Rabu, 26 Februari 2020 04:52

Jadi Modus Baru, Dua Tukang Selep Gasak Hasil Panen Kopi Warga Blitar Lewat Modifikasi Ledok

Rabu, 04 September 2019 15:45 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Akina Nur Alana
Jadi Modus Baru, Dua Tukang Selep Gasak Hasil Panen Kopi Warga Blitar Lewat Modifikasi Ledok
Dua orang warga Kabupaten Jombang diamankan polisi di Blitar. Keduanya diduga menjadi pelaku pencurian kopi hasil panen.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Dua orang warga Kabupaten Jombang diamankan polisi di Blitar. Keduanya diduga menjadi pelaku pencurian kopi hasil panen milik Djami (58) warga Dusun Tlogomulyo, Desa Balerejo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar.

Mereka adalah Ngatijan (48) warga Dusun Jombok RT 3 RW 2 Desa Jombok, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, dan Alex Revangga (24) warga Dusu Krapak, Desa Mojokrapak, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang.

Kasubag Humas Polres Blitar Iptu M Burhanudin mengatakan, kronologi kejadian berawal saat usai korban menonton karnaval di Kecamatan Wlingi. Sedampainya di rumah, korban kaget melihat delapan karung kopi hasil panen yang berada di teras rumah hanya tersisa dua karung dengan kondisi sudah diselep.

Dua karung ini masing-masing berisi biji kopi seberat 60 kg. Padahal seharusnya jika sudah diselep delapan karung biji kopi itu beratnya sekitar 230 kg.

Korban kemudian menanyakan keberadaan kopi hasil palenya ke menantunya. Saat itu menantu korban yang bernama Purwati mengatakan jika ada dua orang laki-laki menaiki ledok menyelep buah biji kopi milik korban.

"Kedua pelaku bilang kepada menantu korban kalau disuruh korban untuk menyelep biji kopi tersebut dan meminta bayaran sebesar Rp. 50 ribu," jelas Iptu M Burhanudin, Rabu (4/9/2019).

Berita pencurian kopi hasil panen inipun menyebar ke seluruh desa. Senin (2/9/2019) lalu kedua pelaku kembali berkeliling desa menggunakan ledok. Warga yang sudah mengetahui ciri-ciri pencuri kopi hasil panen milik Djami pun menghentikan kedua pelaku dan langsung mengamankan kedua pelaku ke rumah kepala desa setempat.

Oleh warga sekitar, ledok milik pelaku kemudian dicek. Benar saja, ternyata pada tabung bawah bagian belakang ditemukan kurang lebih 40 kg biji kopi. 40 kg biji kopi itu diakui pelaku milik warga lain bernama Lasemi.

Mereka membuat dua saluran pada mesin selep ledok tempat keluarnya hasil selepan. Saluran untuk menampung hasil curian lubangnya lebih besar. Sehingga hasil selepan lebih banyak yang masuk ke saluran itu, daripada saluran hasil selepan milik pelanggan.

"Warga bersama korban kemudian melaporkan kejadian ini ke Polsek Wlingi. Pelaku diamankan bersama sejumlah barang bukti. Termasuk satu buah ledok," pungkas Burhan. (ina/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 21 Februari 2020 20:10 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Tuban mempunyai wisata edukasi baru berupa Taman Kelinci. Suasana Taman Kelinci yang terletak di tepi jalan Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban ini begitu adem, asri, dan sejuk, karena jauh dar...
Senin, 24 Februari 2020 14:06 WIB
Oleh : Firman Syah Ali*Pertama Kali saya berjumpa Habib Ahmad Bin Ismail Alaydrus pada tahun 2016 lalu di Majelis Ratib beliau di Kawasan Tapos Bogor. Waktu itu saya hadir Maulid Akbar diajak oleh kakak ipar beliau, Habib Usman Arsal Alhabsyi Jakarta...
Kamis, 20 Februari 2020 11:01 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALAyat kaji 80 ...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...