Jumat, 15 November 2019 23:03

Jelang Idul Adha, Pemkot Kediri Gelar 'Apel' Hewan Ternak

Rabu, 31 Juli 2019 17:49 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Arif Kurniawan
Jelang Idul Adha, Pemkot Kediri Gelar
Sapi-sapi yang ikut apel untuk dicek kesehatannya agar menghasilkan anakan yang bagus.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 105 ekor sapi ditata berbaris untuk mengikuti apel ternak yang digelar di Kelurahan Bawang, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri, Rabu (31/7). Apel ternak ini dilakukan dalam rangka program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab). 

Jumlah sapi di Kota Kediri sebanyak 3.550 ekor dengan rincian di Kecamatan Pesantren sebanyak 2.000 ekor, di Kecamatan Mojoroto sebanyak 1.000 ekor, dan Kecamatan Kota sebanyak 550 ekor.

Dalam sambutan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Kediri Enny Endarjati, Kota Kediri memang kota kecil dan lahan pertaniannya terbatas. Namun bukan berarti Pemerintah Kota Kediri tidak berupaya untuk meningkatkan produksi peternakan, khususnya meningkatkan populasi sapi atau kerbau. 

Sesuai apa yang dicanangkan oleh Kementerian Pertanian sejak tahun 2017 yaitu program Upsus Siwab. Merespons hal tersebut, Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Ketahan Pangan dan Pertanian juga melaksanakan program Upsus Siwab gratis kepada masyarakat peternak sapi atau kerbau. 

“Alhamdulillah sudah ditindaklanjuti Pemerintah Kota Kediri yang mana tindak lanjutnya dilaksanakan pada hari ini yaitu apel ternak. Sasarannya masyarakat peternak sapi. Atas perintah Bapak Wali kota untuk bersinergi terutama masyarakat peternak dan juga koperasi mungkin untuk mengembangkan usahanya,” ujarnya.

Enny menambahkan Pemerintah Kota Kediri melalui bidang yang menangani peternakan berupaya melaksanakan pelayanan terpadu peternakan secara gratis. Di antaranya, program kawin suntik, penanganan gangguan reproduksi dan pengobatan ternak sakit yang dilaksanakan di masing-masing kelurahan. 

Selain itu untuk hewan kecil dan hewan kesayangan, Pemerintah Kota Kediri sudah menyediakan tempat pelayanan pengobatan berupa puskeswan atau klinik hewan dengan tenaga dokter hewan yang siap melayani setiap saat. 

“Kegiatan apel ternak merupakan bentuk pelayanan kami bagi masyarakat dan gratis, khususnya yang ada di Kelurahan Bawang. Dengan mengumpulkan ternak sapi pada suatu lokasi petugas bisa melakukan pemeriksaan kondisi sapi dan tindak lanjut sesuai kebutuhan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Veteriner, Pengolahan dan Pemasaran Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Kediri drh .Pujiono mengatakan ada beberapa penyakit yang perlu diwaspadai selama musim kemarau ini. Salah satunya adalah penyakit mata. Ada pula penyakit reproduksi pada sapi betina seperti, kesulitan melahirkan dan tidak bisa hamil. 

“Ada beberapa faktor bisa dari sapinya, obat atau peternaknya. Misalnya laporannya terlambat. Nah itu juga bisa mempengaruhi,” ungkapnya.

Pada apel ternak ini ada dua kambing sebagai door prize. Ada tujuh ekor sapi yang telah memenuhi syarat menjadi nominator. Dari tujuh sapi tersebut, terpilihlah dua ekor sapi yang peternaknya mendapat door prize kambing. (rif/ian)

Badai Kembali Terjang Ngawi, Panggung dan Tenda untuk Lomba Panahan di Alun-alun Porak Poranda
Sabtu, 09 November 2019 00:05 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Hujan disertai angin kencang kembali memporak-porandakan Kabupaten Ngawi, Jumat (8/11) sore. Kali ini badai angin menerjang wilayah alun-alun dan sekitarnya, yang kebetulan sedang digelar lomba panahan....
Selasa, 05 November 2019 19:40 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Taman Mozaik yang berada di Jalan Wiyung Praja Surabaya ini menambah rentetan panjang destinasi wisata taman aktif di Surabaya. Lahan yang sebelumnya rawa-rawa itu disulap Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menjadi taman y...
Rabu, 06 November 2019 12:44 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Para elit NU struktural tak bisa menyembunyikan kekecewaannya ketika Presiden Joko Widodo mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju pada 23 Oktober 2019 lalu. Kekecewaan itu dieskpresikan secara terbuka oleh Wakil Ketua PB...
Kamis, 14 November 2019 13:45 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan anak ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...