Sabtu, 08 Agustus 2020 04:53

Tanamkan Pendidikan Karakter, MINU KH Mukmin Sidoarjo Gelar Lomba Kelas

Selasa, 17 September 2019 19:11 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Catur Andy
Tanamkan Pendidikan Karakter, MINU KH Mukmin Sidoarjo Gelar Lomba Kelas
Para juara lomba kelas MINU KH Mukmin Sidoarjo.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Upaya menanamkan pendidikan karakter kepada siswa dilakukan oleh Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama (MINU) KH Mukmin, Sidoarjo, Jawa Timur. Salah satunya dengan mengadakan lomba kelas dan pojok literasi.

Kepala MINU KH Mukmin, Nurul Hamamah mengatakan, lomba kelas sebetulnya dilaksanakan setiap bulan dengan kriteria ketertiban atau kerapian serta kebersihan kelas. Karena saat ini bertepatan dengan momen agustusan dan Muharram, pihak sekolah menambah jenis lomba yaitu lomba pojok literasi.

Menurutnya, tujuan utama dalam kegiatan ini adalah menanamkan pendidikan karakter. Contohnya pada lomba kelas ini adalah mendidik siswa bertanggung jawab, saling bekerja sama dalam hal kebaikan, menanamkan cinta bersih, indah dan rapi yang merupakan salah satu pengimplementasian dari penyempurnaan iman.

"Lomba kelas di samping memberikan tanggung jawab kepada siswa atas kelas yang ditempatinya baik kebersihan maupun ketertibannya, juga kerja sama dengan wali murid dalam pengelolaan pojok baca," kata Nurul Hamamah, Selasa (17/9).

Kegiatan lomba kelas saat itu, sambung Hamamah, juga bertapatan juga dengan MINU KH Mukmin masuk 7 besar lomba perpustakaan sekolah tingkat SD/MI di Sidoarjo. Setelah ada visitasi akhirnya mendapatakan juara dua lomba perpustakaan tingkat kabupaten.

"Tujuan kami supaya sumber belajar tidak hanya berputat di dalam kelas saja, tetapi ada pojok baca yang bermanfaat untuk anak-anak. Meski mereka bermain di kelas, tapi di sekitarnya ada buku yang bisa dibaca tanpa harus ke perpustakaan," ujarnya.

Lebih lanjut Hamamah menjelaskan, lomba kelas di samping memberikan tanggung jawab kepada siswa atas kelas yang ditempatinya agar menjaga kebersihan, maupun ketertibannya, juga kerja sama dengan wali murid dalam pengelolaan pojok baca.

"Kelas yang dinilai mulai kelas I hingga VI. Biasanya dilakukan di tiap dua bulan sekali dan secara rutin ada biala bergulir. Setiap juara mendapatkan juara. Lomba kelas ini ada 2 kategori. Kategori bersih dan rapi juara 1 kelas I Ibnu Masud, juara 2 kelas VI Abu Bakar, juara 3 kelas II Al Faraby. Kategori pojok literasi juara 1 kelas IIi Ibnu Khaldun, juara 2 kelas III Ibnu Sina dan juara 3 kelas V Khadijah," pungkasnya. (cat/ian) 

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 06 Agustus 2020 20:34 WIB
Oleh: Prof Dr Rochmat WahabPada hakekatnya manusia bermula dari lahir, tumbuh dan berkembang mencapai puncak, menurun dan berakhir dengan wafat. Inilah sunnatullah, normalnya manusia, walau pada prakteknya ada juga yang dipanggil Allah SWT, s...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...