Bule Asal Prancis ini Mengurus SIM di Polresta Sidoarjo, Lulus atau Tidak, Ya?

Bule Asal Prancis ini Mengurus SIM di Polresta Sidoarjo, Lulus atau Tidak, Ya? Romain Theoleyre, bule asal Prancis saat mengurus SIM di Satpas Polresta Sidoarjo.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Ada seorang bule tampak ikut ujian praktik di Satpas Polresta , Selasa (17/9) kemarin. Dia adalah Romain Theoleyre, pria 38 tahun asal Lyon, Prancis.

Bagi sebagian orang, mengurus (Surat Izin Mengemudi) mungkin cukup menggemaskan. Berbagai tes harus dilakukan. Baik ujian tes tulis dan praktik berkendara. Belum lagi, memakan waktu. Belum tentu lulus pula.

Namun, hal tersebut tidak menjadi alasan bagi Romain Theoleyre. Ia cukup semangat mengikuti berbagai tes untuk mendapatkan surat berkendara. "Ingin jalan-jalan keliling Indonesia. Biar aman, tentu perlu driving license," terangnya.

Sebenarnya, pria yang biasa dipanggil Theo itu sudah memiliki internasional. Namun, dia mengalami musibah kehilangan dompet saat berkunjung ke Kamboja. "Harus bikin lagi sesuai aturan, sebagai tamu (WNA) yang baik," candanya.

Saat berkunjung ke Satpas Polresta , dia mengikuti tes A dan C. Bahkan, sempat memuji salah satu fasilitas canggih milik Satlantas Polresta itu. "Gak jauh berbeda di negara saya, terutama penggunaan sensor khusus di lintasan praktik," paparnya.

Sayangnya, Romain gagal dalam ujian praktik A, saat melewati tes tanjakan roda empat. "Belum terbiasa dengan mobil uji -nya, untungnya boleh mengulang tanggal 26 September nanti," terangnya.

Namun untuk C, Theo berhasil lulus, baik ujian teori maupun ujian praktiknya.

Terpisah, Kasatlantas Polresta Kompol Fahrian Saleh Siregar mengapresiasi semangat WNA tersebut. "Bule aja tertib, masa kita tidak," ujarnya.

Alumnus Akpol 2005 itu berharap agar masyarakat tidak pernah putus asa dalam melaksanakan setiap ujian pembuatan . "Tetap semangat. Kalau sudah mahir berkendara, tentu pasti lulus ujian. Sehingga, saat berkendara, tidak perlu lagi khawatir terkena razia. Bahkan, kepemilikan setidaknya mampu menekan angka kecelakaan di jalan raya. Salah satu penyebab kecelakaan karena tidak cakap saat berkendara," pungkasnya. (cat/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO