Rabu, 03 Juni 2020 23:58

BPCB Trowulan Cek Lokasi Penemuan Kepala Kala di Gedog, Kota Blitar

Rabu, 04 September 2019 15:51 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Akina Nur Alana
BPCB Trowulan Cek Lokasi Penemuan Kepala Kala di Gedog, Kota Blitar
Tim BPCB Trowulan saat mengecek penemuan situs purbakala di Kelurahan Gedog, Sananwetan, Kota Blitar.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Tim Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan mendatangi lokasi penemuan situs purbakala berbentuk kepala kala di Kelurahan Gedog, Sananwetan, Kota Blitar, Rabu (4/9/2019). Dari hasil pengecekan, tim BPCB mendata ada sebanyak tujuh titik temuan sementara. Di antaranya berupa tatanan dan struktur bata serta satu batu berbentuk kepala kala.

"Dari data yang kami kumpulkan mengindikasikan jika di lokasi ini merupakan komplek percandian yang cukup luas. Menurut keterangan, dulu pernah berdiri sebuah candi yang cukup megah, cuma terjadi bencana letusan Gunung Kelud hingga candi ini roboh. Ke depan BPCB akan melakukan observasi di lokasi penemuan, apakah masih bisa dilakukan penyelamatan dan eskavasi," ungkap arkeolog BPCB Trowulan, Wicaksono Dwi Nugroho.

Menurut dia, indikasi sementara situs ini merupakan bangunan era tipologi Majapahit. Indikasi itu berdasar pada temuan batu bata yang memiliki dimensi bata panjang 32 x 33 cm, kelebaran 21 - 23 cm dan ketebalan 5-7 cm.

"Kalau indikasi sementara dari ukuran bata yang ditemukan itu masuk dalam tipologi era Majapahit. Kalau dari beberapa titik ada gabungan batu bata dan batu andesit. Kelihatanya ada kombinasi arsitektural pada bangunan candi ini," jelasnya.

Wicaksono menambahkan, masih terlalu dini untuk mengetahui model candi situs tersebut. Namun dari titik temuan sisa-sisa bangunan bisa diketahui seberapa luas komplek percandian.

"Untuk bentuk masih terlalu tergesa-gesa kalau kita perkirakan sekarang. Apalagi kalau candi ini ternyata runtuh. Namun dari titik-titik temuan bisa diperkirakan luasan komplek candi. Kami memperkirakan luasnya sekitar 100 meter persegi," imbuhnya.

Sebelumnya, warga RT 2 RW 8 Kelurahan Gedog, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, dihebohkan dengan penemuan batu mirip arca benbentuk wajah atau yang biasa disebut kepala kala di kebun jagung milik warga setempat. Kepala kala adalah jenis hiasan candi, bercorak muka kepala raksasa pada pintu masuk candi Jawa.

Temuan benda purbakala ini berada di dekat situs punden Joko Panggon. Arca yang ditemukan mirip dengan dua arca yang berada di depan pintu masuk punden Joko Pangon yang telah berada di lokasi tersebut. Warga sekitar percaya punden di bawah pohon beringin raksasa tersebut merupakan tempat bersemayamnya tokoh yang membuka wilayah Gedog, bernama Joko Pangon. (ina/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Selasa, 02 Juni 2020 23:45 WIB
Oleh: M. Cholil NafisItulah kemudahan ajaran Islam. Kalau bisa dipermudah mengapa dipersulit, (yassiru wa la tu’assiru). Demikian prinsip ajaran Islam yang beradaptasi dengan kondisi dan zaman. Begitu juga soal pelaksanaan ibadah haji yang meny...
Minggu, 31 Mei 2020 18:02 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 03 Juni 2020 11:08 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <...