Senin, 21 Oktober 2019 06:13

Fraksi Dukung Penyertaan Modal PDAM dan PD BPR

Selasa, 30 Juli 2019 19:40 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Fraksi Dukung Penyertaan Modal PDAM dan PD BPR
Rapat paripurna PU Fraksi terhadap R-PAPBD 2019. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - DPRD Gresik menggelar paripurna dengan agenda Pandangan Umum (PU) Fraksi terhadap nota R-PAPBD 2019, Selasa (30/7).

Rapat dipimpin Wakil Ketua Nur Qolib dihadiri pimpinan beserta seluruh anggota DPRD. Sedangkan pihak eksekutif diwakili Wabup Moh. Qosim beserta kepala OPD.

Dalam kesempatan itu, tujuh fraksi menyampaikan Pandangan Umum (PU) masing-masing menyikapi nota R-PAPBD dengan kekuatan anggaran belanja Rp 3,358 triliun.

Juru bicara Fraksi Gerindra Abdullah Munir, dalam PU fraksinya menyampaikan agar organisasi perangkat daerah (OPD) meningkatkan kinerjanya seiring meningkatnya kekuatan belanja setelah R-PAPBD 2019.

"Terlebih, OPD-OPD yang mendapatkan tambahan belanja modal untuk menjalankan program. Kenaikan belanja harus diikuti peningkatan kinerja. Jangan sampai belanja naik tapi kinerja sama, sehingga tak berdampak apapun," ujarnya.

Munir juga menyikapi penyertaan modal pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Giri Tirta sebesar Rp 25 miliar. "Tambahan modal Rp 25 miliar harus diimbangi dengan peningkatan pelayanan yang baik dan cakupan pelanggan lebih luas," pintanya.

Menurut Munir, saat ini masih banyak masyarakat Kabupaten Gresik yang belum mendapatkan layanan PDAM. Baik di wilayah perkotaan maupun perdesaan. "Dengan tambahan modal Rp 25 miliar, PDAM haru bisa memperluas jaringan pipanisasi untuk menambah konsumen. Harus ada penambahan konsumen," urainya.

Munir juga menyorot kinerja Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP). Sebab, tunggakan penuntasan pengurusan izin dari masyarakat sangat banyak. "Tunggakan 200 perizinan belum tuntas. PR ini harus diselesaikan, sebab hal ini juga untuk menarik iklim usaha di Gresik," terang Munir.

Sementara Faqih Usman, juru bicara Fraksi PAN dalam PU fraksinya menyikapi belanja modal untuk Perusahaan Daerah (PD) Bank Perkreditan Rakyat (BPR) sebesar Rp 13 miliar. "BPR harus bisa memaksimalkan bantuan modal Rp 13 miliar untuk membantu masyarakat. Filosofi DPRD menyetujui penyertaan modal itu agar bisa meningkatkan modal untuk perkembangan UMKM," tuturnya.

Faqih juga menyorot soal tambahan belanja Rp 200 miliar di R-PAPBD 2019 yang bersumber dari sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa) APBD 2018 sebesar Rp 261 miliar. Dana sebesar itu rencananya akan digunakan untuk proyek fisik seperti pembangunan gedung dan pengadaan kendaraan, serta dibagi untuk sejumlah OPD.

Namun, dia pesimis belanja modal itu akan bisa terserap mengingat waktu yang mepet. "Tambahan modal pada R-PAPBD bersumber dari Silpa 2018 agar dikaji ulang. Sebab, pasti tak akan terserap. Diharapkan uang itu digunakan di RAPBD 2020 dengan cara mark up pendapatan," terangnya.

Sementara juru bicara Fraksi Partai Golkar (F-PG) Wongso Negoro meminta dana alokasi khusus (DAK) bisa dimanfaatkan maksimal, termasuk mengoptimalkan kinerja OPD yang membidangi pendapatan. "Tak tercapainya pendapatan di sejumlah OPD, maka OPD terkait harus mengoptimalkan kinerja," pungkasnya. (hud/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...