Bappenas Pastikan Ibu Kota Negara Pindah ke Kalimantan ​Tahun 2024

Bappenas Pastikan Ibu Kota Negara Pindah ke Kalimantan ​Tahun 2024 Bappenas Bambang Brodjonegoro saat berkunjung ke Universitas Jember (Unej), Rabu (31/7/2019).

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Santer terdengar perihal rencana pindahnya Indonesia ke Pulau Kalimantan, bahkan melalui kajian matang sebelumnya. Tahun 2024 proses pemindahan itu pun akan dilakukan. Bahkan kandidat terkuat tentang lokasi yang baru, Pulau Kalimantan menjadi pilihannya.

Pernyataan itu disampaikan Menteri Perencanaan Pembangunan (Bappenas) Bambang Brodjonegoro saat berkunjung ke Universitas Jember (), Rabu (31/7/2019). Bambang menegaskan, pemindahan negara Indonesia bukan hanya menjadi wacana saja.

“Pasalnya kajian sudah dilakukan dan target 2024 pemindahan negara sudah dilakukan,” katanya saat dikonfirmasi wartawan.

Dia mengatakan, rencana pemindahan negara sudah dalam kajian dan hasilnya sudah 100 persen. Untuk lokasi negara selanjutnya, menurut Bambang, berada di wilayah Pulau Kalimantan.

Namun lebih detailnya lokasi pasti, Bambang enggan menyampaikannya. "Kriterianya kota yang menjadi contoh kota ideal di Indonesia dan nantinya lokasi akan disampaikan langsung oleh Presiden,” ungkapnya.

Rencana pemindahan serta penyampaian lokasi, targetnya tahun 2020 mendatang akan diumumkan. "Lokasinya di mana dan pada 2024 (target) sudah dilakukan pemindahan nya," pungkasnya. (jbr1/yud/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO