Kamis, 17 Oktober 2019 23:40

Tanamkan Pendidikan Karakter, MINU KH Mukmin Sidoarjo Gelar Lomba Kelas

Selasa, 17 September 2019 19:11 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Catur Andy
Tanamkan Pendidikan Karakter, MINU KH Mukmin Sidoarjo Gelar Lomba Kelas
Para juara lomba kelas MINU KH Mukmin Sidoarjo.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Upaya menanamkan pendidikan karakter kepada siswa dilakukan oleh Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama (MINU) KH Mukmin, Sidoarjo, Jawa Timur. Salah satunya dengan mengadakan lomba kelas dan pojok literasi.

Kepala MINU KH Mukmin, Nurul Hamamah mengatakan, lomba kelas sebetulnya dilaksanakan setiap bulan dengan kriteria ketertiban atau kerapian serta kebersihan kelas. Karena saat ini bertepatan dengan momen agustusan dan Muharram, pihak sekolah menambah jenis lomba yaitu lomba pojok literasi.

Menurutnya, tujuan utama dalam kegiatan ini adalah menanamkan pendidikan karakter. Contohnya pada lomba kelas ini adalah mendidik siswa bertanggung jawab, saling bekerja sama dalam hal kebaikan, menanamkan cinta bersih, indah dan rapi yang merupakan salah satu pengimplementasian dari penyempurnaan iman.

"Lomba kelas di samping memberikan tanggung jawab kepada siswa atas kelas yang ditempatinya baik kebersihan maupun ketertibannya, juga kerja sama dengan wali murid dalam pengelolaan pojok baca," kata Nurul Hamamah, Selasa (17/9).

Kegiatan lomba kelas saat itu, sambung Hamamah, juga bertapatan juga dengan MINU KH Mukmin masuk 7 besar lomba perpustakaan sekolah tingkat SD/MI di Sidoarjo. Setelah ada visitasi akhirnya mendapatakan juara dua lomba perpustakaan tingkat kabupaten.

"Tujuan kami supaya sumber belajar tidak hanya berputat di dalam kelas saja, tetapi ada pojok baca yang bermanfaat untuk anak-anak. Meski mereka bermain di kelas, tapi di sekitarnya ada buku yang bisa dibaca tanpa harus ke perpustakaan," ujarnya.

Lebih lanjut Hamamah menjelaskan, lomba kelas di samping memberikan tanggung jawab kepada siswa atas kelas yang ditempatinya agar menjaga kebersihan, maupun ketertibannya, juga kerja sama dengan wali murid dalam pengelolaan pojok baca.

"Kelas yang dinilai mulai kelas I hingga VI. Biasanya dilakukan di tiap dua bulan sekali dan secara rutin ada biala bergulir. Setiap juara mendapatkan juara. Lomba kelas ini ada 2 kategori. Kategori bersih dan rapi juara 1 kelas I Ibnu Masud, juara 2 kelas VI Abu Bakar, juara 3 kelas II Al Faraby. Kategori pojok literasi juara 1 kelas IIi Ibnu Khaldun, juara 2 kelas III Ibnu Sina dan juara 3 kelas V Khadijah," pungkasnya. (cat/ian) 

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...