BLH Pasuruan Optimis Target Bank Sampah Bisa Tercapai

BLH Pasuruan Optimis Target Bank Sampah Bisa Tercapai

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Pasuruan kembali akan menggalakkan program bank sampah di tiap-tiap desa yang belum tersentuh melalui sosialisasi secara intens. 

Hal ini bertujuan untuk membangun fisik lingkungan yang bersih dari sampah di tiap desa, serta menjadikan Kabupaten Pasuruan yang sehat.

Plt Kepala BLH Kabupaten Pasuruan Indra Hernandi menjelaskan, sejatinya program bank sampah yang dilaksanakan di Kabupaten Pasuruan sudah dirintis sejak tahun 2015 silam.

Di tahun 2019, ia mengklaim progres pembangunan bank sampah di Kabupaten Pasuruan sudah berjalan dengan baik. Dalam penanganan sampah rumah tangga tersebar di 22 kecamatan, saat ini ada sekitar 84 desa/kelurahan yang sudah memiliki bank sampah.

“Karena tiap desa yang memiliki 2–3 bank sampah. Jika dikalkulasi semuanya, bank sampah yang sudah terbentuk sebanyak 135 bank sampah,“ tambahnya.

Pihak BLH menargetkan perkembangan bank sampah di desa-desa yang belum memiliki fasilitas bank sampah. Untuk mendukung tercapainya program itu, dinas akan giat melakukan sosialisasi kepada masyarakat dengan dibantu oleh TFL (tim fasilitator lapangan). 

"Tim ini akan memberikan pengarahan nilai manfaat dengan adanya bank sampah," pungkasnya. (bib/par/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO