Minggu, 23 Februari 2020 21:25

​WASI Bakal Pecahkan Rekor Dunia Selam, Polda Jatim kirimkan 50 Penyelam

Sabtu, 03 Agustus 2019 09:55 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Ahmad Fauzi
​WASI Bakal Pecahkan Rekor Dunia Selam, Polda Jatim kirimkan 50 Penyelam
Kapolri dan tim penyelam yang bakal memecahkan rekor dunia.

MANADO, BANGSAONELINE.com - Indonesia akan memecahkan rekor dunia selam. Sebanyak 3.100 penyelam berpartisipasi dalam Guinness World Record (GWR) selam ini, Sabtu (3/8).

Kapolri, Jenderal Pol Tito Karnavian dalam sambutannya pada acara Wanita Selam Indonesia (WASI) mengatakan, sebelumnya, tahun 2009, sebanyak 2.400 penyelam ikut serta dalam Sail Bunaken.

"Hari ini lebih kurang 3.100 penyelam, mudah-mudahan bisa kita pecahkan rekor ini," ujar Kapolri di Pantai Kawasan Megamas, Manado, Sulawesi Utara (Sulut), Sabtu (3/8/2019).

Selain rekor penyelam terbanyak, akan dipecahkan pula rekor pembentangan bendera terbesar di bawah air, dalam hal ini bendera merah putih.

"Nanti juga kita lanjutkan Upacara Bendera 17 Agustus, sebentar lagi kita rayakan. Kita sudah rayakan duluan di sini, di bawah laut dalam bentuk upacara. Tentu juga ini akan kita viralkan," tegas Kapolri.

Sebelumnya, aksi pemecahan rekor telah dilakukan WASI bersama 578 penyelam pada Kamis (1/8/2019). Yakni rekor rangkaian manusia terpanjang di bawah air (Longest Human Chain Underwater).

"Kita juga ucapkan terima kasih dan selamat karena pada 1 Agustus kemarin sudah pecahkan rekor gandengan tangan terbanyak," tutur Tito.

Kapolri berharap agar hari ini, dua rekor lainnya bisa dipatahkan. Sebab dengan begitu, kata Kapolri, nama Indonesia, nama Manado, dan nama Bunaken semakin mendunia. Nantinya bisa lebih mendongkrak pariwisat dan menambah investasi di Indonesia.

"Welcome to the Indonesia, welcome to the Manado, salah satu destinasi pariwisata yang berkelas internasional. Mudah-mudahan upaya kita memberi manfaat bagi masyarakat dan bangsa Indonesia bukan hanya di Sulawesi Utara dan Manado," sebut Kapolri.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jawa Timur, Kombes Pol. Barung Mangera SIK melalui pesan singkat mengatakan, Polda Jawa Timur mengirimkan 50 penyelam terbaiknya dalam kegiatan itu.

"Ada 50 anggota dibawah pimpinan Ditpolair dan Kapolda Jatim ikut dan berpartisipasi dalam pemecahan rekor dunia selam di pantai kawasan Megamas, Manado," kata Kombes Pol. Barung Mangera.

Pemerintahan Manado sendiri menetapkan pada hari Sabtu - Minggu (3-4/8/2019) Kawasan Megamas jadi lokasi bebas kendaraan atau car free day. (uzi/ana/ns)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 21 Februari 2020 20:10 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Tuban mempunyai wisata edukasi baru berupa Taman Kelinci. Suasana Taman Kelinci yang terletak di tepi jalan Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban ini begitu adem, asri, dan sejuk, karena jauh dar...
Senin, 17 Februari 2020 20:01 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanGus Sholah. Panggilan yang enak didengar. Sekaligus menyejukkan. Siapa pun yang pernah bertemu, berbincang – apalagi akrab. Pasti terkesan: santun, tawaddlu’, sederhana, egaliter dan moderat. Moderat sesungguhnya. Bukan ...
Kamis, 20 Februari 2020 11:01 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALAyat kaji 80 ...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...