Sabtu, 21 September 2019 21:22

Sambut HUT RI, Kelurahan Kertosari Banyuwangi Gelar Gerak Jalan Emak-emak

Minggu, 04 Agustus 2019 18:56 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Ganda Siswanto
Sambut HUT RI, Kelurahan Kertosari Banyuwangi Gelar Gerak Jalan Emak-emak
Kontingen regu emak-emak 04 saat melintasi rute persawahan.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Menyambut datangnya Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Indonesia, Kelurahan Kertosari Banyuwangi, Jawa Timur mengadakan kegiatan gerak jalan emak-emak bertajuk "Kertosari Yes", Minggu pagi (4/8/2019).

Kegiatan gerak jalan ini sebagai wujud menggugah jiwa masyarakat untuk bisa menanamkan semangat kemerdekaan dan mengisinya dengan hal-hal yang positif dan bermanfaat.

Lurah Kertosari Joko Handoko dalam sambutannya mengucapkan, gerak jalan ini merupakan rangkaian kegiatan untuk menyemarakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 tahun. Kegiatan ini juga sebagai ajang untuk silaturahmi dan mempersatukan warga Kertosari agar bisa guyub dan rukun. 

"Saya sangat bersyukur dan bangga atas kebersamaan masyarakat Kertosari yang ikut berpartisipasi menyemarakkan kegiatan ini yang penuh semangat dan sangat kompak. Rangkaian kegiatan agustusan ini bertujuan untuk bersama-sama membangun Kelurahan Kertosari ke depan agar bisa lebih baik dan maju," ucapnya saat memberangkatkan perserta gerak jalan.

Rute yang dilewati kontingen regu emak-emak ini adalah lintasan flat dengan menyuguhkan panorama hijau persawahan. Para peserta regu berjalan bersemangat sambil melantunkan lagu kemerdekaan. Hal itu untuk menambah semangat kebersamaannya sampai menuju finish.

Ketua panitia kegiatan Jandi Irwantoro menjelaskan bahwa kegiatan gerak jalan emak-emak diikuti 30 kontingan dari masing-masing RT se-Kelurahan Kertosari. 

Rute yang ditempuh oleh perserta berjarak 5 kilometer yang start dari Jalan Ikan Paus Lingkungan Kramat yang langsung menuju ke Jalan Poros Lingkungan Wonosari, Kelurahan Sobo. Lalu ke arah Perumahan Adimas melintasi Jalan Ikan Tongkol menuju Jalan Ikan Arwana ke arah SDN 2 Kertosari, masuk ke Jalan Udang Barong dan finish di lapangan Buyukan Kertosari. 

"Untuk juri gerak jalan emak-emak kami datangkan langsung dari Universitas PGRI (Uniba) Banyuwangi Fakultas Olahraga. Selain kegiatan gerak jalan, juga ada kegiatan lain seperti bola dangdut, tarik tambang, dan balap karung," jelasnya. (gda/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Sabtu, 21 September 2019 15:30 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...