Sabtu, 17 Agustus 2019 23:06

​Plt Bupati Malang Buka Bursa Inovasi Desa 2019

Selasa, 13 Agustus 2019 23:57 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Tuhu Priyono
​Plt Bupati Malang Buka Bursa Inovasi Desa 2019
Plt Bupati Malang saat menabuh kentongan dalam rangka membuka bursa inovasi desa.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Anggaran yang berasal dari Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) yang bertujuan untuk meningkatkan pembangunan kawasan perdesaan secara merata, yang bertumpu pada peningkatan perekonomian masyarakat terus direalisasikan pemerintah desa (Pemdes). Dengan melalui berbagai inovasi dan kreatifitas untuk mengembangkan desanya masing-masing.

Seperti halnya di Kabupaten Malang, Pemkab Malang juga terus mendorong berbagai inovasi desa dengan memanfaatkan DD dan ADD. Mulai dari pendampingan, sosialisasi dan pengawasan terus dilakukan Pemkab Malang bersama Aparat Penegak Hukum. Dengan harapan, anggaran DD dan ADD yang digelontorkan pemerintah pusat dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh Pemdes untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Hal ini pula yang dikatakan Plt Bupati Malang Drs. H. M. Sanusi saat membuka bursa inovasi desa Kabupaten Malang di Bululawang, Selasa (13/8).

“DD dan ADD setiap desa sangat besar dan jumlahnya bervariasi. Pemdes harus mampu menciptakan inovasi-inovasi baru untuk mengembangkan desanya. Tujuannya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat melalui berbagai bidang," kata Sanusi.

Meski diakui masih ada kepala desa maupun Pemdes yang kurang mengerti terhadap pengelolaan DD dan ADD , namun Sanusi memastikan bahwa Pemkab terus melakukan pendampingan agar pengelolaan dana tersebut tepat sasaran sesuai UU peruntukan DD dan ADD.

"Jangan lantas melihat dana besar kita lupa diri, dan menyalahgunakan DD dan ADD, karena dipastikan tidak ada kata ampun bagi oknum Pemdes yang menyelewengkan DD dan ADD. Ini sangat merugikan masyarakat,” ujar Sanusi

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Drs.H Suwadji.Msi menuturkan, bursa inovasi desa Kab. Malang tahun 2019 ini dilaksanakan dalam 4 cluster yaitu cluster 1 di Pujon yang diikuti 8 kecamatan, cluster 2 di Bululawang diikuti 8 kecamatan, cluster 3 di Kepanjen diikuti 9 kecamatan, dan cluster 4 di Kecamatan Turen yang diikuti 8 kecamatan.

“Program Inovasi Desa ini dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan Dana Desa dalam mewujudkan desa yang kreatif, inovatif, maju, mandiri, dan sejahtera,” ujar Suwadji.

Mantan Kabag Humas tersebut mengaharapkan Bursa Inovasi Desa ini menjadi ajang bertukar ide dan inovasi mengembangkan pembangunan desa melalui berbagai bidang.

“Adanya anggaran DD dan ADD bisa dijadikan modal awal semua pemangku kepentingan di desa untuk mengembangkan semua potensi desa sehingga dari inovasi pengembangan desa tersebut, perekonomian masyarakat dipastikan meningkat sehingga pemerataan kesejahteraan masyarakat dapat teralisasi dan tepat sasaran,” tutur Suwadji. (thu/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 09 Agustus 2019 19:52 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri memiliki destinasi wisata baru bernama Dewi Cemara. Obyek wisata berbasis pertanian dan peternakan di Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri ini telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Kamis, 18 Juli 2019 13:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag57. Ulaa-ika alladziina yad’uuna yabtaghuuna ilaa rabbihimu alwasiilata ayyuhum aqrabu wayarjuuna rahmatahu wayakhaafuuna ‘adzaabahu inna ‘adzaaba rabbika kaana mahtsuuraanOrang-orang yang mereka seru itu, ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...