Sabtu, 04 Juli 2020 16:57

Mahmud, Calon Anggota DPRD Gresik Terpilih Asal Nasdem Divonis 2 Tahun Penjara

Kamis, 15 Agustus 2019 21:17 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Mahmud, Calon Anggota DPRD Gresik Terpilih Asal Nasdem Divonis 2 Tahun Penjara
Terdakwa Mahmud ketika menjalani sidang vonis. foto: ist

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Mahmud, calon anggota DPRD Gresik terpilih periode 2019-2024 divonis hukuman 2 tahun penjara dalam sidang agenda putusan di Pengadilan Negeri (PN) Gresik, Kamis (15/8).

Hakim Putu Gde Hariadi yang memimpin sidang, manyatakan terdakwa terbukti secara sah melakukan tindak pidana penipuan dalam penjualan tanah, sebagaimana pasal 378 KUHP.

Vonis tersebut lebih ringan dari tuntutan jaksa sebelumnya, yakni hukuman penjara selama 3 tahun. Jaksa menuntut terdakwa melanggar pasal 372 KUHP, yakni melakukan tindak pidana penggelapan.

Dalam amar putusannya, majelis hakim berpendapat apa yang dilakukan terdakwa dengan menerima uang hampir Rp 15,3 miliar untuk pembebasan tanah dari PT. Bangun Sarana Baja (BSB), adalah perbuatan melawan hukum. Apalagi uang tersebut tidak dipergunakan sebagaimana yang tertuang dalam perjanjian.

"Terdakwa terbukti menyuruh saksi Kastar dan Rodiyah untuk mencari tanah dan diberi cek giro kosong alias tidak ada uangnya. Padahal terdakwa sudah menerima pembayaran dari PT. BSB meskipun tidak semuanya diberikan sesuai perjanjian. Perbuatan terdakwa merupakan tindak pidana penipuan," jelas Putu Gde Hariadi.

"Untuk itu, menghukum terdakwa dengan hukuman penjara selama 2 tahun," sambungnya.

Atas vonis tersebut, terdakwa melalui kuasa hukumnya Michael dan Gunadi langsung menyatakan banding. "Maaf yang mulia, kalau diperkenankan kami ingin mengajukan penangguhan agar terdakwa dapat dikeluarkan dari penjara hanya untuk mengikuti pelantikan sebagai anggota dewan tanggal 23 Agustus," pinta kuasa hukum terdakwa, Gunadi.

Atas permintaan itu, Majelis Hakim Putu Gde Hariadi mengatakan bahwa ketika sudah menyatakan banding, maka status tahanan terdakwa beralih ke pengadilan tinggi.

Sementara usai sidang, Michael mengatakan bahwa putusan untuk kliennya tidak adil. Pasalnya, Hakim memutus terdakwa melanggar Pasal 378 yakni penipuan, sehingga tidak sesuai dengan jaksa yang menuntut terdakwa melanggar pasal 372, yakni penggelapan.

"Fakta ini jelas penggelapan yang dituduhkan jaksa tidak terbukti. Anehnya, hakim membalik perkara ini dengan pasal penipuan. Otomatis, saksi dan alat bukti yang dihadirkan oleh jaksa tidak bisa menjerat terdakwa dengan pasal penggelapan dengan pelapor PT. BSB," terang Michael.

"Majelis hakim seharusnya jeli saat memutus perkara ini. Saya perlu jelaskan yang menjadi pelapor kan PT. BSB, bukan Rodiah dan Kastar. Dengan putusan 378 jelas unsur penggelapan yang dituduhkan pada terdakwa tidak terbukti. Seharusnya, hakim membebaskan terdakwa," pungkasnya. (hud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Rabu, 01 Juli 2020 18:44 WIB
Oleh Fandi Akhmad Yani (Gus Yani)*Kring... Kring.. Kring.. "Hallo Pak Ketua". Terdengar suara lirih dari depan kantor DPRD Gresik saat saya keluar dari kantor. Adalah Mbah Amang Genggong. Sudah menjadi kebiasaannya setiap kali melintas di depan ged...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Jumat, 03 Juli 2020 22:23 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...