Kunjungi PT SIER, Gubernur Khofifah Harap PLB SIER Beri Kemudahan Akses Produk Bagi UKM-IKM

Kunjungi PT SIER, Gubernur Khofifah Harap PLB SIER Beri Kemudahan Akses Produk Bagi UKM-IKM Gubernur Khofifah saat kunjungan kerja di PT SIER di kawasan Rungkut Surabaya, Jumat (13/9/2019). foto: istimewa/ bangsaonline.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berharap keberadaan Pusat Logistik Berikat (PLB) yang berlokasi di kawasan Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) mampu memberikan kemudahan akses produk utamanya yang belum tersubtitusi bagi dan IKM di Jatim.

Menurut Khofifah, hal tersebut selaras dengan apa yang diharapkan Presiden Joko Widodo yakni menggenjot ekspor Indonesia dari sisi dan IKM. Pelaku dan IKM, kata dia, harus diberikan kemudahan untuk memperoleh pasokan bahan baku maupun bahan pendukung produksi dengan memberikan fasilitas bebas bea masuk dan Pajak Impor atas bahan baku yang berorientasi ekspor.

(Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat memberi sambutan pada acara kunjungan kerja di PT SIER di kawasan Rungkut Surabaya, Jumat (13/9/2019). foto: istimewa/ bangsaonline.com)

PLB sendiri adalah gudang multifungsi yang atas pemasukan barang impor belum dipungut bea masuk dan pajak impor. Selain itu, pemasukan barang impor PLB juga belum diberlakukan ketentuan pembatasan impor. Semua kegiatan yang dapat dilakukan di gudang di luar negeri juga dapat dilakukan di PLB, termasuk pemeriksaan surveyor.

“Hari ini jum'at (13/9) barang pertama akan masuk ke PLB. Jadi ini adalah salah satu bentuk upaya untuk memudahkan pelaku usaha. Karenanya saya ingin memastikan bahwa nanti dari Sucofindo dan SIER akan bisa mengkomunikasikan kepada importir dan eksportir untuk memenuhi kebutuhan pelaku dan IKM," ungkap Khofifah saat kunjungan ke PT. SIER, Surabaya, Jumat(13/9).

Khofifah menjelaskan, saat ini kebutuhan bahan baku pelaku dan IKM sebagian besar masih impor. Dicontohkan, industri alas kaki misalnya untuk kebutuhan sol atau alas sepatu 100% nya masih impor. Produk-produk seperti inilah yang harus disubtitusi terlebih dahulu agar pergerakan dan IKM di Jatim bisa lebih kompetitif dibandingkan tempat lain.

“Sebetulnya barang-barang atau kebutuhan apa saja yang dibutuhkan para pelaku dan IKM tetapi belum tersubtitusi di dalam negeri dan masih harus impor kita ingin hal ini bisa terkoneksi lewat PLB,” tukas orang nomor satu di Jatim ini sembari mengimbuhkan bahwa dengan PLB akan bisa memangkas dwelling time dan mereka bisa mengambil barang dan membayar pajaknya di PLB.

Selain itu, Khofifah juga melakukan peninjauan secara langsung Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) milik PT. SIER. Dalam pengolahan IPAL PT. SIER pada titik akhirnya sebelum air dibuang ke sungai ada kolam dimana ikan bisa hidup sehingga ketika air dialirkan ke sungai ikan-ikan dan habitat lainnya tetap bisa hidup. Hal ini menunjukkan, bahwa kualitas air hasil dari IPAL tersebut kualitasnya bagus.

“Kita berharap habitat-habitat sungai itu bisa kita jaga, dan kita sangat ingin menghindarkan kemungkinan pembuangan limbah yang belum diolah ke sungai,” ujarnya.

Oleh sebab itu, Khofifah berharap PT. SIER bersedia menjadi "kakak asuh" bagi perusahaan-perusahaan yang terindikasi membuang limbah yang belum memenuhi baku mutu air ke sungai. Menurutnya, hal ini sangat penting dilakukan karena salah satu index Indikator Kinerja Utama (IKU) pada RPJMD Pemprov Jatim yaitu tentang lingkungan hidup.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO