Selasa, 12 November 2019 23:59

Gelar Urun Rembug Tokoh Pers, Sosialisasikan Kompetisi Nasional Media Piala Presiden 2019

Jumat, 09 Agustus 2019 09:53 WIB
Editor: Nur Syaifuddin
Wartawan: Abdurrahman Ubaidah
Gelar Urun Rembug Tokoh Pers, Sosialisasikan Kompetisi Nasional Media Piala Presiden 2019
Ketua Umum ATVSI Ishadi SK memberikan buku karyanya, Media dan Kekuasaan kepada Ketua Dewan Pers M Nuh, di acara Urun Rembug Tokoh Pers, kamis (8/8/2019).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Panitia Penyelenggara Kompetisi Nasional Media Piala Presiden 2019 menggelar dialog dan Urun Rembug Tokoh Pers, di Hotel Santika Jemursari, Surabaya, Kamis (8/8/2019).

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari sosialisasi Kompetiai Nasional Media Piala Presiden bertema Cepat Majulah Bangsaku yang dilakukan di berbagai kota. Hal itu disampaikan Ketua Panitia, Margiono.

Melalui kegiatan ini diharapkan mampu mengidentifikasi masalah sekaligus jalan keluar terhadap persoalan-persoalan besar yang dihadapi bangsa Indonesia, terurtama berkaitan dengan isu-isu strategis bangsa.

"Presiden RI Joko Widodo sangat mengapresiasi dukungan media dalam membantu pemerintah, mengatasi berbagai tantangan penting yang tengah dihadapi bangsa Indonesia,: jelasnya. Apresiasi presiden ini kemudian dilembagakan melalui ajang Piala Presiden – Kompetisi Nasional Media Piala Presiden.

Forum urun rembug yang dipandu moderator Anggota Dewan Pers Agus Sudibyo itu menghadirkan Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh, Wakil Ketua Dewan Pers Bambang Harymurti, Ketua Umum Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI) Ishadi SK, CEO Radio Suara Surabaya Errol Jonathans, dan sejumlah tokoh pers di Jawa Timur.

Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh yang hadir di acara urun rembug menyambut kegiatan kompetisi jurnalistik tersebut.

“Kompetisi yang dirancang oleh kawan-kawan media ini untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kualitas, ini yang mahal. Dari situlah cara yang paling lazim, ya diadu mana yg paling baik,” kata Nuh, kemarin.

Dari situ, lanjut Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut, bakal ada motivasi untuk memperbaiki secara terus menerus. Oleh sebab itu, laiknya pemenang pun akan diberikan penghargaan.

“Zaman telah berubah, dan program Dewan Pers ingin terus melakukan upgrading, updating dan kompetisi dari para jurnalis. Dengan begitu, kawan-kawan bisa menyajikan berita yang bagus,” jelasnya.

Wakil Ketua Dewan Pers Bambang Harymurti mengaku sangat mengapresiasi penyelenggaraan Piala Presiden untuk kalangan wartawan. Dia berharap, ajang ini dapat memberikan kontribusi yang positif dan berkelanjutan bagi pembangunan bangsa.

"Event Piala Presiden Kompetisi Nasional Media ini sangat bagus. Saya sangat mengapresiasi. Semoga, kompetisi ini berjalan sportif, dan memberikan hal positif bagi khalayak," ujar mantan Pemimpin Redaksi Tempo.

Sebagaimana Bambang, CEO Radio Suara Surabaya Errol Jonathanssangat mendukung penyelenggaraan event ini. Media massa, katanya, harus mempunyai kekuatan menghimpun dan mengerakkan untuk melakukan sesuatu.

"Sehingga, perlu kolaborasi hangat antara media, khalayak dan pemerintah. Dan ini terakomodasi dalam ajang Piala Presiden Kompetisi Nasional Media," tandasnya.

Anggota Dewan Pers Agus Sudibyo memaparkan detil teknis pelaksanaan Piala Presiden Kompetisi Nasional Media, yang malam puncaknya akan dihelat di Jakarta, pada 10 Oktober mendatang.

Piala Presiden Kompetisi Nasional Media 2019 mengambil lima tema besar. Pertama, Persatuan dan Kerukunan Bangsa; Kedua, Percepatan dan Pemerataan Pembangunan Berkesejahteraan Sosial.

Ketiga, Pendidikan dan Pengembangan SDM di Era 4.0. Keempat. Pengembangan Industri Berbasis Pemanfaatan Teknologi Digital; Kelima.Pariwisata sebagai Sumber Utama Ekonomi Nasional.

Kompetisi ini dapat diikuti oleh media nasional maupun daerah, untuk kategori karya jurnalistik (cetak, TV dan Radio, media siber), dan tajuk rencana.

Karya yang diikutsertakan dalam kompetisi adalah karya yang dipublikasikan melalui media utama maupun media sosial, dalam periode waktu 1 Januari – 15 September 2019. Namun, belum pernah dikirim ke kompetisi serupa.

Peserta individu juga dapat ikut serta dalam kompetisi ini, namun hanya untuk kategori artikel opini yang dimuat media massa cetak dan siber. Serta karya audio-visual yang dipublikasikan melalui media sosial.

Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui www.kompetisinasionalmedia.id, Facebook Page (FP) Kompetisi Nasional Media, Twitter @knpialapresiden, dan Instagram @knmpialapresiden. (dur/ns)

(Para peserta Urun Rembug Tokoh Pers foto bersama seusai dialog). 

Badai Kembali Terjang Ngawi, Panggung dan Tenda untuk Lomba Panahan di Alun-alun Porak Poranda
Sabtu, 09 November 2019 00:05 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Hujan disertai angin kencang kembali memporak-porandakan Kabupaten Ngawi, Jumat (8/11) sore. Kali ini badai angin menerjang wilayah alun-alun dan sekitarnya, yang kebetulan sedang digelar lomba panahan....
Selasa, 05 November 2019 19:40 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Taman Mozaik yang berada di Jalan Wiyung Praja Surabaya ini menambah rentetan panjang destinasi wisata taman aktif di Surabaya. Lahan yang sebelumnya rawa-rawa itu disulap Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menjadi taman y...
Rabu, 06 November 2019 12:44 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Para elit NU struktural tak bisa menyembunyikan kekecewaannya ketika Presiden Joko Widodo mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju pada 23 Oktober 2019 lalu. Kekecewaan itu dieskpresikan secara terbuka oleh Wakil Ketua PB...
Sabtu, 02 November 2019 09:18 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan anak ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...