C​awali Surabaya yang Kini Muncul Tak Layak, Nasdem: Mereka Baru Pemain Latar

C​awali Surabaya yang Kini Muncul Tak Layak, Nasdem: Mereka Baru Pemain Latar Sudarsono Rahman, SH. foto: istimewa/ bangsaonline.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ketua Partai Nasdem Kota Surabaya, Sudarsono Rahman, menilai bahwa beberapa calon wali kota Surabaya yang kini muncul menghiasi media mainstream dan media sosial tak ada yang layak.

“Mereka (Cawali) baru pemain latar (figuran-red). Jangankan bisa menyamai Risma, yang cocok untuk masyarakat Surabaya saja nggak ada,” kata Sudarsono Rahman kepada BANGSAONLINE.com, Kamis (22/8/2019). Yang dimaksud Risma adalah Tri Rismaharini, Wali Kota Surabaya sekarang.

Sudarsono mengatakan bahwa kota Surabaya membutuhkan figur calon wali kota yang benar-benar berkualitas dan punya kemampuan lebih. “Surabaya ini kan kota terbesar kedua setelah Jakarta. Kota Surabaya adalah barometer semua kota seluruh Indonesia. Jadi warga Surabaya butuh figur yang betul-betul mau bekerja keras dan mampu memimpin kota Surabaya,” kata Sudarsono yang mantan Ketua Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Jawa Timur itu.

Ia mengaku tak mempersoalkan latar belakang calon wali kota yang akan datang. “Bisa dari profesional, bisa birokrat, dan juga bisa dari partai atau yang lain. Tapi figur itu harus bisa menyamai Risma,” kata kader NU asal Bawean Gresik itu.

Ketika BANGSAONLINE.com bertanya apa prestasi Risma kok dijadikan barometer calon wali kota ke depan, Sudarsono menjawab bahwa ia mampu mempercepat kinerja birokrasi. “Risma bisa mempercepat leletnya (lambannya-red) kerja birokrasi di Surabaya,” katanya. Menurut dia, jika kinerja birokrasi cepat, maka akan cepat pula Surabaya mencapai kemajuan.

Apa Nasdem akan mendukung calon wali kota yang didukung Risma yang kabarnya mendukung Eri Cahyadi, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeko) Kota Surabaya? Suara Sudarsono langsung meninggi. “Dia kan birokrat. Apa prestasi yang ditunjukkan Eri Cahyadi selama ini?,” tanya Sudarsono dengan nada tinggi.

Lalu siapa calon yang layak untuk mimpin Kota Surabaya? “Mari kita cari bareng-bareng,” katanya. Ia mengajak semua pimpinan partai di Surabaya agar tidak mengedepankan ego dan fanatisme internal partai dengan menampilkan kader sendiri tanpa mempertimbangkan kemampuan dan kualitas. “Kalau saya siapa pun yang layak kita dukung, asal kualitasnya bagus,” katanya.

Kalau di Nasdem apa ada kader yang layak ? “Kalau diminta, Partai Nasdem juga siap. Banyak kader yang cukup layak dicalonkan sebagai cawali dan cawawali Surabaya,” jawabnya.

Siapa? “Untuk Cawali ada Ipong Muchlisoni (Bupati Ponorogo). Untuk Cawawali ada Vinsensius Awey (anggota DPRD Kota Surabaya),” ujarnya sembari mengatakan bahwa Nasdem konsisten dengan politik tanpa mahar dan akan mendorong calon wali kota yang dikehendaki warga Surabaya. (tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO