

Dia menyampaikan bahwa dana miliaran itu adalah dana desa yang tidak bisa digunakan pembangunan kantor dan balai desa tersebut. "itu (yang digunakan pembangun) dana bantuan dari Pemkab dan sisanya dari masyarakat hasil dana silpa. Total keseluruhannya Rp 222.600.000," pungkasnya.

Bupati Irsyad berharap dengan diresmikan dkantor dan balai desa tersebut, sudah bisa dimanfaatkan untuk melayani masyarakat. (afa/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Senin, 14 Oktober 2019 10:04 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Rayap, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesa (KBBI), mengandung dua arti. Pertama, rayap adalah serangga (seperti semut) berwarna putih tidak bersayap. Kedua, rayap berarti orang yang mengeruk kantong orang lain.Dalam berbagai ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...