Senin, 09 Desember 2019 22:01

Abaikan SK Penundaan dari Bupati Pamekasan, P2K2 Tlonto Ares Tetap Gelar Pilkades

Kamis, 12 September 2019 15:02 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yeyen
Abaikan SK Penundaan dari Bupati Pamekasan, P2K2 Tlonto Ares Tetap Gelar Pilkades
Suasana Pilkades Desa Tlonto Ares.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) Desa Tlonto Ares, akhirnya tetap melaksanakan Pilkades, Rabu (11/9) kemarin. Padahal, Bupati Pamekasan sebelumnya sudah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) terkait penundaan Pilkades Tlontoh Ares Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan.

Menurut Ketua P2KD Tlonto Ares, Mohammad Santo, pihaknya bersikukuh tetap melaksanakan pemilihan kepala desa setempat lantaran persiapan sudah matang. Begitu juga semua proses pelaksanaan pemilihan kepala desa Tlontoh Ares sudah dilakukan sesuai prosedur.

"Terkait Pilkades Tlonto Ares ini tetap dilaksanakan sesuai dengan tahapan-tahapan yang ada. Dalam artian tidak pernah melenceng dari aturan yang ada," ungkap Mohammad Santo saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (11/9) kemarin.

Bahkan, ia mengaku siap bertarung di pengadilan seandainya hasil keputusan Pilkades ditolak oleh panitia Pemkab Pamekasan. "Kami akan menguji keabsahannya di pengadilan, nanti. Kami siap tarung," tegasnya.

Mohammad Santo juga mengklaim bahwa keputusan pihaknya menggelar Pilkades itu didukung 60 persen lebih masyarakat Desa Tlonto Ares. Hal ini dibuktikan dengan tingkat kehadiran masyarakat saat pencoblosan.

Hal senada disampaikan Abdus Salam, warga Desa Tlonto Ares. Ia mempertanyakan keputusan Bupati Pamekasan mengeluarkan SK penundaan. "Maksud dan tujuan ditunda itu apa? Coba lihat saja di lokasi, masyarakat lebih sepakat dilaksanakan sekarang. Toh apa sih yang diragukan Bupati Pamekasan itu?," ujarnya.

"SK pembatalan tidak jelas dan tidak menerangkan secara spesifik. Misal penundaan karena faktor keamanan, proses pemilihan, atau persoalan lainnya," tambahnya.

Sekadar diketahui, warga Desa Tlonto Ares sebelumnya merobek SK dangan nomor 188/448/432.013/2019 tentang penundaan Pilkades yang ditandatangani langsung Bupati Pamekasan Baddrut Tamam dan Sekretaris Daerah (Sekda) Totok Hartono di depan kantor Kecamatan Waru, pada Senin (2/9/2019) lalu.

Perobekan SK itu sebagai bentuk protes bahwa mereka menolak penundaan pemilihan kepala desa.

Di sisi lain, pantauan BANGSAONLINE.com, Pilkades Tlonto Ares yang digelar Rabu (11/9) kemarin berjalan lancar. Hasil dari Pilkades Tlonto Ares yang sudah ditetapkan BPD dan P2KD, yakni Cakades nomor urut 1 Miskalan Bakri memperoleh suara 737, Cakades nomor urut 2 Maskub memperoleh 4 suara, Cakades nomor urut 3 Abdul Wasid memperoleh 3 suara, dan Cakades nomor urut 4 Moh. Rifa'i juga memperoleh 3 suara. (yen/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 09 Desember 2019 06:11 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Untuk menyambut peringatan hari jadi Banyuwangi (Harjaba) ke-248 pada 18 Desember 2019, Kabupaten yang berjuluk The Sunrise of Java ini menggelar parade seni budaya Kuwung dengan tema "Gumelare Bumi Blambangan" Sab...
Senin, 02 Desember 2019 15:43 WIB
Oleh: Nico Ainul Yakin (Wakil Ketua DPW Nasdem Jawa Timur)HUT ke-8 Partai NasDem yang digelar DPW Partai NasDem Jawa Timur di JX International Surabaya (23/11/2019) lalu berjalan meriah dan sukses. Ribuan kader NasDem dari pelosok Jawa Ti...
Sabtu, 30 November 2019 20:10 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*76. Wa-in kaaduu layastafizzuunaka mina al-ardhi liyukhrijuuka minhaa wa-idzan laa yalbatsuuna khilaafaka illaa qaliilaan.Dan sungguh, mereka hampir membuatmu (Muhammad) gelisah di negeri (Mekah) karena engkau h...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...