Selasa, 19 November 2019 01:51

Sekdaprov Jatim Terima Baleg DPR RI Bahas UU Sistem Pendidikan Nasional

Kamis, 29 Agustus 2019 21:56 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Didi Rosadi
Sekdaprov Jatim Terima Baleg DPR RI Bahas UU Sistem Pendidikan Nasional
Sekda Prov. Jatim didampingi Ketua Rombongan Baleg DPR RI memimpin rapat di Ruang Kertanegara Jl. Pahlawan Surabaya.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono menerima kunjungan kerja Badan Legislasi (Baleg) DPR RI di Ruang Kertanegara Kantor Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan 110 Surabaya, Kamis (29/8). Kunjungan kerja tersebut dalam rangka pemantauan dan peninjauan UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Pertemuan ini juga dihadiri oleh perwakilan dari berbagai unsur pendidikan di Jatim seperti PGRI, perwakilan perguruan tinggi negeri, serta Koperasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (Kopertais) ini. Heru mengatakan, bahwa berbagai masukan diberikan kepada rombongan dari Baleg DPR RI berdasarkan kondisi lapangan yang ada di Provinsi Jatim terkait implementasi UU Nomor 20 Tahun 2003.

Berbagai masukan tersebut di antaranya terkait perhatian serius nasib Guru Tidak Tetap dan Pegawai Tidak Tetap (GTT PTT) yang ada di Jatim. Kemudian tentang pendanaan, salah satunya terkait hibah untuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Pemberian hibah ini menurutnya perlu dilandasi peraturan yang mendasari, sehingga hibah tersebut dapat diberikan secara berkesinambungan agar kualitas pendidikan semakin baik.

“Selanjutnya tentang potensi dari kualitas peserta didik serta pengajar yang perlu diperhatikan. Jadi semua masukan ini kami harap dapat menjadi telaah dan pertimbangan dalam proses perubahan atau revisi dalam UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Rombongan Baleg DPR RI, H.M. Martri Agoeng mengatakan kunjungan kerja ini untuk mencari masukan terkait UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Di mana, dalam pelaksanaannya telah banyak pasal yang dibatalkan Mahkamah Konstitusi sehingga harus dilakukan revisi.

“Dari laporan yang masuk, sebenarnya Pemprov Jatim telah melakukan banyak terobosan. Namun bila ada kemungkinan yang belum tertampung, saya berharap dalam proses revisi UU ini bisa dimasukkan sehingga akan memperbaiki baik kualitas maupun kuantitas pendidikan kita,” jelasnya.

Melalui pertemuan ini, dirinya berharap UU Nomor 20 Tahun 2003 dapat dilakukan penyempurnaan, sehingga semakin baik dan tidak ada kelemahan. Apalagi pendidikan merupakan proses pembentukan SDM yang mendasar. Dengan adanya penyempurnaan ini, maka proses pendidikan di Indonesia akan semakin baik lagi ke depan.

“Proses masukan dari Pemprov Jatim ini dapat menjadi bahan pertimbangan penyempurnaan berikutnya. Dengan demikian, UU ini akan semakin baik dan dalam proses implementasinya yang tadinya banyak terjadi disharmoni atau pertentangan, termasuk dengan peraturan perundangan lainnya, tidak terjadi lagi,” pungkasnya. (mdr/rev)

Badai Kembali Terjang Ngawi, Panggung dan Tenda untuk Lomba Panahan di Alun-alun Porak Poranda
Sabtu, 09 November 2019 00:05 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Hujan disertai angin kencang kembali memporak-porandakan Kabupaten Ngawi, Jumat (8/11) sore. Kali ini badai angin menerjang wilayah alun-alun dan sekitarnya, yang kebetulan sedang digelar lomba panahan....
Jumat, 15 November 2019 23:45 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Wisata Budaya Taneyan Lanjhang yang terletak di Dusun Buddagan I Desa Larangan Luar Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan semakin diminati wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Taneyan Lanjhang merupakan rum...
Rabu, 06 November 2019 12:44 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Para elit NU struktural tak bisa menyembunyikan kekecewaannya ketika Presiden Joko Widodo mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju pada 23 Oktober 2019 lalu. Kekecewaan itu dieskpresikan secara terbuka oleh Wakil Ketua PB...
Senin, 18 November 2019 12:31 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*71. Yawma nad’uu kulla unaasin bi-imaamihim faman uutiya kitaabahu biyamiinihi faulaa-ika yaqrauuna kitaabahum walaa yuzhlamuuna fatiilaan.(Ingatlah), pada hari (ketika) Kami panggil setiap umat dengan pemimpi...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...