Selasa, 17 September 2019 12:30

Gelar Urun Rembug Tokoh Pers, Sosialisasikan Kompetisi Nasional Media Piala Presiden 2019

Jumat, 09 Agustus 2019 09:53 WIB
Editor: Nur Syaifuddin
Wartawan: Abdurrahman Ubaidah
Gelar Urun Rembug Tokoh Pers, Sosialisasikan Kompetisi Nasional Media Piala Presiden 2019
Ketua Umum ATVSI Ishadi SK memberikan buku karyanya, Media dan Kekuasaan kepada Ketua Dewan Pers M Nuh, di acara Urun Rembug Tokoh Pers, kamis (8/8/2019).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Panitia Penyelenggara Kompetisi Nasional Media Piala Presiden 2019 menggelar dialog dan Urun Rembug Tokoh Pers, di Hotel Santika Jemursari, Surabaya, Kamis (8/8/2019).

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari sosialisasi Kompetiai Nasional Media Piala Presiden bertema Cepat Majulah Bangsaku yang dilakukan di berbagai kota. Hal itu disampaikan Ketua Panitia, Margiono.

Melalui kegiatan ini diharapkan mampu mengidentifikasi masalah sekaligus jalan keluar terhadap persoalan-persoalan besar yang dihadapi bangsa Indonesia, terurtama berkaitan dengan isu-isu strategis bangsa.

"Presiden RI Joko Widodo sangat mengapresiasi dukungan media dalam membantu pemerintah, mengatasi berbagai tantangan penting yang tengah dihadapi bangsa Indonesia,: jelasnya. Apresiasi presiden ini kemudian dilembagakan melalui ajang Piala Presiden – Kompetisi Nasional Media Piala Presiden.

Forum urun rembug yang dipandu moderator Anggota Dewan Pers Agus Sudibyo itu menghadirkan Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh, Wakil Ketua Dewan Pers Bambang Harymurti, Ketua Umum Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI) Ishadi SK, CEO Radio Suara Surabaya Errol Jonathans, dan sejumlah tokoh pers di Jawa Timur.

Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh yang hadir di acara urun rembug menyambut kegiatan kompetisi jurnalistik tersebut.

“Kompetisi yang dirancang oleh kawan-kawan media ini untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kualitas, ini yang mahal. Dari situlah cara yang paling lazim, ya diadu mana yg paling baik,” kata Nuh, kemarin.

Dari situ, lanjut Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut, bakal ada motivasi untuk memperbaiki secara terus menerus. Oleh sebab itu, laiknya pemenang pun akan diberikan penghargaan.

“Zaman telah berubah, dan program Dewan Pers ingin terus melakukan upgrading, updating dan kompetisi dari para jurnalis. Dengan begitu, kawan-kawan bisa menyajikan berita yang bagus,” jelasnya.

Wakil Ketua Dewan Pers Bambang Harymurti mengaku sangat mengapresiasi penyelenggaraan Piala Presiden untuk kalangan wartawan. Dia berharap, ajang ini dapat memberikan kontribusi yang positif dan berkelanjutan bagi pembangunan bangsa.

"Event Piala Presiden Kompetisi Nasional Media ini sangat bagus. Saya sangat mengapresiasi. Semoga, kompetisi ini berjalan sportif, dan memberikan hal positif bagi khalayak," ujar mantan Pemimpin Redaksi Tempo.

Sebagaimana Bambang, CEO Radio Suara Surabaya Errol Jonathanssangat mendukung penyelenggaraan event ini. Media massa, katanya, harus mempunyai kekuatan menghimpun dan mengerakkan untuk melakukan sesuatu.

"Sehingga, perlu kolaborasi hangat antara media, khalayak dan pemerintah. Dan ini terakomodasi dalam ajang Piala Presiden Kompetisi Nasional Media," tandasnya.

Anggota Dewan Pers Agus Sudibyo memaparkan detil teknis pelaksanaan Piala Presiden Kompetisi Nasional Media, yang malam puncaknya akan dihelat di Jakarta, pada 10 Oktober mendatang.

Piala Presiden Kompetisi Nasional Media 2019 mengambil lima tema besar. Pertama, Persatuan dan Kerukunan Bangsa; Kedua, Percepatan dan Pemerataan Pembangunan Berkesejahteraan Sosial.

Ketiga, Pendidikan dan Pengembangan SDM di Era 4.0. Keempat. Pengembangan Industri Berbasis Pemanfaatan Teknologi Digital; Kelima.Pariwisata sebagai Sumber Utama Ekonomi Nasional.

Kompetisi ini dapat diikuti oleh media nasional maupun daerah, untuk kategori karya jurnalistik (cetak, TV dan Radio, media siber), dan tajuk rencana.

Karya yang diikutsertakan dalam kompetisi adalah karya yang dipublikasikan melalui media utama maupun media sosial, dalam periode waktu 1 Januari – 15 September 2019. Namun, belum pernah dikirim ke kompetisi serupa.

Peserta individu juga dapat ikut serta dalam kompetisi ini, namun hanya untuk kategori artikel opini yang dimuat media massa cetak dan siber. Serta karya audio-visual yang dipublikasikan melalui media sosial.

Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui www.kompetisinasionalmedia.id, Facebook Page (FP) Kompetisi Nasional Media, Twitter @knpialapresiden, dan Instagram @knmpialapresiden. (dur/ns)

(Para peserta Urun Rembug Tokoh Pers foto bersama seusai dialog). 

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Jumat, 13 September 2019 23:27 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...