Sabtu, 25 Januari 2020 12:19

Peringati HUT RI, Risma ​Canangkan Kebun Raya Mangrove Pertama di Dunia

Sabtu, 17 Agustus 2019 01:45 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Arianto
Peringati HUT RI, Risma ​Canangkan Kebun Raya Mangrove Pertama di Dunia
Wali Kota Risma bersama Forkopimda sedang menanam pohon mangrove. foto: YUDI A/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini bersama jajaran melakukan penanaman 50 ribu pohon dan menebar 15 ribu benih ikan di Bozem Medokan Sawah Timur Surabaya, Jumat (16/08/19) pagi. Hal ini dilakukan dalam rangka memperingati HUT ke-74 RI.

Kegiatan penanaman pohon ini diikuti sekitar 500 peserta yang terdiri dari Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Surabaya, gabungan perusahaan-perusahaan yang memberikan CSR, serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

Dalam sambutannya, Risma mengungkapkan, pada tahun 2010 wilayah Gunung Anyar ketika musim hujan mengalami banjir. Perumahan-perumahan di sekitarnya juga ikut terendam. Maka dari itu, pihaknya terus melakukan upaya salah satunya penanaman pohon mangrove untuk menanggulangi permasalahan tersebut.

Ia menjelaskan, selain bertujuan untuk menekan banjir dan polusi udara, penanaman mangrove ini juga mampu meminimalisir dampak patahan aktif yang dapat menyebabkan terjadinya gempa atau bencana alam yang lain. 

“Ini karena kita sudah menyiapkan ketahanan dimulai dari tanahnya. Kalau mangrove ini akarnya berada di kedalaman sampai 100 meter, jadi sangat kuat,” jelasnya.

Menurutnya, luas lahan di wilayah mangrove Gunung Anyar yang mencapai 46 hektare ini akan ditanami berbagai jenis mangrove secara bertahap. Sebab, pihaknya telah mencanangkan bahwa kelak wilayah ini akan menjadi Kebun Raya Mangrove pertama di dunia. 

“Nanti akan terus kita tambah, ini akan menjadi Kebun Raya Mangrove pertama di dunia. Yang penting kita getol dalam melakukan penanaman tersebut,” katanya.

Tidak hanya itu, nantinya kawasan ini akan dihubungkan dengan Wisata Hutan Mangrove yang berada di Wonorejo. Pihaknya memastikan sedang mencari jalan untuk menyambungkan ke kawasan di Mangrove Wonorejo itu. 

“Jadi ini rencana akan kami buat nyambung, tapi kami masih cari cara karena agak rumit. Sebab, di Wonorejo ada Sungai Brantasnya besar,” imbuhnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya, Erna Purnawati menambahkan, sebanyak lima jenis pohon mangrove yang ditanam pada pagi ini. Di antaranya, ada Rispora Mikronanta, Rispora Spilosa, Alur, Paku Laut dan Waru.

“Kalau Rispora Mikronanta dan Spilosa ini hampir sama, bedanya hanya di warna pohon dan lebar daunnya, kalau pohon lain yang ditanam ada Ketapeng, Nyamplung, Trembesi dan Sampu Tangan. Mungkin 50 ribu pohon lagi kira-kira yang dibutuhkan,” tambahnya. (ian/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 20 Januari 2020 10:16 WIB
KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Lembah Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu tidak hanya menyimpan potensi wisata pemandian air panasnya yang sangat terkenal itu.Satu aset wisata terpendam Kota Batu yang belum tergali adal...
Senin, 13 Januari 2020 16:17 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanKHM Yusuf Hasyim wafat pada 14 Januari 2007. Putra Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy'ari itu selain dikenal sebagai tokoh NU dan komandan Laskar Hizbullah juga pengasuh Pesantren Tebuireng selama 41 tahun (1965-2006). Untuk mengenan...
Sabtu, 25 Januari 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*80. Waqul rabbi adkhilnii mudkhala shidqin wa-akhrijnii mukhraja shidqin waij’al lii min ladunka sulthaanan nashiiraan.Dan katakanlah (Muhammad), ya Tuhanku, masukkan aku ke tempat masuk yang benar dan keluark...
Selasa, 21 Januari 2020 13:25 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...