Panglima TNI Singgung Penangangan Kebakaran Hutan di Riau Saat Ziarah ke Makam Bung Karno

Panglima TNI Singgung Penangangan Kebakaran Hutan di Riau Saat Ziarah ke Makam Bung Karno Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto diwawancarai wartawan usai ziarah ke Makam Bung Karno, Rabu (18/9/2019).

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyinggung masalah penanganan kebakaran hutan di Riau saat ziarah ke Makam Bung Karno, Rabu (18/9/2019). Sebelumnya, Hadi memang telah meninjau langsung kebakaran hutan dan lahan di Riau.

Hadi mengatakan ada 5.800 pasukan darat terdiri atas pasukan TNI, Polri, BPBD, dan pecinta lingkungan yang diterjunkan di Riau. Saat ini ada 44 titik kebakaran yang sudah berhasil dipadamkan oleh pasukan darat.

"Kami sudah memantau kebakaran hutan di Riau dan melakukan monitor asap di Kalimantan. Pemadaman sejauh sudah efektif dilakukan pasukan darat. Sejumlah pasukan darat itu kami sebar di 120 titik untuk memantau peristiwa kebakaran hutan dan lahan di sana. Kami juga memadamkan api menggunakan helikopter. Ada 44 titik kebakaran yang sudah berhasil dipadamkan," ungkap Hadi Tjahjanto.

Dikatakannya, saat ini sedang dilakukan upaya menerbangkan pesawat untuk membuat hujan buatan mulai dari Sumatra dan Kalimantan. Pasukan darat memiliki waktu sekitar satu bulan untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan di Riau.

Sebab, prediksi dari BMKG, pertengahan Oktober 2019 mulai turun hujan. "Untuk di Riau upaya pembuatan hujan buatannya memang belum berhasil, tapi yang di Kalimantan sudah mulai turun hujan rintik-rintik. Kami juga membekali pasukan dengan ekskavator untuk membuat kanal baru dan memperlebar kanal yang mulai sempit untuk mengalirkan air," pungkasnya.

Kedatangan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto beserta rombongan ke Makam Bung Karno adalah dalam rangka peringatan HUT TNI ke 74, 5 Oktober nanti. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto didampingi oleh KASAU Marsekal Yuyu Sutisna dan KASAL Laksamana Siwi Sukma Aji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO