Sambut HUT RI, Kelurahan Kertosari Banyuwangi Gelar Gerak Jalan Emak-emak

Sambut HUT RI, Kelurahan Kertosari Banyuwangi Gelar Gerak Jalan Emak-emak Kontingen regu emak-emak 04 saat melintasi rute persawahan.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Menyambut datangnya Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Indonesia, Kelurahan Kertosari , Jawa Timur mengadakan kegiatan gerak jalan emak-emak bertajuk "Kertosari Yes", Minggu pagi (4/8/2019).

Kegiatan gerak jalan ini sebagai wujud menggugah jiwa masyarakat untuk bisa menanamkan semangat kemerdekaan dan mengisinya dengan hal-hal yang positif dan bermanfaat.

Lurah Kertosari Joko Handoko dalam sambutannya mengucapkan, gerak jalan ini merupakan rangkaian kegiatan untuk menyemarakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 tahun. Kegiatan ini juga sebagai ajang untuk silaturahmi dan mempersatukan warga Kertosari agar bisa guyub dan rukun. 

"Saya sangat bersyukur dan bangga atas kebersamaan masyarakat Kertosari yang ikut berpartisipasi menyemarakkan kegiatan ini yang penuh semangat dan sangat kompak. Rangkaian kegiatan agustusan ini bertujuan untuk bersama-sama membangun Kelurahan Kertosari ke depan agar bisa lebih baik dan maju," ucapnya saat memberangkatkan perserta gerak jalan.

Rute yang dilewati kontingen regu emak-emak ini adalah lintasan flat dengan menyuguhkan panorama hijau persawahan. Para peserta regu berjalan bersemangat sambil melantunkan lagu kemerdekaan. Hal itu untuk menambah semangat kebersamaannya sampai menuju finish.

Ketua panitia kegiatan Jandi Irwantoro menjelaskan bahwa kegiatan gerak jalan emak-emak diikuti 30 kontingan dari masing-masing RT se-Kelurahan Kertosari. 

Rute yang ditempuh oleh perserta berjarak 5 kilometer yang start dari Jalan Ikan Paus Lingkungan Kramat yang langsung menuju ke Jalan Poros Lingkungan Wonosari, Kelurahan Sobo. Lalu ke arah Perumahan Adimas melintasi Jalan Ikan Tongkol menuju Jalan Ikan Arwana ke arah SDN 2 Kertosari, masuk ke Jalan Udang Barong dan finish di lapangan Buyukan Kertosari. 

"Untuk juri gerak jalan emak-emak kami datangkan langsung dari Universitas PGRI (Uniba) Fakultas Olahraga. Selain kegiatan gerak jalan, juga ada kegiatan lain seperti bola dangdut, tarik tambang, dan balap karung," jelasnya. (gda/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Cuaca Kurang Bersahabat, Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk Ditutup':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO