Rabu, 16 Oktober 2019 20:13

Nikmatnya Steak Bandeng di Rumah Makan Asap-Asap Sidoarjo

Jumat, 26 Juli 2019 16:45 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Catur Andy
Nikmatnya Steak Bandeng di Rumah Makan Asap-Asap Sidoarjo
Tampilan Steak Ikan Bandeng khas Rumah Makan Asap-Asap Sidoarjo.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Ikan Bandeng oleh masyarakat bisa dijadikan berbagai makanan dan masakan. Terbaru, rumah makan 'Asap-Asap' di kawasan Taman Pinang Sidoarjo membuat olahan Ikan Bandeng menjadi steak.

Steak Ikan Bandeng adalah variasi olahan baru untuk Ikan Bandeng. Sebelumnya, Ikan Bandeng hanya diolah menjadi Krupuk Bandeng, Asap-asap Bandeng, Otak-otak Bandeng, dan lain lain. Tingginya nutrisi yang terdapat di Ikan Bandeng menjadikan ikan ini menjadi favorit bagi masyarakat menjadi lauk pauk di meja makan sehari-hari.

Di Kabupaten Sidoarjo terdapat rumah makan yang menyuguhkan ikan bandeng sebagai menu utama. Di sini ikan bandeng tidak digoreng atau dibakar seperti olahan pada umumnya, namun ikan bandeng di sini dijadikan steak bandeng tanpa duri.

Ikan bandeng ukuran sedang diolah menjadi steak untuk memenuhi selera pasar. Muhammad Ali pemilik rumah makan 'Asap-Asap' mengatakan ide membuat steak bandeng ini karena melimpahnya ikan bandeng di Sidoarjo. Selain itu dirinya ingin membuat variasi yang lain dari olahan bandeng.

"Bandeng di Sidoarjo sangat melimpah dan saya ingin membuat menu yang lain dari bandeng ini. Sudah bosan dengan digoreng atau dibakar, maka saya buat steak," kata Muhammad Ali, Jumat (26/7).

Ikan bandeng yang dipilih ukuran 250 gram hingga 300 gram per ekor. Ikan bandeng ini pasokan dari daerah Kalanganyar Sedati yang dikirim sudah tanpa duri. Untuk bumbu, ikan bandeng direndam dalam air campuran kunyit, bawang putih, kemiri, dan garam. Tidak lupa jeruk nipis untuk menghilangkan amis pada ikan. Ikan lantas digoreng setengah matang, lantas dibakar di atas hot plate hingga matang.

Untuk penyajiannya, steak bandeng ini ditambah dengan sayuran wortel, jagung manis, buncis, dan kentang dan diberi saus khusus untuk Steak Bandeng. "Saus untuk Steak Bandeng ini berbeda dengan saus steak pada umumnya. Di sini kami memakai perpaduan 3 macam saus yakni saus barbeque, saus jamur, dan saus panggang," tambah Muhammad Ali.

Respons masyarakat Sidoarjo terhadap Steak Bandeng lumayan besar. Rata-rata per hari steak bandeng laku hingga 25-30 porsi. "Alhamdulillah steak bandeng saya lumayan laris. Tiap hari pasti ada yang beli steak bandeng di samping menu menu lainnya," tutur Muhammad Ali.

Pengunjung yang ke sini rata-rata penasaran dengan steak bandeng. Seperti yang dituturkan Ny. Nur Aisyah warga Puri Indah Sidoarjo. Dirinya datang ke sini untuk menikmati olahan steak bandeng yang lain dari pada yang lain.

"Aneh dan unik saja bandeng kok dijadikan steak, biasa nya kan digoreng atau dibakar saja. Tapi ini rasanya enak dan tanpa duri jadi kapan kapan mau ajak anak-anak kesini" kata Nur Aisyah.

Hal senada juga diungkapkan Al Ansori. Karyawan swasta ini menyempatkan makan siang ke 'Asap-Asap' untuk menikmati bandeng steak. " Lumayan enak mas apalagi ikannya tanpa duri. Harganya pun juga gak mahal hanya 37 ribu rupiah per porsi," kata Al Ansori.

Omzet per bulan dari bandeng steak ini lumayan besar. Pemilik mengaku mendapatkan untung sekitar 5 hingga 6 juta rupiah per hari. Nah bagi kalian yang ingin mencoba variasi lain dari olahan ikan bandeng, maka tidak ada salahnya mencoba steak bandeng di Sidoarjo ini. (cat/rev) 

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...