Selama 22 Hari Prajurit TNI AL dan US NAVY akan Latihan Bersama Dalam CARAT 2019

Selama 22 Hari Prajurit TNI AL dan US NAVY akan Latihan Bersama Dalam CARAT 2019

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Selama 22 hari ke depan, prajurit di wilayah Surabaya dan tentara Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy), juga Marinir Amerika Serikat (US Marine Corps) akan bersama-sama terlibat dalam latihan militer bersama bertajuk Cooperation Afloat Readiness and Training atau disingkat CARAT tahun 2019 ini.

Keterangan ini diperoleh saat Kepala Staf Koarmada II Laksma TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E, M.M. mewakili Pangkoarmada II Laksda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos, M.Si secara resmi membuka Latma CARAT 2019 di Auditorium Puslatkaprang, Kamis (01/08/2019).

Ikut hadir dalam acara pembukaan CARAT 2019 antara lain, Rear Admiral Murray Joe Tynch selaku Commander Task Force - 73, Mark Mcgovern Konsulat Jenderal Amerika Serikat. Sedangkan dari Koarmada II hadir Irkoarmada II, Koorsahli Pangkoarmada II, Asisten Pangkoarmada II, dan para Kasatker Koarmada II.

"Cooperation Afloat Readiness and Training" atau Carat 2019 adalah wujud hubungan bilateral antara Indonesia dengan Amerika Serikat dalam bidang pertahanan, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas, profesionalisme, dan kerja sama dua negara dalam bidang maritim.

Sementara itu dalam amanat tertulis, Asisten Operasi Kasal Laksda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M.. diyakini bahwa latihan ini akan membangun hubungan bilateral dan juga meningkatkan pengaruh positif dalam rangka memperkuat hubungan antar kedua negara, khususnya dan US Navy serta USMC yang selama ini telah terjalin dengan baik.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih dengan sepenuh hati kepada seluruh peserta baik dari US Navy maupun yang turut berpartisipasi dalam latihan ini. Saya juga menekankan agar para peserta memperioritaskan Zero Accident selama melaksanakan latihan ini," pesan Asops Kasal kepada seluruh peserta Latma CARAT 2019.

Sekadar diketahui, latihan rutin dan US Navy telah dilaksanakan ke-25 kali sejak tahun 1995, sebagai awal pertama kali diselenggarakan latihan CARAT. (dev/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '​Koarmada II Gelar Vaksinasi Massal 20 ribu Dosis di Nganjuk':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO