Jelang Idul Adha, Pemkot Kediri Gelar 'Apel' Hewan Ternak

Jelang Idul Adha, Pemkot Kediri Gelar Sapi-sapi yang ikut apel untuk dicek kesehatannya agar menghasilkan anakan yang bagus.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 105 ekor sapi ditata berbaris untuk mengikuti apel ternak yang digelar di Kelurahan Bawang, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri, Rabu (31/7). Apel ternak ini dilakukan dalam rangka program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab). 

Jumlah sapi di Kota Kediri sebanyak 3.550 ekor dengan rincian di Kecamatan Pesantren sebanyak 2.000 ekor, di Kecamatan Mojoroto sebanyak 1.000 ekor, dan Kecamatan Kota sebanyak 550 ekor.

Dalam sambutan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Kediri Enny Endarjati, Kota Kediri memang kota kecil dan lahan pertaniannya terbatas. Namun bukan berarti Pemerintah Kota Kediri tidak berupaya untuk meningkatkan produksi peternakan, khususnya meningkatkan populasi sapi atau kerbau. 

Sesuai apa yang dicanangkan oleh Kementerian Pertanian sejak tahun 2017 yaitu program Upsus Siwab. Merespons hal tersebut, Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Ketahan Pangan dan Pertanian juga melaksanakan program Upsus Siwab gratis kepada masyarakat peternak sapi atau kerbau. 

“Alhamdulillah sudah ditindaklanjuti Pemerintah Kota Kediri yang mana tindak lanjutnya dilaksanakan pada hari ini yaitu apel ternak. Sasarannya masyarakat peternak sapi. Atas perintah Bapak Wali kota untuk bersinergi terutama masyarakat peternak dan juga koperasi mungkin untuk mengembangkan usahanya,” ujarnya.

Enny menambahkan Pemerintah Kota Kediri melalui bidang yang menangani peternakan berupaya melaksanakan pelayanan terpadu peternakan secara gratis. Di antaranya, program kawin suntik, penanganan gangguan reproduksi dan pengobatan ternak sakit yang dilaksanakan di masing-masing kelurahan. 

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO