Tanamkan Pendidikan Karakter, MINU KH Mukmin Sidoarjo Gelar Lomba Kelas

Tanamkan Pendidikan Karakter, MINU KH Mukmin Sidoarjo Gelar Lomba Kelas Para juara lomba kelas MINU KH Mukmin Sidoarjo.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Upaya menanamkan pendidikan karakter kepada siswa dilakukan oleh Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama (MINU) KH Mukmin, Sidoarjo, Jawa Timur. Salah satunya dengan mengadakan lomba kelas dan pojok literasi.

Kepala MINU KH Mukmin, Nurul Hamamah mengatakan, lomba kelas sebetulnya dilaksanakan setiap bulan dengan kriteria ketertiban atau kerapian serta kebersihan kelas. Karena saat ini bertepatan dengan momen agustusan dan Muharram, pihak sekolah menambah jenis lomba yaitu lomba pojok literasi.

Menurutnya, tujuan utama dalam kegiatan ini adalah menanamkan pendidikan karakter. Contohnya pada lomba kelas ini adalah mendidik siswa bertanggung jawab, saling bekerja sama dalam hal kebaikan, menanamkan cinta bersih, indah dan rapi yang merupakan salah satu pengimplementasian dari penyempurnaan iman.

"Lomba kelas di samping memberikan tanggung jawab kepada siswa atas kelas yang ditempatinya baik kebersihan maupun ketertibannya, juga kerja sama dengan wali murid dalam pengelolaan pojok baca," kata Nurul Hamamah, Selasa (17/9).

Kegiatan lomba kelas saat itu, sambung Hamamah, juga bertapatan juga dengan MINU KH Mukmin masuk 7 besar lomba perpustakaan sekolah tingkat SD/MI di Sidoarjo. Setelah ada visitasi akhirnya mendapatakan juara dua lomba perpustakaan tingkat kabupaten.

"Tujuan kami supaya sumber belajar tidak hanya berputat di dalam kelas saja, tetapi ada pojok baca yang bermanfaat untuk anak-anak. Meski mereka bermain di kelas, tapi di sekitarnya ada buku yang bisa dibaca tanpa harus ke perpustakaan," ujarnya.

Lebih lanjut Hamamah menjelaskan, lomba kelas di samping memberikan tanggung jawab kepada siswa atas kelas yang ditempatinya agar menjaga kebersihan, maupun ketertibannya, juga kerja sama dengan wali murid dalam pengelolaan pojok baca.

"Kelas yang dinilai mulai kelas I hingga VI. Biasanya dilakukan di tiap dua bulan sekali dan secara rutin ada biala bergulir. Setiap juara mendapatkan juara. Lomba kelas ini ada 2 kategori. Kategori bersih dan rapi juara 1 kelas I Ibnu Masud, juara 2 kelas VI Abu Bakar, juara 3 kelas II Al Faraby. Kategori pojok literasi juara 1 kelas IIi Ibnu Khaldun, juara 2 kelas III Ibnu Sina dan juara 3 kelas V Khadijah," pungkasnya. (cat/ian) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO