Selasa, 15 Oktober 2019 19:33

Jadi Modus Baru, Dua Tukang Selep Gasak Hasil Panen Kopi Warga Blitar Lewat Modifikasi Ledok

Rabu, 04 September 2019 15:45 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Akina Nur Alana
Jadi Modus Baru, Dua Tukang Selep Gasak Hasil Panen Kopi Warga Blitar Lewat Modifikasi Ledok
Dua orang warga Kabupaten Jombang diamankan polisi di Blitar. Keduanya diduga menjadi pelaku pencurian kopi hasil panen.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Dua orang warga Kabupaten Jombang diamankan polisi di Blitar. Keduanya diduga menjadi pelaku pencurian kopi hasil panen milik Djami (58) warga Dusun Tlogomulyo, Desa Balerejo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar.

Mereka adalah Ngatijan (48) warga Dusun Jombok RT 3 RW 2 Desa Jombok, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, dan Alex Revangga (24) warga Dusu Krapak, Desa Mojokrapak, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang.

Kasubag Humas Polres Blitar Iptu M Burhanudin mengatakan, kronologi kejadian berawal saat usai korban menonton karnaval di Kecamatan Wlingi. Sedampainya di rumah, korban kaget melihat delapan karung kopi hasil panen yang berada di teras rumah hanya tersisa dua karung dengan kondisi sudah diselep.

Dua karung ini masing-masing berisi biji kopi seberat 60 kg. Padahal seharusnya jika sudah diselep delapan karung biji kopi itu beratnya sekitar 230 kg.

Korban kemudian menanyakan keberadaan kopi hasil palenya ke menantunya. Saat itu menantu korban yang bernama Purwati mengatakan jika ada dua orang laki-laki menaiki ledok menyelep buah biji kopi milik korban.

"Kedua pelaku bilang kepada menantu korban kalau disuruh korban untuk menyelep biji kopi tersebut dan meminta bayaran sebesar Rp. 50 ribu," jelas Iptu M Burhanudin, Rabu (4/9/2019).

Berita pencurian kopi hasil panen inipun menyebar ke seluruh desa. Senin (2/9/2019) lalu kedua pelaku kembali berkeliling desa menggunakan ledok. Warga yang sudah mengetahui ciri-ciri pencuri kopi hasil panen milik Djami pun menghentikan kedua pelaku dan langsung mengamankan kedua pelaku ke rumah kepala desa setempat.

Oleh warga sekitar, ledok milik pelaku kemudian dicek. Benar saja, ternyata pada tabung bawah bagian belakang ditemukan kurang lebih 40 kg biji kopi. 40 kg biji kopi itu diakui pelaku milik warga lain bernama Lasemi.

Mereka membuat dua saluran pada mesin selep ledok tempat keluarnya hasil selepan. Saluran untuk menampung hasil curian lubangnya lebih besar. Sehingga hasil selepan lebih banyak yang masuk ke saluran itu, daripada saluran hasil selepan milik pelanggan.

"Warga bersama korban kemudian melaporkan kejadian ini ke Polsek Wlingi. Pelaku diamankan bersama sejumlah barang bukti. Termasuk satu buah ledok," pungkas Burhan. (ina/dur)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Senin, 14 Oktober 2019 10:04 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Rayap, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesa (KBBI), mengandung dua arti. Pertama, rayap adalah serangga (seperti semut) berwarna putih tidak bersayap. Kedua, rayap berarti orang yang mengeruk kantong orang lain.Dalam berbagai ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...