Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan, Polsek Mlarak Pasang Peringatan

Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan, Polsek Mlarak Pasang Peringatan Kapolsek Mlarak mengajak semua elemen masyarakat untuk selalu mencegah kebakaran dengan memasang peringatan.

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - Guna mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan, anggota beserta Polsek Mlarak gencar melakukan imbauan kepada warga, salah satunya dengan memasang banner peringatan. Sebab, selama ini masih banyak warga yang membuka lahan dengan cara dibakar, Senin (19/08).

Adapun banner tersebut dipasang di tempat-tempat yang rawan terhadap kebakaran, seperti hutan, lahan kosong, dan wilayah perbukitan.

“Banner imbauan sengaja kami pasang di tempat-tempat yang rawan dari hasil pemetaan kami, sebagai upaya kami mencegah terjadinya kebakaran lahan dan hutan saat memasuki musim kemarau,” kata Kapolsek Mlarak AKP Sudaroini.

"Tujuan kami berupaya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk menjaga serta merawat lingkungan, seperti salah satunya dengan cegah kebakaran lahan dan hutan, dengan tidak membuang puntung rokok sembarangan yang merupakan salah satu faktor penyebab kebakaran. Serta, agar masyarakat tidak melakukan tindakan membuka ladang atau kebun dengan cara dibakar, karena sama-sama kita ketahui saat ini telah musim kemarau," lanjutnya.

Ia juga mengimbau kepada Bhabinkamtibmas di tiap-tiap desa binaannya, untuk turut menyosialisasikan dan mengajak masyarakat untuk meminimalisir segala kegiatan yang akan menyebabkan kebakaran. "Mereka (Bhabinkamtibmas) juga wajib berpatroli di wilayah binaannya, dan harus selalu peka setiap adanya pembakaran hutan oleh oknum warga binaannya," tegasnya.

"Tentunya Bhabinkamtibmas akan selalu berkoordinasi dengan pihak Perhutani, pihak desa dan melaporkan kepada pimpinan untuk melakukan tindakan," pungkasnya. (nov/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO