Gernas Baku, Bunda PAUD Ajak Wali Murid Budayakan Membaca Bersama Anak

Gernas Baku, Bunda PAUD Ajak Wali Murid Budayakan Membaca Bersama Anak

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sejumlah bunda PAUD, orang tua, beserta murid RA Muslimat NU 02 dan KB Nurul Huda Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban menggelar acara Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Baku) di lembaga pendidikan Desa Sembung, Sabtu (27/7).

Dalam kegiatan tersebut, Bunda PAUD, wali murid, dan para siswa diajak agar rajin membaca. Tujuannya, untuk menumbuhkan literasi sehingga tercipta anak usia dini yang kreatif dan inovatif.

"Kagiatan ini merupakan rangkaian Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) jatuh pada tanggal 23 Juli di Indonesia," ujar Ketua Pendidikan Koordinator Wilayah kecamatan (Korwilcam) Parengan, M. Amin.

Kata dia, kegiatan Gernas Baku ini juga dilakukan serentak di 31 lembaga PAUD dan 25 TK se-Kecamatan Parengan. Kegiatan Gernas ini tidak sekadar pendampingan dalam gemar membaca. Namun, juga untuk penanaman karakter terhadap anak PAUD maupun TK.

"Kalau dulu kita sering dengar dongeng sebelum tidur yang didongengkan oleh bapak ibu kita, seiring kemajuan zaman budaya tersebut mulai luntur. Tergerus teknologi modern, seperti gadget. Tentu hal ini bahaya bagi anak PAUD bila tidak di awasi orang tua," beber pria kelahiran Madura ini.

Dalam acara itu, selain kegiatan membaca buku bersama orang tua, para anak didik juga diberikan edukasi dan pelatihan bersih-bersih lingkungan sekolah oleh bunda PAUD. Harapannya, kegiatan itu bisa menumbuh kembangkan karakter anak dan wawasan edukasi lingkungan yang asri.

"Semoga kegiatan ini mampu merekatkan kedekatan emosional antara anak dengan bunda PAUD (guru) serta orang tua mereka," imbuh Amin. (ahm/gun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO